Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!

Berbahaya untuk kesehatan fisik dan mentalmu, lho!

Setiap orang pasti pernah mengalami beberapa kali hubungan asmara dalam hidupnya. Beberapa hubungan mungkin terasa indah dan menyenangkan, namun tak sedikit juga hubungan yang berubah menjadi toxic dan menghancurkan.

Tak jarang seseorang harus mengalami kekerasan fisik, seksual maupun emosional dalam sebuah hubungan yang tak sehat.Banyak yang tak menyadari jika hal tersebut bisa sangat berpengaruh dalam kehidupan kita dalam jangka panjang.

Dalam istilah psikologi, trauma yang disebabkan kekerasan dalam sebuah hubungan disebut sebagai Post-Traumatic Relationship Syndrome (PTRS). Berikut ini adalah tanda-tandanya jika seseorang  mengalami PTRS.

1. Mengalami flashback dan mimpi buruk tentang mantan pasangannya

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Jika seseorang telah melalui stres relationship yang ekstrem atau mengalami pelecehan dalam bentuk apa pun: fisik, mental atau emosional dalam sebuah hubungan, maka itu dapat memiliki efek jangka panjang pada jiwanya.

Seseorang dalam kondisi tersebut biasanya mengalami flashback, halusinasi dan ingatan yang jelas tentang peristiwa yang memicu trauma seolah-olah mereka mengenangnya kembali. Tak hanya itu, mereka juga mulai mengalami mimpi buruk tentang pasangan mereka yang meneriaki mereka, selingkuh, mengkhianati atau meninggalkan mereka.

2. Mengalami kekhawatiran yang mendalam dan pikiran obsesif

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Jika seseorang telah menderita pelecehan dalam sebuah hubungan, hal itu bisa mengguncang seluruh pandangannya tentang dunia ini. Mereka akan menganggap jika dunia ini bukanlah tempat yang indah dan adil, menganggap tidak ada laki-laki atau perempuan yang pantas untuknya. 

Ketidakpercayaan dan ketakutan dapat memunculkan kegelisahan dan serangan panik yang terus-menerus. Terkadang orang yang menderita hubungan traumatis juga terjebak dalam lingkaran pikiran obsesif. Mereka terus bertanya-tanya “Apa kesalahan mereka?”, “Apa yang bisa mereka lakukan untuk lebih baik?” Dan mengambil banyak waktu untuk berdamai dan menerima situasi.

3. Selalu merasa curiga dan tidak percaya

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Sebagian besar dari kita akan selalu lengah dalam sebuah hubungan karena kita merasa sangat percaya kepada orang lain untuk menjaga hati kita. Dan ketika kita dilecehkan oleh orang yang sama yang kita percayai dengan sepenuh hati, hal itu menghancurkan fondasi kepercayaan kita.

Mereka yang mengalami PTRS akan cenderung masuk ke dalam mode kewaspadaan yang berlebihan. Mereka tidak akan lagi mudah percaya dan menjadi penuh dengan kecurigaan. 

Baca Juga: 5 Gejala Fisik Terkait Depresi yang Wajib Diketahui

4. Mengalami gangguan tidur

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Jika pikiran dan hati kita tidak tenang, hampir tidak mungkin untuk bisa tidur nyenyak. Rasa sakit dan kecemasan bakal berpengaruh lebih besar di malam hari dalam bentuk mimpi buruk dan flashback. Hal ini berdampak cukup serius untuk kesehatan kita karena dapat menghambat siklus tidur seseorang dan mengakibatkan insomnia akut.

5. Berat badan naik atau turun dengan ekstrem

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Penurunan atau kenaikan berat badan yang ekstrem adalah tanda bahwa tubuh seseorang sedang mengalami trauma. Ketika kamu berada dalam hubungan yang penuh dengan kekasaran, seseorang akan cenderung membutuhkan pelampiasan. Tak sedikit yang melampiaskannya dengan mengonsumsi banyak makanan ataupun hilangnya nafsu makan.

Hal ini pada gilirannya mempengaruhi energi dan sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan penurunan ataupun kenaikan berat badan yang ekstrim.

6. Gelisah dan lesu

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Efek dari depresi dan rasa sakit dapat berwujud dalam bentuk kegelisahan ekstrem. Orang yang menderita PTRS dapat menjadi sangat sedih atau banyak berduka di satu sisi atau mati rasa secara emosional di sisi lain. Mereka akan menutup diri dan perasaan mereka dari orang lain agar tidak bisa tersakiti lagi.

Hal tersebut tentunya sangatlah buruk karena akan membuat penderitanya kesulitan untuk bisa kembali merasakan kebahagiaan dalam hidupnya.

7. Menyalahkan diri sendiri, menangis berlebihan, dan mengurung diri

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Orang yang telah mengalami stres dalam hubungan cenderung menjadi sangat kritis terhadap diri sendiri. Mereka terus bertanya-tanya apa peran mereka dalam hancurnya hubungan yang dijalin atau kerap berandai-andai untuk bisa melakukan hal berbeda untuk menyelamatkan hubungannya.

Rasa sakit dan luka yang ekstrem dapat menyebabkan periode menangis dan berkabung yang berkelanjutan. Rasa sakit sering disertai dengan perasaan malu dan bersalah dan membuatnya menutup diri dari lingkungan sosial.

Bagaimana cara mengatasi PTSR?

7 Tanda Kamu Mengalami Post Relationship Stress Disorder, Yuk Move On!dramabeans.com

Langkah pertama untuk sembuh dari PTRS adalah dengan berbaik hati terhadap diri sendiri. Bukan salah kamu jika orang yang dipercayai ternyata menghancurkan perasaanmu. Kamu telah melalui rasa sakit dan stres yang luar biasa dan kamu layak mendapatkan kembali cinta dengan memperhatikan diri sendiri lagi.

Jadikan penyembuhanmu sebagai prioritas di atas segalanya. Luangkanlah waktu untuk kembali melakukan hal-hal yang kamu sukai ataupun melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan. Cobalah menjadi sukarelawan pekerjaan amal dan melihat kembali dunia dengan sudut pandang baru.

Satu hal yang gak kalah penting, jangan sungkan juga jika kamu membutuhkan bantuan profesional melalui konseling.

Itulah tanda-tanda PTSR yang kerap dialami mereka yang baru putus dalam sebuah hubungan yang serius dan intim. Hal ini memang sangat berat, namun bukan berarti akhir dari kehidupanmu. So, move on!

Baca Juga: Mengenal Dysthymia, Depresi Ringan yang Menetap Bertahun-tahun

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya