Comscore Tracker

5 Minuman Herbal Racikan Ibu yang Dibuat Saat Kita Dulu Sakit

Bikin rindu ya

Berbeda dengan era generasi 90-an yang lebih mengandalkan obat tradisional ketika sakit, anak zaman now mungkin sudah akrab dengan berbagai fasilitas tekhnologi termasuk di bidang kesehatan seperti obat ataupun tenaga medis yang kini mudah didapatkan. 

Namun, hal itulah yang justru membuat kita rindu dengan masa-masa kecil dulu. Saat kita sakit, dulu ibu selalu siap siaga jadi dokter sekaligus perawat terbaik yang menjaga kita 24 jam lengkap dengan minuman herbal paling manjur, yang dibuat dan diracik dengan penuh kasih sayang. Ampuh menangkal berbagai penyakit kala itu, ini lho minuman herbal buatan ibu yang selalu ada di saat kita sakit dulu, kamu inget gak?

1. Air kunyit atau param

5 Minuman Herbal Racikan Ibu yang Dibuat Saat Kita Dulu Sakitmedicalnewstoday.com

Minum air kunyit atau param seperti rutinitas wajib bagi kita saat kita sakit dulu. Minuman sekaligus obat alami ini terbuat dari kunyit yang diparut dan diseduh atau direbus hingga mendidih. Kamu masih ingat dong, gimana sensasinya minum param buatan tangan ibu?

2. Beras Kencur

5 Minuman Herbal Racikan Ibu yang Dibuat Saat Kita Dulu Sakitfoodmatters.com

Beras kencur juga jadi senjata andalan ibu saat kita sakit. Terbuat dari kencur yang diparut dan tumbukan beras yang telah disangrai, minuman ini juga jadi salah satu obat yang suka gak suka  harus kita minum tanpa komplain kala itu, bener gak?

3. Air Tajin

5 Minuman Herbal Racikan Ibu yang Dibuat Saat Kita Dulu Sakitideahacks.com

Merupakan air dari rebusan beras, tajin kala itu dipercaya sebagai minuman paling bervitamin karena mengandung banyak kebaikan dan nutrisi dari beras. Mau kita sakit panas, batuk ataupun kembung, air tajin yang hangat selalu ada saat kita gak enak badan.

Baca Juga: 7 Herbal Alami yang Efektif untuk Mengatasi Kram Perut

4. Air kelapa muda dicampur madu

5 Minuman Herbal Racikan Ibu yang Dibuat Saat Kita Dulu Sakitnaturalfoodseries.com

Obat mujarab versi ibu selanjutnya adalah air kelapa muda yang dicampur dengan madu murni yang kaya manfaat. Diracik dengan takaran yang pas, minuman nikmat ini sering disiapkan ibu saat kita sakit.

5. Wedang jahe

5 Minuman Herbal Racikan Ibu yang Dibuat Saat Kita Dulu Sakitmedicalnewstoday.com

Satu lagi minuman herbal yang sering disiapkan ibu. Dibuat dengan merebus potongan ruas jahe, minuman yang dikenal dengan sebutan wedang jahe ini tak pernah absen kita minum saat kurang enak badan. Tak hanya saat kita sakit, minuman yang bisa menghangatkan badan ini juga menjadi andalan ibu saat musim hujan. 

Nah, itulah 5 minuman herbal buatan ibu saat kita gak enak badan sewaktu kecil. Perhatian ibu saat kita sakit dulu, selalu membuat kita ingat betapa besar kasih sayangnya kepada kita hingga selalu membuat kita rindu, bahkan ketika kita telah beranjak dewasa. Setuju, kan?

Baca Juga: 5 Obat Herbal Ampuh untuk Atasi Batuk Berdahak

Fuska Soewito Photo Verified Writer Fuska Soewito

Kapan tubuhmu belajar kerja keras kalau bukan sekarang?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya