Comscore Tracker

5 Aplikasi Meditasi yang Membantu Atasi Stres Saat PSBB 

Meditasi mampu mengatasi stres karena pandemi corona

Di tengah pandemi COVID-19 ini, melakukan pembatasan kontak fisik dan sosial (physical distancing), akan mengakibatkan sebagian orang merasa jenuh dan berpotensi mengalami stres. 

Selain itu, dilansir dari laman very well mind, gangguan stres dapat menimbulkan gejala sindrom Cabin Fever. Terlebih untuk wilayah yang telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti Jakarta. 

Selain melakukan karantina mandiri, masyarakat juga akan diawasi oleh aparat untuk mentaati prosedur PSBB yang dianjurkan pemerintah. Namun, bagi kamu yang merasa masih bosan atau bahkan kurang suka dengan aktivitas tersebut, maka melakukan meditasi bisa menjadi solusi.

Menurut penelitian yang dilansir dari National Center for Complementary and Integrative Health (NIH) bahwa berlatih meditasi dapat bermanfaat dalam mengatasi gejala gangguan emosional seperti darah tinggi, insomnia, dan kecemasan.

Biasanya, dalam melakukan meditasi beberapa orang akan pergi ke wisata alam, tempat yoga atau bahkan mendatangkan pelatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, di tengah situasi yang membatasi masyarakat untuk tetap di rumah saja, ada beberapa sarana yang dapat mendukung meditasi, salah satunya aplikasi di smartphone. Selain dapat menekan biaya, beberapa aplikasi ini dapat memaksimalkan meditasi selama di rumah.

1. Equanimity

5 Aplikasi Meditasi yang Membantu Atasi Stres Saat PSBB Pexels.com/id-id

Sistem kerja dalam aplikasi ini sangatlah kompleks, karena selain berisi sarana untuk bermeditasi, Equanimity memiliki jurnal meditasi dan catatan meditasi sehingga kamu dapat melihat dan memantau latihanmu.

Dilansir dari jurnal Kaiser Permanente, cara kerja aplikasi ini sangatlah fleksibel dan sederhana. Ini karena dalam aplikasi ini tidak ada meditasi yang dipandu, tidak ada musik atau suara alam. Kunci utamanya adalah ketenangan batin untuk fokus terhadap bunyi gong, lonceng yang hanya terdengar sebagai penanda waktu meditasi berakhir. Untuk mendapatkannya, aplikasi berharga 4,99 dolar Amerika atau sekitar Rp77.077 dengan rating 4,5 di iOS.

2. Insight Timer 

5 Aplikasi Meditasi yang Membantu Atasi Stres Saat PSBB Pexels.com/id-id

Aplikasi yang menjadi pilihan populer atau kebanyakan orang ini, menyediakan 3.000 fitur meditasi gratis serta beberapa trek musik gratis untuk membantu meditasi. Tak hanya sampai di situ, aplikasi ini memiliki berbagai opsi timer yang digunakan oleh Equanimity dan Bodhi Timer yang dapat diakses secara gratis dengan iOS dan Android. Aplikasi yang memiliki rating 4.5 bintang ini juga dapat membantu meditasi untuk tidur.

Baca Juga: 10 Aplikasi Meditasi untuk Relaksasi dan Bugarkan Tubuh, Unduh Yuk!

3. Calm 

5 Aplikasi Meditasi yang Membantu Atasi Stres Saat PSBB Pexels.com/id-id

Calm adalah aplikasi  dengan rating 5.0 bintang yang dapat diakses secara gratis di iOS dan Android. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, Calm akan memandu meditasi selama 3 hingga 25 menit, sehingga  pengguna dapat mengatur jadwal meditasi yang sesua dengan aktivitas. Jika ingin melakukan meditasi ketingkat yang lebih lanjut, Calm dapat membantunya dengan cara mulai berlangganan dari 9,99 dolar Amerika atau Rp154.308  per bulan.

4. Headspace  

5 Aplikasi Meditasi yang Membantu Atasi Stres Saat PSBB Pexels.com/id-id

Memiliki rating 5.0 di iOS dan 4.5 bintang di Android mengajarkan lebih banyak mengenai teknik meditasi berbasis sains. Beberapa fitur unggulan di aplikasi seperti pelacakan suasana hati, dan panduan meditasi yang dapat digunakan secara offline.

5. Stop, Breath, and Think  

5 Aplikasi Meditasi yang Membantu Atasi Stres Saat PSBB Pexels.com/id-id

Gratis dengan rating 4.0 bintang di iOS dan 4.5 bintang di android. Aplikasi ini menggabungkan perpustakaan meditasi yang dipandu dengan fitur pelacakan suasana aplikasi seperti My Mood Tracker Bahkan "kurator" menyarankan meditasi berdasarkan suasana hati dengan fokus.

Tentunya beberapa aplikasi tersebut dapat membantu mempermudah orang-orang dalam melakukan meditasi selama situasi PSBB. Jadi meskipun hanya dapat melakukan meditasi di rumah, namun dengan bantuan aplikasi tersebut akan memperoleh hasil yang maksimal

Baca Juga: Ini Dampak Positif Meditasi untuk Hidup, Diremehkan tapi Bikin Tenang!

Febri Eka Pambudi Pambudi Photo Writer Febri Eka Pambudi Pambudi

Saya hanya pencerita yang mencoba menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya