Comscore Tracker

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!

Bisa mengurangi risiko kanker lho

Bagi kebanyakan orang, biji labu dianggap sebagai bagian dari buah labu yang tidak memiliki manfaat. Alhasil, saat buah labu akan diolah, biji - bijinya tersebut malah dibuang begitu saja. Padahal, jika mereka tahu manfaat dari biji labu tersebut untuk tubuh, mereka akan berfikir sepuluh kali untuk membuangnya.

Nah, supaya kamu gak melakukan hal serupa, berikut 10 khasiat biji labu untuk tubuh yang perlu kamu tahu, sebagaimana dilansir Healthline.

1. Biji labu mengandung banyak zat bermanfaat bagi tubuh, terutama zat besi

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!pillsbury.com

Dalam biji labu terkandung banyak zat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, contohnya saja serat, protein, zat besi, dan zinc. Protein dan zat besi seperti yang kita tahu sangat berefek pada pertumbuhan tulang tubuh kita, agar menjadi kokoh dan tidak rapuh.

2. Biji labu kaya akan antioksidan

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!iheartnaptime.net

Biji labu mengandung karotenoid dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Tubuh yang memiliki antioksidan yang cukup akan terhindar dari radang dan mencegah tubuh terpapar radikal bebas.

3. Dipercaya bisa menurunkan risiko kanker

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!foodandwine.com

Dalam beberapa penelitian di dunia kesehatan, mengonsumsi biji labu secara rutin disebut bisa menurunkan resiko terkena kanker perut, payudara, usus, prostat dan paru-paru.

Baca Juga: 10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

4. Meningkatkan kesehatan prostat dan kandung kemih

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!healthline.com

Jika kamu merasakan kesusahan saat buang air kecil, mungkin ada yang salah dengan kerja kandung kemihmu. Begitu pun jika kamu terus-terusan merasa ingin selalu buang air kecil. Minyak yang diekstraksi dari biji labu diantaranya mengandung linoleic acid dan oleic acid yang bisa menormalkan fungsi kandung kemih.

5. Kaya akan magnesium, biji labu bisa menstabilkan tekanan darahmu

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!greenblender.com

Kandungan magnesium dalam biji labu akan berefek sangat bagus bagi tekanan darah, level gula dalam darah, serta kesehatan hati dan tulangmu.

6. Membuat hatimu menjadi lebih sehat

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!fedandfit.com

Kandungan antioksidan, zinc, magnesium, serta asam lemak dalam biji lemak akan membuatmu memiliki hati yang lebih sehat. Terlebih, zat-zat ini akan memperlancar aliran darah serta meingkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuhmu.

7. Mengontrol kadar gula dalam darahmu

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!drweil.com

Bagi penderita diabetes, diet menggunakan biji labu bisa menjadi salah satu alternatif dalam menjaga kesehatan tubuh mereka. Magnesium yang terkandung dalam biji labu, sangat berperan penting dalam menurunkan kadar gula yang terdapat dalam darah.

8. Biji labu kaya akan serat, sehingga pencernaanmu pun akan menjadi lancar

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!naturespath.com

Serat sudah pasti sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memiliki pemcernaan yang sehat. Inilah yang menjadi alasan, kenapa biji labu bisa menjadi pilihan tepatmu jika ingin melakukan diet ataupun saat kamu mengalami masalah dengan pencernaanmu.

9. Biji labu juga bisa meningkatkan kualitas sperma

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!wholeheartedfoods.com

Sperma dengan kandungan zinc yang rendah, tentu akan membuat kualitasnya menurun dan malah bisa berakhir dengan infertilitas. Biji labu yang kaya akan zinc dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma dan juga level hormon testosteron bagi laki-laki. 

10. Meningkatkan kualitas tidur

10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!jamieoliver.com

Biji labu merupakan sumber alami dari tryptophan, asam amino yang bisa meningkatkan kualitas tidurmu. Jadi, kalau kamu sering mengalami susah tidur, mengonsumsi biji labu bisa jadi alternatif yang bagus untukmu.

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itu julukan yang pas untuk biji labu ini. Untuk selanjutnya, manfaatkan dengan benar biji labu ya, jangan hanya dibuang begitu saja.

Baca Juga: Ini Lho 5 Manfaat Kesehatan Jika Selalu Minum Susu Sebelum Tidur!

Gusti Hafsari Photo Verified Writer Gusti Hafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya