Comscore Tracker

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuh

Larutan sederhana dengan beragam manfaat

Air garam merupakan larutan yang cukup familiar di berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Air yang memiliki rasa asin ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan pengawet ikan dan sayuran. Selain itu, dalam bidang transportasi, air garam juga dimanfaatkan untuk menghantarkan panas.

Namun, air garam tak hanya bermanfaat sebagai bahan pengawet dan penghantar panas. Air ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita lho. Berikut ini beberapa manfaatnya!

1. Menjaga kesehatan mulut

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuhmedicalnewstoday.com

Air garam dipercaya mampu menjaga kesehatan mulut. Hal tersebut tampak dari sifat garam yang mampu membatasi pertumbuhan bakteri. Air garam bisa menurunkan kadar pH pada mulut.

Oleh karena itu, air garam dapat digunakan sebagai obat kumur alami yang tak kalah manjur dengan obat kumur pasaran lainnya. Praktis dan murah!

2. Sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuhdoctordaliah.wordpress.com

Mau batukmu sembuh lebih cepat? Air garam dapat dijadikan obat pereda batukmu! Tak semua orang menjadikan larutan sederhana ini sebagai obat pereda batuk atau sakit tenggorokan.

Namun, air garam dapat meredakan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan. Kandungan mineral dari garam mampu membersihkan bakteri penyebab gatal dan luka sehingga batuk pun berkurang.

Larutan ini dapat kalian gunakan sebagai obat kumur saat batuk. Selain mudah dibuat, kalian tidak perlu repot membeli obat di apotek.

3. Melancarkan pencernaan

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuhtheboltonnews.co.uk

Manfaat lain dari air garam yaitu melancarkan pencernaan. Zat mineral yang terkandung pada garam dapat menghancurkan kotoran dan mengurangi kuman di usus. Selain itu, larutan ini juga dapat melancarkan sekresi pada usus dan hati.

Jika persediaan buah-buahan kalian sedang menipis, kalian dapat menggunakan air garam sebagai penggantinya!

4. Menjaga kesehatan tulang

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuhmedium.com

Kalian mau punya tulang kuat tapi malas minum susu? Air garam dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk menguatkan tulang. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalsium pada garam yang diyakini berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Untuk penggunaannya, kalian hanya perlu melarutkan satu sendok makan garam dan air hangat dan meminumnya setiap pagi. Tapi jangan berlebihan ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skin Care Garam Himalaya yang Bersifat Anti Inflamasi!

5. Membuat tidur lebih nyenyak

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuhpanjimas.com

Manfaat positif dari air garam yang satu ini tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi penderita insomnia. Jika kalian penderita insomnia, mengkonsumsi air garam merupakan solusi yang tepat. Kenapa harus air garam? Karena kadar natrium yang tinggi pada air garam dapat mengurangi respon stres pada aliran darah. Kurangnya respon stres ini membuat tidur lebih lelap. Boleh dicoba nih!

6. Meringankan infeksi pada kaki

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuhmaggiedent.com

Infeksi pada kaki juga dapat diredakan dengan air garam. Zat magnesium dan mineral yang terdapat pada garam dapat meningkatkan kinerja fagosit pada tubuh. Fagosit merupakan golongan sel darah putih yang berfungsi untuk menghancurkan kotoran.

Cara mengurangi infeksi dengan air garam terbilang mudah. Kalian hanya membutuhkan satu baskom air hangat yang telah diberi garam epsom. Lalu, rendamlah kaki pada air tersebut selama 10 menit.

7. Mengurangi bau badan

7 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Tubuhjuraganjellygamat.com

Bagi kalian yang memiliki masalah bau badan, air garam dapat dijadikan sebagai antiseptik untuk mengatasinya. Garam memiliki daya detoksifikasi yang baik untuk menetralkan segala racun dari tubuh, termasuk kuman penyebab bau badan.

Aplikasi air garam dalam mengurangi bau badan dilakukan dengan melarutjan garam epsom pada air hangat. Berikutnya, rendamlah tubuh pada air tersebut selama 20 menit. Pastikan air yang digunakan bersih, ya!

Air garam ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang jarang disadari oleh banyak orang. Manfaat-manfaat yang telah disebutkan dapat menjadi referensi bagi kalian yang ingin menggunakan air garam sebagai pengobatan herbal. Tapi, gunakan dalam dosis yang tepat ya!

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu jika Kelebihan Garam

Fransisca Lukito Photo Writer Fransisca Lukito

an enthusiastic writer who always tries to think out of the box

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya