Comscore Tracker

5 Tips Dasar untuk Kamu yang Ingin Rutin Berolahraga

Buat kamu yang kesulitan memulai rutin olahraga nih!

Kita semua sepakat dengan pepatah Latin "Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat" bukan? Karena itu kita menyadari betul bahwa olahraga adalah kunci utama manusia untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh. 

Namun pada praktiknya, memulai untuk mengubah kebiasaan dan gaya hidup yang lebih sehat itu tidak mudah. Menjaga konsistensi dan rutinitas berolahraga sesungguhnya adalah perkara mudah namun banyak sekali godaan dan hambatannya.

Bila kamu saat ini sedang memulai untuk rutin berolahraga atau baru akan memulai, hendaknya kamu mengetahui beberapa tips penting berikut ini sebagai pondasi utama dalam berolah raga. Dengan begitu kamu akan lebih rutin dan menjadikan olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidupmu. Yuk, simak apa saja itu!

1. Sadari apa tujuanmu berolah raga dan bentuk mindset yang kuat

5 Tips Dasar untuk Kamu yang Ingin Rutin BerolahragaPexels.com/@ketut-subiyanto

Tujuan setiap orang berolahraga sangat beragam, namun pastinya tidak jauh dari keinginan untuk sehat dan ingin menurunkan berat badan atau memiliki bentuk tubuh yang ideal. Apapun tujuannya, semuanya sah-sah saja. 

Namun pastikan kamu sendiri mengetahui apa kebutuhanmu dan kenapa kamu berolah raga. Jika kamu dapat menjawab pertanyaan "apa dan kenapa" dari lubuk hatimu yang terdalam, jawaban inilah yang akan membentuk tekad dan mindset yang kuat untuk terus rutin berolahraga dan menjaga gaya hidup yang lebih sehat. 

Hindari memiliki tujuan olahraga yang hanya ikut-ikutan tren, karena kemungkinan besar itu tidak akan cukup kuat mengubah gaya hidupmu. Hal yang perlu kamu pahami adalah, bahwa menjaga kesehatan dan menjalani gaya hidup sehat adalah pekerjaan seumur hidup. Jadi kamu harus punya dasar mindset kuat untuk berolahraga sebagai pondasi utama. 

2. Buat jadwal olahraga yang cocok dengan kegiatanmu sehari-hari

5 Tips Dasar untuk Kamu yang Ingin Rutin BerolahragaUnsplash.com/@j_ballew

Pada umumnya alasan orang tidak bisa rutin berolahraga adalah karena gagal membentuk kebiasaan, dan paling sering hal ini disebabkan waktu yang bentrok dengan kegiatan sehari-hari. Karena itu kamu harus dapat membuat jadwal yang tepat di mana kamu benar-benar bisa meluangkan waktu untuk fokus berolah raga tanpa terusik dengan kegiatan lainnya.

Idealnya kita sebaiknya dapat berolahraga 3-4 hari dalam sepekan, namun bagi pemula tidak harus langsung melakukan hal itu sekaligus. Kamu bisa memulai membuat jadwal olahraga cukup 2 hari dalam seminggu.

Walau hanya 30 menit saja tidak masalah kok, bagaimanapun juga ini adalah permulaan yang baik untuk memulai sebuah kebiasaan baru. Dimulai dari langkah yang kecil, lalu semakin lama kamu akan mulai mendapatkan momentumnya.

3. Buat target yang realistis dan mudah untuk dicapai, jangan yang membebanimu

5 Tips Dasar untuk Kamu yang Ingin Rutin BerolahragaUnsplash.com/@jonathanborba

Kita sering menganggap olahraga adalah sebuah hukuman, sehingga sering membayangkan betapa berat dan menyakitkannya berolahraga. Padahal berolahraga adalah gaya hidup sekaligus bukti bahwa badan kita memiliki kekuatan dan kemampuan yang luar biasa.

Agar kamu tidak terbebani dengan hal-hal semacam itu, selain memiliki mindset yang kuat sebagai pondasi utama, kamu juga perlu membuat target yang realistis dan mudah dicapai. Terdengar klise, namun pepatah "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" adalah benar adanya. 

Contoh mudahnya seperti ini, jika target kamu adalah menurunkan berat badan sebanyak 20 kg, buatlah itu lebih mudah dicapai dengan mencoba mencapai turun berat badan sebanyak 4 kg terlebih dahulu. Ketika kamu sudah mulai bisa mencapai target kecil itu, lama-lama kamu akan semakin temotivasi dan akan meningkatkan targetmu lagi hingga tercapai total penurunan hingga 20 kg. Dengan begitu kamu tidak akan merasa berat, dan setiap kali kamu berhasil achieve goals maka kamu akan semangat untuk terus berolahraga. 

Baca Juga: Gak Cuma Olahraga, 6 Pekerjaan Rumah Ini Juga Efektif Bakar Kalori

4. Memulai dari gerakan-gerakan dasar untuk memperkuat otot

5 Tips Dasar untuk Kamu yang Ingin Rutin BerolahragaUnsplash.com/@yellowteapot

Saat ini sudah semakin banyak sekali aplikasi dan juga video di YouTube maupun TikTok yang mengajarkan gerakan-gerakan olahraga dasar. Mempraktikkan gerakan dasar ini sangatlah penting bagi kamu yang pemula, karena ototmu harus dilatih terlebih dahulu agar otot semakin kuat dan mengurangi risiko terjadi cedera otot. 

Dengan menguasai gerakan basic yang tepat, setelahnya kamu dapat melakukan banyak gerakan-gerakan variasi yang lebih banyak dan juga lebih berat. Jangan terburu-buru latihan menggunakan alat atau beban yang berat jika kamu belum memperkuat ototmu dengan berlatih gerakan dasar ya, karena dapat mengakibatkan cedera serius. 

5. Jangan lupa istirahat, hindari olahraga yang berlebihan

5 Tips Dasar untuk Kamu yang Ingin Rutin BerolahragaUnsplash.com/@heftiba

Kebanyakan orang mengira bahwa semakin banyak dan sering olahraga maka akan semakin cepat turun berat badan atau terbentuk badan yang ideal. Ini adalah salah satu mindset yang salah. Mungkin bisa saja berat badanmu turun, namun juga bisa kembali ke bentuk semula dalam waktu yang cepat pula. 

Badan dan ototmu juga butuh beristirahat. Jika badanmu terlalu kelelahan, bukannya sehat tapi kamu juga bisa jatuh sakit. Lalu kamu pun akan kehilangan selera untuk berolah raga dan mulai malas lagi untuk berolahraga.

Setidaknya minimal kamu harus benar-benar beristirahat 1 hari dalam seminggu tanpa berolahraga sama sekali. Berlatihlah untuk mengikuti jadwal yang teratur, karena tujuanmu bukan hanya menurunkan berat badan saja namun juga membentuk sebuah gaya hidup yang sehat.

Berolahraga adalah cara kita untuk merayakan atas apa yang bisa tubuh kita lakukan. Bukan sebuah hukuman atau beban sehingga kita justru enggan untuk berolah raga. Demi gaya hidup yang lebih sehat, maka berolahraga secara rutin adalah jalan yang terbaik. Semoga tips di atas bisa membantumu memulai satu langkah kecil yang positif dalam hidupmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gak Cuma Olahraga, 6 Pekerjaan Rumah Ini Juga Efektif Bakar Kalori

Gustavo Kristo Photo Writer Gustavo Kristo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya