Comscore Tracker

Bukan Cuma Satu, Ini 5 Tipe Gangguan OCD yang Wajib Kamu Tahu

Jangan dianggap remeh lho!

Gangguan psikologis yang bernama OCD atau singkatan dari Obsessive Compulsive Disorder ini mungkin sudah pernah atau bahkan sudah sering kamu dengar. Nah, OCD ini adalah suatu gangguan psikologis yang dapat menyebabkan penderitanya terus merasakan kecemasan, kegelisahan, ketakutan, kekhawatiran yang ditandai dengan melakukan hal yang sama berulang kali untuk meredakan perasaan negatif tersebut. Tentu saja, gangguan ini mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Perlu diingat, bahwa OCD ini biasanya didorong oleh pikiran atau rasa takut yang tidak masuk akal (obsesi) yang membuat penderitanya melakukan perilaku atau hal berulang (kompulsif). Cukup jelas bukan? Tapi, tahukah kamu kalau gangguan OCD ini ternyata punya banyak tipe lho! Dilansir dari berbagai sumber, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tipe Washer dan Cleaner

Bukan Cuma Satu, Ini 5 Tipe Gangguan OCD yang Wajib Kamu Tahupexels.com/rawpixel.com

Apakah kamu suka mencuci tangan berulangkali namun tetap merasa kotor atau banyak kuman yang menempel? Waspada ya, sebab bisa jadi hal itu merupakan tanda dari OCD tipe washer dan cleaner ini. Jadi, OCD pada tipe ini memiliki ketakutan irasional yang berkaitan dengan kebersihan. Di mana penderitanya sangat takut terkontaminasi oleh kuman atau merasa kotor yang menurutnya berpotensi membuat ia menjadi sakit atau bahkan mengalami kematian.

Jadi, orang yang mengalami OCD pada tipe ini condong/fokus pada masalah kebersihan mulai dari kebersihan tangan, pakaian sampai alat-alat makan sekalipun dan lain sebagainya. Kemudian, mereka membersihkannya secara berulang-ulang untuk mengurangi perasaan cemas atau takut yang mereka rasakan. Meskipun seringkali kecemasan tersebut juga tak kunjung reda setelah perilaku kompulsif tersebut.

2. Tipe Checkers

Bukan Cuma Satu, Ini 5 Tipe Gangguan OCD yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Pixabay

Tipe checkers ini adalah tipe yang punya obsesi untuk selalu memeriksa. Misalnya, berulang kali mengecek pintu rumah apakah sudah terkunci atau tidak, mengecek kompor secara berulang dan sebagainya. Nah, biasanya alasan dibalik perilaku kompulsif yang dilakukan tipe ini adalah karena ketakutan yang berlebihan dan irasional bila tidak dapat memastikan segalanya sesuai apa yang ia pikirkan.

Maksudnya, penderita tipe ini takut akan bahaya yang mungkin terjadi bila ia tidak memastikan semuanya secara berulang. Bila hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, maka penderita merasa bahwa ia yang bersalah atas semua yang telah terjadi.

Baca Juga: Mengenal OCD, Gangguan Mental yang Timbulkan Perilaku Berulang-ulang

3. Tipe Hoarders

Bukan Cuma Satu, Ini 5 Tipe Gangguan OCD yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Lisa Fotios

Kamu suka menyimpan atau menimbun barang bekas ataupun barang yang tidak berguna lagi? Hmm, bisa jadi kamu mengidap OCD tipe hoarders ini lho. Biasanya, orang yang mengalami gangguan OCD tipe hoarders ini menyimpan dan sulit membuang barang-barang tidak terpakai tersebut karena berpikir bahwa 'aku akan membutuhkannya nanti'. Penderita tipe ini umumnya merasa stres atau cemas akibat keinginan untuk menimbun  barang bekas atau tidak terpakai tersebut.

4. Tipe Orderers

Bukan Cuma Satu, Ini 5 Tipe Gangguan OCD yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Burst

Pada tipe orderers ini, sekilas para penderitanya tampak mirip dengan karakter perfeksionis. Ya, para penderita OCD dengan tipe ini sangat fokus untuk mengatur benda atau segala sesuatu pada tempatnya agar tampak sempurna sesuai yang dipikirkan. Mereka akan merasa tidak nyaman bahkan tertekan apabila benda-benda yang sudah mereka atur dan susun ditata, dipegang dan dipindahkan orang lain.

Jadi, tak jarang mereka memerlukan waktu agar bisa berulang kali mengatur benda-benda tersebut. Namun, yang perlu diingat adalah walau antara karakter perfeksionis dan gangguan OCD ini memiliki kesamaan bukan berarti orang dengan karakter perfeksionis selalu menderita gangguan OCD. Jadi, jangan buru-buru menilai ya!

5. Tipe Obsessionals

Bukan Cuma Satu, Ini 5 Tipe Gangguan OCD yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Victoria Borodinova

Tipe obsessionals ini merupakan orang-orang yang memiliki pikiran yang intrusive dan obsesif serta sulit dikontrol. Artinya, para penderitanya memiliki obsesi dengan pikiran-pikiran mereka yang mengganggu. Pikiran-pikiran tersebut beragam dan bisa mencakup berbagai hal.

Misalnya, seseorang dengan gangguan psikologis tipe ini sangat cemas dan takut dengan angka 13, karena dianggap merupakan angka kesialan. Sehingga, ketika orang tersebut bertemu angka 13 atau berada pada urutan ke 13 maka ia akan mulai dihantui perasaan takut dan cemas yang tentu saja sangat mengganggu. Maka, mereka pun melakukan berbagai 'ritual' atau hal-hal menurutnya bisa menurunkan rasa cemas tersebut dan juga dilakukan secara berulang kali.

Jadi, itulah kelima tipe gangguan OCD yang perlu kamu ketahui. Apabila kamu atau orang di sekitarmu merasa memiliki gangguan psikologis OCD ini maka disarankan agar segera berkonsultasi kepada psikolog atau ahlinya, terutama ketika gangguan OCD ini sudah sangat mengganggu kualitas hidup. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: ADHD, Gangguan Mental yang Menyerang Jutaan Anak 

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You