Comscore Tracker

5 Tanda Kekurangan Hemoglobin yang Harus Kamu Pahami

Kenali tandanya agar bisa diatasi lebih awal

Anemia bisa terjadi ketika sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin (Hb). Hb merupakan protein yang kaya zat besi dan memberi warna merah pada darah. Mungkin selama ini yang kamu tahu adalah bahwa gejala anemia itu pusing atau sakit kepala. Tapi ternyata gejala-gejalanya bukan cuma itu saja.

Ada beberapa faktor penyebab anemia, yakni meliputi kekurangan zat besi, kehilangan banyak darah, menstruasi, kurang gizi, dan faktor genetik. Secara umum, anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah sehat dalam darah berkurang. Kalau dibiarkan dan tak segera ditangani pastinya bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Untuk menghindari anemia karena kekurangan zat besi, sebaiknya kamu mengenali tanda-tanda tubuh kekurangan zat besi. Apa saja tandanya? Berikut 5 tanda tubuh kekurangan hemoglobin yang harus kam,u pahami.

1. Pucat

5 Tanda Kekurangan Hemoglobin yang Harus Kamu Pahamiunsplash.com/Lauren Griffiths

Kulit pucat dan kusam, bisa jadi itu gejala kadar darah dalam tubuhmu tidak optimal. Kekurangnya jumlah sel darah merah akan membuat aliran darah menurun dan kulit menjadi lebih pucat.

2. Sesak napas

5 Tanda Kekurangan Hemoglobin yang Harus Kamu Pahamipexels.com/rawpixel.com

Saat melakukan aktivitas fisik seperti berjalan jauh atau berolahraga, tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak. Jika kamu kekurangan hemoglobin dalam darah, napas yang harus kamu ambil menjadi lebih banyak sehingga dada terasa sesak.

Baca Juga: 6 Tes Darah untuk Mengetahui Kondisi Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

3. Mudah lelah

5 Tanda Kekurangan Hemoglobin yang Harus Kamu Pahamiunsplash.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells

Zat besi digunakan dalam pembentukan hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang mengangkut oksigen. Jika jumlah hemoglobin dalam tubuh kurang, kamu akan mudah merasa lelah saat beraktivitas.

4. Kehilangan konsentrasi

5 Tanda Kekurangan Hemoglobin yang Harus Kamu Pahamiunsplash.com/Ifrah Akhter

Saat kekurangan zat besi, pembentukan neurotransmitter juga lebih sedikit dari normal. Karena itu akan sulit untuk fokus dan berkonsentrasi pada suatu hal.

5. Kuku mudah rapuh

5 Tanda Kekurangan Hemoglobin yang Harus Kamu Pahamiunsplash.com/Markus Spiske

Kalau kuku kamu gampang rapuh atau getas, bisa jadi kamu mengalami anemia. Perlu tes dan pengecekan lebih lanjut untuk memastikannya.

Nah, itulah 5 tanda kamu kekurangan hemoglobin yang perlu diwaspadai. Kalau kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan dirimu ke dokter, ya.

Baca Juga: 7 Metode Sederhana nan Ampuh Ini, Bisa Turunkan Darah Tinggi Lho!

Fika Faot Photo Community Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You