Comscore Tracker

Aturan Menyantap Hidangan yang Baik Sebelum Pertandingan Olahraga

Demi energi bak atlet profesional

Meski bukan atlet, kesempatan untuk mengikuti lomba-lomba keolahragaan terbuka bagi siapa saja. Tak terkecuali, untukmu. Sebut aja ada lomba aerobik, marathon, dan sebagainya.

Karena itu, tak ada salahnya kamu mempersiapkan diri selayaknya seorang atlet pula. Yuk, simak makanan dan minuman yang baik disantap sebelum pertandingan olahraga berikut!

1. Satu jam atau kurang sebelum pertandingan

Aturan Menyantap Hidangan yang Baik Sebelum Pertandingan OlahragaIlustrasi vegetarian (Pexels.com/Gustavo Fring)

Dalam jangka waktu satu jam atau kurang sebelum bertanding, ada asupan yang bisa kamu konsumsi sebelumnya. Asupan tersebut antara lain adalah dari jus buah, buah segar, dan sports drink.

Untuk jus, kamu bisa pilih jeruk atau tomat. Sementara buah segar bisa dipilih dari apel, semangka, peach, anggur, atau jeruk. Sedangkan sports drink harus dibatasi jumlahnya, yaitu maksimal 1,5 gelas saja.

2. Dua hingga tiga jam sebelum pertandingan

Aturan Menyantap Hidangan yang Baik Sebelum Pertandingan OlahragaIlustrasi yogurt (Pexels.com/Lisa)

Dalam jangka waktu ini, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu nikmati. Untuk minuman, jus buah atau sayur serta sport drink.

Sementara untuk makanannya, ada buah segar dan yogurt rendah lemak. Roti atau bagel pun boleh kamu santap, lho!

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman untuk Netralkan Efek Samping dari Makanan Pedas

3. Tiga sampai empat jam sebelum bertanding

Aturan Menyantap Hidangan yang Baik Sebelum Pertandingan OlahragaIlustrasi energy bar (Pexels.com/Annelies Brouw)

Dalam jangka waktu ini, ada lebih banyak lagi yang bisa masuk ke dalam tubuhmu. Untuk minumannya, ada jus buah atau sayur serta sports drink. Namun, pastikan jumlah sports drink yang kamu nikmati tidak lebih dari 900 ml.

Untuk makanannya, nikmati buah segar, roti atau bagel, pasta dengan saus tomat, kentang panggang, dan energy bar. Jika tidak cocok, pilih sereal dengan susu, yogurt, roti panggang dengan sedikit selai kacang, daging, atau keju. Tentu semuanya harus yang rendah lemak.

4. Pascaolahraga

Aturan Menyantap Hidangan yang Baik Sebelum Pertandingan OlahragaIlustrasi susu (Pexels.com/Charlotte May)

Ternyata, mengonsumsi sereal setelah berolahraga bisa membuat otot-otot tubuh pulih kembali. Beberapa peneliti Amerika menyebutkan, satu porsi sereal dengan campuran susu skim, dapat memulihkan tubuh.

Penelitian tersebut mereka lakukan dengan cara membandingkan keping gandum dan susu tanpa lemak dengan sejenis sports drink. Hasil yang mereka dapat adalah kombinasi sereal dan susu menekan peningkatan asam laktat dalam darah (zat yang bikin pegal).

Tak hanya itu saja khasiatnya, lho! Keduanya pun menolong sintesa protein atau membangun otot seusai latihan dan mengganti glikogen (sumber energi tubuh) yang hilang.

5. Asupan garam untuk si gila olahraga

Aturan Menyantap Hidangan yang Baik Sebelum Pertandingan OlahragaIlustrasi garam (Pexels.com/Artem Beliaikin)

Jika ingin tubuh yang padat, bukan berarti menjauhi asupan garam atau sodium sama sekali. Ada kondisi tertentu di mana seseorang membutuhkannya.

Misalnya, bagi kamu yang sangat gila olahraga dan kerap mengeluarkan begitu banyak keringat. Pastikan kamu mengonsumsi sodium karena kekurangan zat ini akan membuat tubuh lemas, kepala pusing, dan otot keram.

Itu dia deretan makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi sebelum menjalani pertandingan olahraga. Persiapkan energimu sebaik mungkin, ya!

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Meringankan Gejala Siklus Bulanan Cewek

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya