Comscore Tracker

5 Faktor Penting untuk Turunkan Berat Badan Selain Diet

Percuma diet kalau kamu gak perhatikan 5 hal penting ini

Memiliki berat badan ideal adalah keinginan semua orang. Selain agar penampilan yang terlihat lebih menarik, berat badan yang ideal juga berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. 

Diet adalah salah satu usaha yang paling banyak dan utama dilakukan kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan. Namun ternyata diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Ada 5 faktor lain penting yang saling berkaitan erat dan gak boleh kamu kesampingkan selama menjalani diet. Apa saja itu?

1. Olahraga yang rutin

5 Faktor Penting untuk Turunkan Berat Badan Selain DietPexels.com/@willpicturethis

Diet dan olahraga seperti satu paket yang tak bisa dipisahkan bila kita ingin menurunkan berat badan. Berolahraga tak hanya sekadar usaha untuk membakar lemak dan kalori saja, namun peran olahraga justru lebih besar dari itu. 

Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, karena aktivitas fisik dapat menguatkan otot jantung serta membuat aliran darah pada pembulu darah kecil di sekitar jantung jadi semakin lancar. Jika jantung kita sehat dan bekerja dengan optimal, maka pembakaran kalori dan metabolisme pun jadi lancar.

Selain itu, olahraga juga sangat baik untuk mengencangkan dan meningkatkan kemampuan otot untuk mengambil oksigen dalam darah. Beberapa olahraga yang baik dan disarankan untuk menurunkan berat badan adalah cardio dan juga strenght training.

2. Jaga pola makan yang baik, jangan sampai kelaparan

5 Faktor Penting untuk Turunkan Berat Badan Selain DietUnsplash.com/@the5th

Banyak orang mengira diet adalah mengurangi asupan makanan dengan harapan berat badan jadi turun. Padahal diet merupakan pola mengonsumsi makanan yang cara dan sumber makanannya diatur. Diet yang baik dan disarankan adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan memperhatikan asupan kalorinya. 

Selain memerhatikan jumlah asupan kalori, hal lain yang gak kalah penting adalah memilih makanan sehat yang sebaiknya kamu konsumsi. Seperti mengurangi konsumsi lemak trans/jenuh, makanan tinggi garam dan gula, serta menggantinya dengan makanan yang berserat, mengandung banyak nutrisi dan protein.

Diansir medicalnewstoday.com, pada tahun 2018 para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi dan berprotein dapat menurunkan berat badan dengan efektif tanpa harus memperhatikan asupan kalori secara ketat. 

3. Stop begadang, mulai menerapkan pola tidur yang berkualitas

5 Faktor Penting untuk Turunkan Berat Badan Selain DietUnsplash.com/@saseko

Olahraga sudah rutin, begitu juga pola makan makanan sehat sudah terjaga dengan baik. Setelah itu improve dengan menjaga pola tidur yang berkualitas pula. Setidaknya manusia membutuhkan waktu untuk tidur minimal 6-7 jam setiap harinya.

Kualitas tidur yang jelek dapat mengakibatkan obesitas. Dilansir healthline.com, dari hasil penelitian mengatakan bahwa kurang tidur ternyata dapat meningkatkan minat kita pada makanan yang tinggi lemak, karbohidrat dan kalori. Selain itu juga, jika kita kurang tidur pastinya akan merusak jam biologis tubuh sehingga metabolisme akan kacau yang mana ini dapat memicu naiknya berat badan.

Baca Juga: Mengenal Reverse Diet, Metode Diet yang Gak Bikin Stres

4. Stress

5 Faktor Penting untuk Turunkan Berat Badan Selain DietUnsplash.com/@tjump

Kondisi pikiran yang terlalu stres ternyata dapat berpotensi menaikkan berat badanmu, lho. Hal ini disebabkan oleh naiknya produksi hormon kortisol di dalam tubuh, sehingga hormon ini dapat memicu kebiasaan makan yang berlebihan. Hal ini dapat merusak pola makan dan kebiasaan sehat yang sudah kamu jalani. Karena itu, penting juga bagimu untuk mengatur kondisi pikiran, mental dan emosi. Olahraga adalah salah satu cara ampuh untuk menghindari stres. 

5. Asupan air dalam tubuh

5 Faktor Penting untuk Turunkan Berat Badan Selain DietPexels.com/@daria

Jangan lupakan peran besar air putih dalam proses penurunan berat badan. Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan sangat baik dikonsumsi karena 100 persen bebas kalori. Banyak yang merekomendasikan sebaiknya minum 1-2 liter air putih dalam sehari, namun hal ini tergantung pada aktivitas setiap orang sehingga kebutuhan konsumsi air pun berbeda-beda. 

Dilansir healthline.com, beberapa studi mengatakan bahwa minum air putih sebanyak 1-2 liter per hari cukup untuk membantu menurunkan berat badan, terutama minum air putih sebelum makan. Jadi pastikan kamu tidak skip minum air putih ya, stay hydrated!

Pada dasarnya, kelima hal di atas adalah faktor-faktor penting yang saling terkait satu sama lain dan gak bisa berdiri sendiri. Karena itu, jika kamu menginginkan berat badan yang ideal serta pola hidup yang lebih sehat sangat penting untuk disiplin menerapkan hal-hal itu. Jika kamu sudah berhasil, kamu akan terbiasa dengan pola hidup yang sehat dan pastinya akan ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Memilih Jus Sebagai Asupan Utama Diet? 5 Risiko Ini bisa Menghampirimu

Gustavo Kristo Photo Writer Gustavo Kristo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya