Comscore Tracker

Duh! Ini 5 Respon Tubuh Kalau Kamu Kurang Minum Air Putih

Jangan malas minum air putih kalo gak mau gendut

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa setiap kali kamu merasa haus, segelas air dingin akan jauh lebih memuaskan dahaga lebih baik daripada soda, kopi atau teh?

Kita mungkin terlalu tergiur untuk menikmati kopi, teh, soda, atau minuman lainnya untuk melepas dahaga, tetapi air putih akan selalu membuat kita merasa lebih puas daripada minuman-minuman ini.

Selain itu, kurangnya minum air putih juga ternyata berpengaruh pada bagian tubuh lainnya, lho. Berikut ini beberapa respon tubuh saat kamu kurang minum air. Kalau tanda-tanda ini sudah mulai dirasakan, segeralah minum air!

1. Sakit kepala

Duh! Ini 5 Respon Tubuh Kalau Kamu Kurang Minum Air Putihgavricchiropractic.com

Tanda utama dan yang paling umum saat kamu dehidrasi adalah sakit kepala. Tubuh mengkompensasi kekurangan air dengan mengambilnya dari darah, yang mempengaruhi oksigen di otak kita dan mengarah ke sakit kepala. Jadi, bila sakit kepala menyerangmu, minum segelas air, bukan kopi, teh, apalagi soda.

2. Mulut, mata, dan kulit menjadi kering

Duh! Ini 5 Respon Tubuh Kalau Kamu Kurang Minum Air Putihharpersbazaar.co.id

Memang sih ada tipe jenis kulit kering, tapi jangan memperparah jenis kulit keringmu itu dengan tidak cukup minum air putih.

Selain sakit kepala, kondisi mulut, mata, dan kulit yang kering juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi kopi atau soda dalam keadaan seperti ini justru akan membuat dirimu lebih dehidrasi.

Jadi, segeralah minum air putih bila tanda-tanda ini mulai kamu rasakan.

Baca Juga: Gak Nyangka, Ternyata Air Putih Punya 8 Manfaat Kecantikan Ini Lho!

3. Rasa lapar yang aneh

Duh! Ini 5 Respon Tubuh Kalau Kamu Kurang Minum Air Putihwomenshealthmag.com

Pernah merasakan lapar meski kamu baru selesai makan atau nyemil? Nah, itu mungkin pertanda bahwa tubuhmu butuh asupan cairan, bukan makanan. Sinyal kelaparan yang disebabkan oleh kurangnya asupan cairan ini memungkinkan kamu mengkonsumsi lebih banyak camilan dibandingkan dengan minum air putih.

Jika kamu merasa bahwa rasa lapar ini sedikit aneh karena baru saja makan satu jam yang lalu, bergegaslah untuk minum air terlebih dahulu dan lihat apakah sinyal lapar itu benar-benar lapar akan makanan atau hanya sekedar haus.

4. Nyeri sendi

Duh! Ini 5 Respon Tubuh Kalau Kamu Kurang Minum Air Putihneorheumacyl.com

Sendi-sendi kita membutuhkan jumlah air yang cukup untuk tetap terlumasi dan berfungsi dengan baik. Bantalan di antara tulang belakang membutuhkan air untuk membantu menyerap kejutan dari gerakanmu. Minum lebih banyak air mungkin tidak menyembuhkan sakit persendian tetapi tentu saja tidak ada salahnya untuk melumasi otot-otot dengan cara minum air putih.

5. Naiknya berat badanmu

Duh! Ini 5 Respon Tubuh Kalau Kamu Kurang Minum Air Putihmedicalnewstoday.com

Masih berhubungan dengan poin nomor tiga, bila ternyata rasa lapar yang kamu rasakan itu adalah haus, tapi kamu lebih memilih untuk menyantap banyak camilan. Hasilnya tentu saja kenaikan berat badan yang seharusnya tidak perlu.

Selain itu, minum cukup air selalu disarankan untuk orang-orang yang menginginkan penurunan berat badan. Jika tubuhmu tidak mendapatkan cukup air, tubuh secara otomatis akan menahan apa yang ia dapatkan dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Rajinlah penuhi kebutuhan cairanmu dengan minum cukup air putih, bukan minuman perasa lain ya!

Baca Juga: 7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepat

Febri Photo Verified Writer Febri

A wanderer and beach hunter

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya