Comscore Tracker

Kesal Karena Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Berikut 6 Cara Mengatasinya

Periksalah ke dokter dan lakukan 6 gaya hidup ini!

Aktivitas yang banyak di siang hari menuntut kita untuk beristirahat penuh sehingga ingin rasanya dapat tidur lelap di malam hari. Namun, bagaimana jika kita terbangun di tengah malam hanya untuk buang air kecil? Pastinya kesal kan? Apalagi kalau menjadi kebiasaan setiap malam.

Secara medis, kebiasaan buang air kecil di malam hari disebut dengan istilah Nokturia. Pada dasarnya, sering buang air kecil pada malam hari bukanlah suatu penyakit, hanya saja dalam banyak kasus kondisi Nokturia adalah bisa menjadi bagian atau efek dari penyakit tertentu yang mendasarinya. Seperti akibat konsumsi obat antasida yang berlebihan dan penderita diabetes.

Seperti dikutip dari laman WartaKesehatan, tindakan yang paling baik untuk penderita Nokturia adalah  konsultasi ke dokter. Dalam sebagian besar kasus, jika penyebabnya sudah ditemukan dan disembuhkan, maka gejala Nokturia akan hilang dengan sendirinya. Namun juga penting untuk diingat bahwa ada kemungkinan lebih dari satu penyebab Nokturia pada orang yang sama. Dalam kasus jika penyebab medis Nokturia sudah diketahui oleh dokter, maka 6 gaya hidup berikut ini mungkin perlu dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi Nokturia :

 

1. Kurangi asupan cairan sebelum tidur

Kesal Karena Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Berikut 6 Cara MengatasinyaTreeHugger

Karena banyak atau tidaknya produksi urin, tergantung pada banyak nya cairan yang masuk ke tubuh.

2. Jangan tidur setelah makan malam

Kesal Karena Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Berikut 6 Cara MengatasinyaKesehatan Manusia

Hal ini karena makanan padat pun mengandung cairan yang juga akan memicu fungsi ginjal untuk menghasilkan urin.

3. Hindari alkohol dan kafein

Kesal Karena Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Berikut 6 Cara MengatasinyaBabyCenter Canada

Kandungan kafein dalam kopi dan etanol pada alkohol menurunkan hormon anti diuretik yang dilepaskan dari kelenjar hiposis posterior. Kekurangan hormon anti diuretik memungkinkan sedikit air diserap kembali oleh ginjal dan menghasilkan urin berlebih.

4. Jika haus di tengah malam, minumlah seteguk saja!

Kesal Karena Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Berikut 6 Cara MengatasinyaHealtyLeo.com

Semakin banyak minum maka urin yang dihasilkan juga semakin banyak. Maka minumlah seteguk saja ya

5. Kenakan kaus kaki atau selimut

Kesal Karena Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Berikut 6 Cara Mengatasinyaasedeygo.com

Jika suhu kamar tidur terasa dingin atau karena berpendingin (AC), penggunaan kaus kaki atau selimut akan membuat tubuh terasa hangat dan akan menurunkan rasa ingin buang air kecil. Hal tersebut disebabkan karena suhu dingin cenderung membuat orang ingin buang air kecil.

6. Buatlah tempat tidur senyaman mungkin

Kesal Karena Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Berikut 6 Cara MengatasinyaVision Times

Tempat tidur yang nyaman akan membuat tidur kita lelap dan berkualitas sehingga tidak akan terbangun untuk berkeinginan buang air kecil. Selain itu, tempat tidur yang nyaman akan mencegah tubuh kita berkeringat yang menyebabkan ingin buang air kecil.

Fenny Ferdinand Photo Community Writer Fenny Ferdinand

Biochemist//Just wanna be a Productive person. Find me on ig: fenny_ferdinand ; line: fennydkf ; fb: fenny dewi kissmayanti ferdinand

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You