Comscore Tracker

5 Cara Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas dari Ancaman Pestisida

Agar buah dan sayur kamu konsumsi benar-benar sehat

Sayur dan buah yang terlihat sehat tidak serta merta aman untuk langsung dikonsumsi. Meski tampak bersih, buah dan sayur belum tentu bebas dari pestisida.

Padahal, jika kamu tidak sengaja mengonsumsi pestisida dari buah dan sayur secara terus-terusan, maka bisa membahayakan kesehatan. Sehingga mau tidak mau, kamu pun harus mencucinya.

Tidak perlu khawatir, membersihkan buah dan sayur dari pestisida tidak terlalu sulit. Cukup lakukan trik-trik sederhana ini sebelum menyimpan buah dan sayurmu dalam kulkas agar bersih dari pestisida.

1. Cuci dengan air dingin yang mengalir

5 Cara Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas dari Ancaman Pestisidaunsplash.com/ @kimdonkey

Dengan cara yang super sederhana ini, kamu bisa membersihkan buah dan sayur dari  sebagian besar jenis pestisida yang biasa ada di buah dan sayur.

2. Rendam dalam air garam 10%

5 Cara Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas dari Ancaman Pestisidaunsplash.com/ Talal Ahmad

Tidak perlu menggunakan rumus kimia untuk membuat larutan garam 10%. Cukup tambahkan sedikit garam dalam  baskom berisi air, lalu rendam buah dan sayur selama kurang lebih dua puluh menit. Bilas dengan air bersih, keringkan, baru dimasukkan dalam kulkas.

Baca Juga: Suka Makan Sayur? Waspada 5 Bahaya Pestisida yang Nempel di Sayurmu!

3. Rendam dalam larutan cuka

5 Cara Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas dari Ancaman Pestisidapexels.com/ @pixabay

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan satu 1:4. Rendam buah dan sayur selama kurang lebih dua puluh menit, lalu bilas dengan air bersih. Sederhana bukan?

4. Rendam sebentar dalam air dan baking soda

5 Cara Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas dari Ancaman Pestisidaunsplash.com/ @dpmb87

Kali ini cukup larutkan baking soda dalam air dengan perbandingan 1:100. Lalu, sama seperti yang lainnya, rendam buah dan sayur selama 12-15 menit. Setelah itu, baru bilas dengan air bersih.

5. Kupas kulitnya

5 Cara Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas dari Ancaman Pestisidaunsplash.com/ @jonathanpielmayer

Tidak ada yang lebih efektif dari mengupas kulit buah dan sayur untuk menghilangkan pestisida, meskipun pada beberapa buah dan sayur bisa mengurangi kandungan gizi. 

Namun jika kamu masih khawatir dengan ancaman pestisida, kamu bisa melakukan tips di atas.

Konsumsi buah dan sayur sangat baik bagi kesehatan agar gizi yang seimbang bisa tercapai. Dan agar manfaat sehat yang kamu dapatkan lebih maksimal, kamu bisa menerapkan cara di atas.

Baca Juga: Lebih Sehat, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Minyak Sayur

Olia Fiamay Photo Verified Writer Olia Fiamay

Love reading books Thanks Widuri for being my first love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya