Comscore Tracker

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceria

Patut kamu coba nih! #ANGPOIN

Banyak sekali latihan otot perut yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah tiap hari. Salah satunya adalah plank, pasti kamu pernah melakukannya kan. Yap, plank merupakan salah satu latihan otot perut yang paling mudah dilakukan karena tidak perlu memakai alat apa pun.

Plank juga mempunyai segudang manfaat yang bisa kamu rasakan jika dilakukan rutin setiap hari. Mulai dari membentuk otot perut, memperbaiki postur tubuh, hingga menyelesaikan masalah punggung. Selain itu masih ada beberapa manfaat lain yang tidak kalah berguna. Berikut 7 manfaat plank jika kamu lakukan setiap hari

1. Salah satu latihan terbaik untuk membentuk perut

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceriabesthealthmag.ca

Jika kamu ingin membentuk otot perut kamu menjadi lebih baik, maka plank adalah salah satu latihan yang cocok buat kamu. Apalagi jika kalian gabung dengan latihan kardio, maka manfaatnya akan lebih banyak lagi.

Bagian otot yang dapat merasakan manfaat plank, antara lain otot tranversus abdominis yang merupakan pondasi dari otot perut jika kamu ingin mendapat perut six pack. Selain itu ada otot rectus adominus yang berguna untuk bisa melompat lebih tinggi.

Intinya dengan melakukan plank setiap hari, maka otot-otot tersebut akan semakin kuat. Sehingga tidak hanya mendapatkan otot perut yang bagus, namun juga dapat meningkatkan kemampuan yang lain.

2. Dapat memperbaiki postur tubuh kamu

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceriawomenshealthmag.com

Banyak sekali orang yang memiliki postur tubuh yang kurang bagus. Hal ini dapat menjadikan penampilanmu kurang menarik. Namun, masalah tersebut dapat teratasi jika kamu rutin melakukan plank setiap hari.

Karena dengan melakukan plank, seluruh bagian tubuh ikut merasakan manfaatnya. Mulai dari bahu hingga kedua kaki. Plank juga akan menguatkan tulang belakang, sehingga dapat memperbaiki postur tubuh kamu menjadi lebih baik.

3. Plank bisa mengatasi masalah sakit punggung

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceriamenshealth.com

Karena plank juga dapat memperkuat tulang belakang, maka bisa juga meredakan berbagai masalah punggung yang kamu derita. Bukan hanya mengatasi masalah punggung, melainkan juga membuat punggung kamu menjadi lebih sehat.

Masalah punggung sendiri bisa diakibatkan karena beban yang terlalu berat yang kita bawa setiap hari. Dan punggung akan menjadi tumpuan dari beban-beban tersebut. Maka dari itu, jika tulang punggung kamu kuat masalah punggung akan dengan sendirinya menjauhi kamu.

Baca Juga: Mau Meratakan Perut dengan Plank Pose? Begini Kunci Suksesnya!

4. Akan meningkatkan sistem koordinasi kamu agar lebih seimbang

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceriaboxrox.com

Otot perut memang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi. Misalnya pada saat bersepeda, berlari, maupun menari sekalipun. Untuk itulah otot perut yang kuat sangat diperlukan agar kamu tidak mudah kehilangan keseimbangan. 

Meningkatkan otot perut juga dapat mengajarkan tubuh bagaimana cara untuk bekerja bersama-sama sebagai suatu kesatuan. Yang dapat membuat sistem koordinasi kamu menjadi lebih baik.

5. Melakukannya tiap hari bisa meningkatkan fleksibilitas tubuhmu

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceriawww.runtastic.com

Selain memperkuat otot ternyata plank juga bisa untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu. Karena, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Plank ini tidak hanya berfokus pada otot perut, melainkan hampir seluruh tubuh ikut merasakan.

Jika kalian pernah melakukan yoga, plank merupakan salah satu gerakan yang sering dilakukan. Beberapa variasi dalam plank akan membantu kamu untuk meningkatkan fleksibilitas tubuhmu. Seperti side plank maupun rocking plank.

6. Plank juga bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh kamu

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceriawellandgood.com

Melakukan plank setiap hari dapat membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot lain seperti sit up. Karena plank sendiri hampir melibatkan seluruh tubuh mulai dari bahu sampai kaki. Sehingga kalori yang terbakar akan semakin banyak.

Dengan banyaknya kalori yang terbakar, maka akan membuat kamu menjadi cepat lapar. Hal ini akan semakin bermanfaat jika kamu melakukan diet sehat. Sehingga metabolisme kamu akan menjadi semakin baik.

7. Terakhir, plank dapat meningkatkan mood kamu agar lebih ceria

7 Manfaat Melakukan Plank Setiap Hari, Bisa Bikin Mood Ceriawellandgood.com

Semua manfaat kesehatan sudah kamu rasakan. Nah, ternyata plank juga dapat membuat mood kamu menjadi lebih ceria lho. Hal ini dikarenakan plank dapat mengurangi stres pada beberapa bagian tubuh.

Karena jika tubuh kamu sehat, maka mental juga akan ikut sehat. Dan kamu akan merasa tubuhmu sudah cukup kuat untuk melakukan kerja setiap hari. Sehingga kamu tidak akan khawatir lagi mengenai masalah punggung maupun yang lainnya.

Itulah 7 manfaat plank dilansir Health Corps jika kalian melakukannya setiap hari. Bagaimana, mau langsung mencobanya sekarang juga.

Baca Juga: 5 Variasi Plank Buat Kamu yang Masih Pemula, Berani Coba?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya