Comscore Tracker

Insomnia? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membantu Tidurmu Lebih Cepat

Dijamin deh tidurmu bakal lebih berkualitas!

Tidur yang berkualitas adalah sumber efektifitas tubuh dan otak agar lebih fresh dan fokus dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun di era sekarang ini tak sedikit yang justru mengalami gangguan sulit tidur, entah itu karena sebuah gangguan medis, karena kebiasaan yang selalu tidur larut malam ataupun rasa khawatir berlebih.

Jika kamu merasakan hal tersebut, maka kamu wajib mencoba berbagai metode di bawah ini agar tidurmu bisa lebih cepat dan berkualitas. Dijamin terlelap.

1. Atur temperatur di kamar tidurmu

Insomnia? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membantu Tidurmu Lebih Cepatstorageltd.com

Faktor penting yang membuat kita bisa tidur lebih cepat adalah suhu tubuh karena terkait dengan jam internal tubuhmu. Faktanya, kegelapan memicu penurunan suhu alami di tubuh, yang menurut peneliti terjadi untuk membantu kita tidur lebih cepat dan lebih mudah.

Menurut The National Sleep Foundation, suhu kamar tidur yang ideal adalah 60-67 derajat Fahrenheit. Metode lain termasuk mandi air dingin sebelum tidur, menyiram wajah dengan air, atau memakai kaus kaki sehingga kehangatan di tubuhmu tersebar bisa menjadi pemicu tidurmu lebih cepat dan nyaman.

2. Jangan berbaring hingga kamu merasa lelah

Insomnia? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membantu Tidurmu Lebih Cepatuniversal-sci.com

Pakar psikologi Richard Wiseman dari University of Hertfordshire mengatakan jika kunci agar bisa tidur lebih cepat adalah menghindari mengaitkan ranjang dengan bangun. Sebaliknya, luangkan waktu untuk melatih otak atau melakukan hal lain yang akan menghabiskan energi sampai kamu mulai merasa lelah. Setelah itu, dijamin kamu pun bakal tertidur pulas.

3. Gunakan metode 4-7-8

Insomnia? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membantu Tidurmu Lebih Cepatmedicalnewstoday.com

Sebenarnya terdapat hal sederhana yang bisa kamu terapkan, yaitu dengan menggunakan metode 4-7-8. Hal ini sangatlah mudah. Pertama, berbaringlah dengan posisi yang sangat nyaman. Kemudian tarik napas selama 4 detik melalui hidung, lalu tahan selama 7 detik. Setelah itu lepaskan secara perlahan selama 8 menit lewat mulut. Ulangi hal tersebut hingga kamu merasa bisa tidur.

Baca Juga: Tips Tidur Nyenyak, Siapkan 7 Benda Ini di Kamarmu

4. Bayangkan suatu tempat yang membuat kamu rileks dan bahagia

Insomnia? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membantu Tidurmu Lebih Cepatunsplash/Kinga Cichewicz

Faktanya membayangkan diri kita pergi ke tempat-tempat yang diinginkan mampu membuat perasaan kita lebih bahagia, sehingga membantu tidur lebih cepat. Dalam sebuah penelitian di Oxford University, peserta yang diminta untuk menggambarkan tempat yang membuat mereka bahagia dan tenang tertidur sebanyak 20 menit lebih cepat jika dibandingkan dengan kelompok kontrol.

5. Cobalah untuk tetap terjaga

Insomnia? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membantu Tidurmu Lebih Cepatyourtango.com

Sebuah studi yang dilakukan University of Glasgow menemukan bahwa partisipan yang diperintahkan untuk mencoba menjaga mata mereka tetap terbuka dan tetap terjaga tidak hanya tertidur lebih cepat, tetapi mereka juga memiliki lebih sedikit kecemasan terkait dengan kinerja tidur mereka dibandingkan dengan sekelompok peserta yang mencoba tertidur secara normal.

Itulah tahapan dan strategi yang bisa kamu lakukan agar bisa tidur lebih cepat dan mengatasi insomnia. Dijamin, tidurmu bakal lebih berkualitas dan membuat hari-harimu lebih berenergi.

Baca Juga: Sering Insomnia? Pakai Pillow Spray Aja, Dijamin Tidur Nyenyak

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You