Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Work From Home, Biar Gak Overweight!

#IniBaruGokil Biar timbangan badan gak makin ke kanan nih!

Selama pandemik ini hampir semua kegiatan harus kita lakukan di rumah saja. Dari urusan pekerjaan, meeting, hingga olahraga pun harus kita lakukan dari dalam rumah. Karena di rumah saja, mungkin kita jadi merasa ruang gerak jadi terbatas sehingga rasa mager pun sering melanda.

Akibatnya yang paling terasa adalah berat badan yang mulai naik hingga tak terkontrol.

Nah, buat kamu yang mulai panik karena jarum timbangan badan makin ke kanan terus, yuk simak tips menjaga berat badan selama work from home!

1. Menjaga pola makan yang baik dan benar

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Work From Home, Biar Gak Overweight!Menjaga pola makan (unsplash.com/@louishansel)

Selama work from home, kamu perlu menjaga pola makan dengan baik. Perhatikan asupan makananmu dengan lebih banyak mengonsumsi protein daripada karbohidrat yang berlebihan dan makanan yang berlemak. 

Selain itu, jangan sampai skip jam makan karena itu bisa memicu pola makan yang berantakan. Contohnya, ketika kamu skip makan siang, kamu jadi mencari pelarian dengan ngemil snacks dan minum-minuman manis tinggi kalori yang justru dapat memicu naiknya berat badan. 

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik kamu memulai menjaga berat badanmu dengan memperbaiki dan mengatur pola makanmu dengan baik. Atur kembali jadwal makanmu dan perhatikan asupan nutrisi, vitamin dan protein.

2. Kontrol konsumsi karbohidrat dan makanan berkalori tinggi

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Work From Home, Biar Gak Overweight!Makanan berkalori tinggi (Unsplash.com/@enginakyurt)

Karhbohidrat merupakan nutrisi penting yang menjadi sumber energi utama untuk tubuh dan otak. Meski begitu, jika kita terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya maka efeknya juga tidak baik untuk tubuh salah satunya overweight. Nah, problem utama saat work from home adalah kita sering kebablasan saat makan dan nyemil nih. Dan di sinilah petaka biasanya dimulai.

Kamu juga harus memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang tinggi kalori inilah yang justru dapat membuat berat badanmu cepat melonjak tinggi. Kalau kamu tidak makan karbohidrat tapi masih sering nyemil gorengan dan minuman manis yang tinggi gula, sama saja bohong.

Untuk mengontrol konsumsi karbohidrat dan kalori, maka kamu perlu memperhatikan asupan makananmu, ya. Kamu tetap harus mengonsumsi karbohidrat, namun agar terkontrol disarankan kamu mengonsumsi karbohidrat yang juga mengandung banyak nutrisi dan juga karbo kompleks seperti karbohidrat dari biji-bijian seperti gandum, sayuran dan juga buah-buahan.

Dan mulailah untuk mengurangi camilan berkalori tinggi yang mengandung lemak trans dan tinggi gula dan garam. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari yang Menyebabkan Berat Badan Bertambah

3. Menjaga cairan dalam tubuh, jangan sampai kelupaan minum air putih!

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Work From Home, Biar Gak Overweight!Minum air putih (Unsplash.com/@enginakyurt)

Percaya gak kalau air putih itu bisa membuatmu mengurangi berat badan? Air putih itu 100 persen bebas kalori. Jadi sudah dijamin gak bakal menambah menambah lemak di dalam badan. Selain itu air putih secara tidak langsung dapat mencegah berat badan tidak naik karena air putih dapat menekan nafsu makan yang berlebihan. 

Kelebihan berat badan pada dasarnya karena tubuh menyimpan cadangan lemak dari hasil pencernaan karbohidrat dan gula yang berlebihan.

Dilansir Healthline.com, air putih dapat menekan nafsu makan yang berlebihan jika kita meminumnya sebelum makan. Dan akan lebih terasa lagi benefitnya jika kita mengganti minuman dengan air putih, karena air putih akan memangkas kandungan kalori tersbut. 

Jadi jangan sepelekan manfaat dari minum air putih ya. Setidaknya minimal kamu harus minum air putih 1-2 liter perhari, namun itu juga tergantung dari aktivitasmu. Mulai sekarang lebih baik kamu sudah beralih untuk lebih banyak konsumsi air putih daripada minuman manis dan bersoda. Air putih akan sangat bermanfaat bagi tubuh dalam jangka yang panjang. 

