Comscore Tracker

6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Sederhana tapi penuh manfaat

Diabetes adalah penyakit seumur hidup di mana kadar gula darah dan glukosa darah seseorang melonjak tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang kita konsumsi, sedangkan insulin adalah hormon utama yang membantu glukosa masuk ke dalam sel tubuh.

Berolahraga rutin sangatlah penting, terutama bagi penderita diabetes karena mampu meningkatkan sensitifitas insulin dan menjaga gula darah tetap terkendali. Namun, jenis olahraga apa saja yang menjadi rekomendasi untuk penderita diabetes? Berikut enam di antaranya.

1. Bersepeda

6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita DiabetesUnsplash/ Coen van den Broek

Karena diabetes adalah krisis energi tubuh, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan. Bersepeda di dalam atau di luar ruangan akan meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, mengurangi stres, meningkatkan fungsi paru-paru dan membakar kalori untuk menjaga berat bada.

Namun yang terpenting bagi penderita diabetes, bersepeda juga mampu menjaga kadar glukosa agar tubuh tetap sehat. Bagi pemula, kamu bisa memulai dengan hanya 15 menit dan meningkatkannya setelah terbiasa.

2. Berenang

6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita DiabetesUnsplash/Fiona Smallwood

Berenang dan aerobatik air dapat membantu penderita diabetes memperkuat otot-otot tubuh dan memproduksi lebih banyak insulin. Saat otot meregang, sel-sel di dalamnya akan menyerap gula darah dan pada akhirnya akan menurunkan kadar gula darah.

Secara umum, berenang sebenarnya adalah olahraga yang sempurna karena melibatkan gerakan dan kekuatan seluruh tubuh serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

3. Aerobik zumba

6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita DiabetesUnsplash/Danielle Cerullo

Zumba adalah tarian aerobik yang menggabungkan tarian dengan gerakan aerobik. Olahraga ini merupakan cara yang menyenangkan untuk tetap menjaga tubuh bugar. Zumba juga bermanfaat dalam pengencangan tubuh dan sistem pernapasan.

Tarian zumba adalah olahraga pencegah stres yang harus dicoba jika kamu menderita diabetes di usia 30-an, namun tidak disarankan untuk orang dewasa di atas usia 40 tahun. Melakukan zumba hanya selama 30 menit setiap hari sudah cukup bermanfaat untuk menjaga gula darahmu.

Baca Juga: Lakukan Rutin, 7 Olahraga Ini Bisa Maksimalkan Tinggi Badanmu

4. Jogging

6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita Diabetesunsplash/Andrew Tanglao

Berlari dan jogging adalah dua latihan umum yang dapat kamu lakukan sepanjang hari terlepas dari waktu yang dimiliki. Berlari dapat meningkatkan produksi insulin, membantu penurunan berat badan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi, luangkanlah waktu untuk berlari atau jogging setidaknya 30 menit setiap hari karena hal Ini dapat juga bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah dan meningkatkan stamina.

5. Naik tangga

6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita DiabetesUnsplash/Neko Tai

Jika kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan kantor dan tidak memiliki waktu banyak untuk berolahraga, maka naik turun tangga adalah salah satu latihan penting yang perlu kamu lakukan setiap hari.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menaiki tangga selama sekitar 3 menit setiap hari. Terutama, orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2, melakukan latihan ini akan akan bermanfaat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan tingkat stamina energimu.

Aktivitas fisik ini paling baik dilakukan setelah makan. Menaiki tangga juga mampu meningkatkan kadar gula darah, terutama bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.

6. Pilates

6 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Penderita DiabetesUnsplash/Maddi Bazzocco

Pilates adalah latihan yang berkonsentrasi pada keseimbangan tubuh, kekuatan dan fleksibilitas. Dengan rutin melakukan pilates, akan membuat tubuhmu mudah mengatur gula darah dan mempertahankan kadar insulin tetap normal.

Jika kamu kelebihan berat badan dan menderita diabetes, maka pilates adalah olahraga terbaik yang akan membantumu menurunkan berat badan dan menyeimbangkan kadar gula darah. Nah, jika pemula lakukanlah olahraga ini selama minimal 15 menit setiap hari dan ini akan membantumu mengendalikan diabetes.

Itulah enam olahraga yang baiknya dibiasakan oleh penderita diabetes. Gak hanya membuatmu makin sehat, tetapi menyenangkan dan sederhana juga.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Penyakit Diabetes, Si Silent Killer

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You