Comscore Tracker

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerja

Manfaatkan meja, kursi, dan lantai!

Duduk atau berdiri lama saat bekerja bisa menurunkan fleksibilitas otot serta meningkatkan risiko mengalami sakit punggung dan pegal-pegal. Bahkan, cedera saat beraktivitas pun akan lebih rentan dialami jika kamu jarang atau tidak pernah melakukan peregangan atau stretching.

Supaya itu tak sampai terjadi, kamu harus menyempatkan diri untuk melakukan di sela waktu kerja. Tidak sulit, berikut ini beberapa gerakan sederhana peregangan yang bisa kamu lakukan secara rutin beberapa kali dalam sehari.

1. Miringkan kepala ke kiri dan ke kanan serta ke atas dan ke bawah untuk melemaskan otot leher agar tidak tegang 

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan di tempat kekrja (adventhealth.com)

2. Kaitkan jari-jari di kedua tangan sambil luruskan tangan ke depan. Gerakan ini dapat menghilangkan kekakuan pada jari-jari tangan 

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan saat bekerja (freepik.com/freepik)

Baca Juga: 7 Manfaat Stretching atau Peregangan bagi Kesehatan, Lakukan Rutin yuk

3. Angkat tangan ke atas dengan sedikit gerakan miring ke kiri dan kanan untuk melemaskan otot-otot pada punggung dan bahu 

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan saat bekerja (kintec.net)

4. Pindahkan posisi tangan ke tengkuk atau belakang kepala sambil menunduk. Gerakan ini dapat membantu mencegah atau mengurangi sakit kepala 

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi melakukan peregangan saat sedang bekerja (healthline.com)

5. Sejajarkan kedua tangan di udara sambil bersandar, kemudian buka dan rentangkan tangan secara perlahan hingga ke bawah

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan di saat bekerja (kitchenheat.ca)

6. Gerakkan tangan melintang di depan dada secara bergantian. Gunakan bantuan tangan lainnya untuk memberi tekanan agar lebih maksimal 

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan saat bekerja (onsitesafety.com)

7. Luruskan kaki dengan berdiri, kemudian lipat kaki ke belakang secara bergantian dengan bantuan tangan 

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan di tempat kerja (stretchaffect.com)

8. Gunakan bantuan meja atau kursi untuk melakukan peregangan pada kaki satu per satu, seperti gambar di bawah ini

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan di tempat kerja (westend61.de)

9. Saat bekerja di rumah, kamu bisa duduk di lantai untuk beberapa saat sambil meluruskan kaki. Dengan begini, kamu tetap bisa bekerja sekaligus meregangkan otot kaki dan punggung 

9 Gerakan Peregangan yang Bisa Kamu Praktikkan di Sela Waktu Kerjailustrasi peregangan saat sedang bekerja (pexels.com/Ketut Subianto)

Itulah beberapa gerakan peregangan yang mudah dan bisa kamu lakukan saat bekerja, baik bekerja di kantor maupun bekerja dari rumah. Jangan malas untuk meluangkan waktumu dan jadikan ini aktivitas fisik rutin agar otot-otot tubuh tidak kaku, serta badan tetap nyaman dan sehat.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 10 Risiko Kesehatan Jadi Pekerja Kantoran

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R F

Berita Terkini Lainnya