4. Jadwalkan olahraga secara rutin di rumah

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Work From Home, Biar Gak Overweight!Nonton YouTube dengan kuota Smartfren Gokil Max (dok. pribadi/Gustavo Kristo)

Bagaimana pun olahraga merupakan aktivitas fisik yang penting dan menyehatkan tubuh. Sayangnya, ketika kita di rumah saja godaan untuk mager selalu lebih besar. Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah walaupun dengan alat seadanya –bahkan tanpa alat. Salah satunya adalah cardio yang bisa membakar hingga 800 kalori serta baik untuk menguatkan otot jantung dan melatih pernafasan. 

Kamu cukup mencari channel YouTube olahraga yang cocok dan mudah diikuti. Dengan mengikuti gerakan cardio simple di YouTube setidaknya seminggu 3 kali, kamu akan merasakan dampaknya bagi tubuh. Namun agar aktivitas olahraga bisa terus rutin, kamu perlu jaringan internet yang lancar nih.

Penulis sendiri cukup rutin melakukan olahraga di rumah dengan menonton channel olahraga di YouTube, mulai dari HIIT cardio hingga gerakan angkat beban. Kendala yang sering dihadapi adalah seringnya buffering karena wifi di rumah sering bapuk, namun sekarang jadi lebih lancar dan gak pernah buffering lagi karena memakai kuota yang besar, jaringannya cepat, stabil dan lancar dari Smartfren Gokil Max. 

Selain itu, harganya pun sangat terjangkau, lho. Mulai dari Rp30.000 saja kita bisa menikmati jaringan internet yang 100 persen 4G. Kuotanya beneran gokil, karena jaringan yang lancar kapanpun dan di manapun. Smartfren Gokil Max beneran segokil itu, karena kamu bakal dapat kuota Nasional yang bisa kamu pakai di mana aja, dan juga kuota lokal yang bikin kamu nyaman internetan di rumah aja. 

Memang #IniBaruGokil, walaupun dipakai untuk nonton YouTube berkali-kali tetap saja lancar dan gak habis-habis. Jadi gak ada alasan lagi deh buat gak olahraga, karena kamu juga bakal dapat akses internet 24 jam sepuasnya dari pagi sampai malam dan bebas untuk semua aplikasi.

Kamu juga bisa coba juga deh pakai kuota Smartfren Gokil Max, supaya jadwal dan program olahragamu juga lancar!

5. Perbaiki pola tidur dan hindari begadang terlalu sering

5 Tips Menjaga Berat Badan Saat Work From Home, Biar Gak Overweight!Ilustrasi tidur (Unsplash.com/@taniamousinho)

Keempat hal di atas juga akan sia-sia jika satu hal ini tidak kamu terapkan. Ya, pola tidur merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan dan berpengaruh terhadap berat badanmu. Banyak tidur tidak akan membuatmu turun berat badan memang, tapi kurang tidur juga akan mengganggu sistem metabolis tubuh yang berakhir pada bertambahnya berat badan.

Dilansir Webmd.com, saat seseorang kekurangan tidur maka tubuh akan mengalami lonjakan produksi hormon kortisol atau yang disebut dengan hormon stres. Lalu hormon ini akan memberikan sinyal pada tubuh agar menghemat energi sehingga kita membuat kita lapar ingin terus makan. 

Setidaknya setiap hari kita harus tidur 7-9 jam setiap malam hingga pagi. Pastikan kamu tidur sesuai dengan jam tidur malam yang tepat ya. Jangan begadang karena bisa merusak jam biologis tubuh. 

Menjaga kelima hal di atas adalah cara paling simpel yang bisa kita lakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal selama pandemi dan work from home. Berat badan yang ideal setiap orangnya tentu berbeda-beda dan tidak selalu harus terlihat langsing.

Namun pastinya, jika kamu punya berat badan yang ideal akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Semoga tips ini bermanfaat untukmu ya!

 

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Oolong untuk Menurunkan Berat Badan, Menyehatkan Pula!

Gustavo Kristo Photo Verified Writer Gustavo Kristo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya