Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehat

Yuk perbaiki kebiasaanmu mulai dari sekarang

Di awal tahun, resolusi hidup sehat menjadi salah satu yang paling banyak ucapkan orang-orang. Sayangnya, bahkan tak sampai pertengahan tahun seringkali cita-cita untuk hidup lebih sehat terpaksa kandas karena resolusi yang diterapkan terkadang terlalu tinggi.

Nah agar tak terlalu berat, cobalah untuk memulai hidup sehatmu dengan hal-hal kecil seperti meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dianggap sepele berikut.

1. Begadang

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehatmetro.co.uk

Kurang tidur dapat menjadi faktor munculnya berbagai masalah kesehatan. Hal itu terjadi karena manusia membutuhkan waktu tidur setidaknya 7-8 jam sehari untuk mengistirahatkan otak dan tubuhnya.

Apabila kebutuhan istirahat tidak didapatkan secara cukup, muncullah gangguan-gangguan seperti kelelahan, kurang konsentrasi hingga masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, kecuali jika ada hal yang harus dikerjakan, sebaiknya tidur lebih awal agar badan dapat beristirahat dengan cukup.

2. Sering mengonsumsi makanan instan

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehatfoodnetwork.com

Meski lezat, murah dan praktis, makanan instan memiliki kandungan gizi yang rendah. Tak hanya itu, ia juga mengandung bahan pengawet, pewarna, dan perasa yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

3. Malas jalan kaki

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehatconncoll.edu

Ada banyak alasan mengapa orang malas berjalan kaki. Namun, ada banyak alasan pula mengapa orang harus menyingkirkan rasa malasnya dan mulai membiasakan diri berjalan kaki setidaknya 30 setiap harinya. Tak hanya mudah dan ringan, berjalan kaki bermanfaat membakar kalori, menyehatkan jantung, dan membantu mengurangi stress.

Lain kali jika ingin pergi ke minimarket yang jaraknya 200 meter dari kos, tak perlu pakai motor, ya. Jalan kaki saja.

Baca Juga: Usia Muda Bukan Jaminan, Waspadai 5 Masalah Kesehatan Ini Ya!

4. Kurang minum air putih

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehatpexels/Daria Shevtsova

Karena rasanya yang hambar, banyak orang yang tak suka mengonsumsi air putih. Padahal kekurangan asupan air dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, masalah pencernaan, dan kehilangan konsentrasi.

Jika kamu termasuk orang yang tak doyan air putih, cobalah membuat resep infused water atau dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi kandungan airnya.

5. Jarang mengganti sprei

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehatpexels/Burst

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kamu mengganti sprei tempat tidurmu? Jika ingatanmu samar-samar, maka artinya kamu sudah harus menggantinya segera.

Idealnya, mengganti sprei dilakukan setiap 1-2 minggu sekali. Sprei dan sarung bantal yang kotor tidak hanya mengganggu kualitas tidur, namun juga dapat menjadi sarang bakteri sehingga menyebabkan jerawat, eksim, bahkan alergi di kulitmu.

6. Malas pakai tabir surya

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehatunsplash/Kyaw Tun

Saat cuaca sedang cerah, keluarlah dan nikmati hari. Namun sebelum itu jangan lupa memakai tabir surya agar kulit terhindar dari dampak negatif sinar matahari.

Tak hanya membuat kulit jadi menggelap, sering terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan juga dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan kerutan halus bahkan sampai memicu kanker kulit. Duh, mulai sekarang jangan malas pakai tabir surya, ya.

7. Sering pakai skinny jeans

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Tinggalkan agar Hidup Lebih Sehatpexels/Mica Asato

Celana skinny jeans digemari karena selain modis, ia juga dapat membuat kaki tampak jenjang dan ramping. Sayangnya, keseringan memakai celana ketat ini ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan mulai dari kesemutan, nyeri pinggul sampai infeksi saluran kemih.

Agar tak keseringan, celana kulot atau rok dapat kamu jadikan selingan supaya tidak melulu pakai skinny jeans.

Dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan diatas, semoga kita semakin sadar akan pentingnya kebiasaan hidup sehat, ya!

Baca Juga: 7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favorit

Friska NR Photo Verified Writer Friska NR

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You