Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu sebelum Melakukan Salt Exfoliating 

Kalau sembarangan malah bisa bikin kulit iritasi

Sudah bukan rahasia lagi kalau eksfoliasi adalah proses penting dalam merawat kecantikan kulit. Proses ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit jadi tampak lebih cerah, lembut, dan halus.

Umumnya, orang akan memilih produk yang banyak dijual di pasaran untuk tujuan eksfoliasi. Namun, banyak juga yang lebih senang menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah garam.

Ya, garam ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan tekstur kasar yang mengandung banyak mineral membuat garam cocok digunakan sebagai alternatif alami untuk eksfoliasi kulit.

Tertarik untuk mencobanya? Boleh saja! Namun, sebelum melakukan atau mencoba eksfoliasi, pastikan untuk mengetahui beberapa hal ini dulu, ya!

1. Ada banyak jenis garam yang bagus untuk eksfoliasi 

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu sebelum Melakukan Salt Exfoliating ilustrasi garam untuk eksfoliasi (freepik.com/freepik)

Sebenarnya kamu bisa menggunakan garam apa saja untuk eksfoliasi, termasuk garam meja atau garam dapur yang biasa dijadikan bumbu masak. Akan tetapi, sebelum menggunakannya, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa jenis garam lain sebagai bahan perawatan kulitmu.

Untuk merawat kulit, terdapat beragam jenis garam dengan warna, tekstur, dan kombinasi mineral yang berbeda-beda. Beberapa jenis yang umum digunakan yaitu garam laut, garam Epsom, dan garam Himalaya.

Ketiga jenis garam tersebut lebih bagus digunakan sebagai perawatan kulit daripada garam meja. Ini karena ketiganya memiliki kandungan mineral yang jauh lebih lengkap, sehingga manfaatnya pun lebih banyak. Namun, sebagai substansi yang mengandung mineral, semua jenisnya tetap bisa, kok, untuk membantu mengatasi kulit kusam dan menghaluskan kulit.

2. Tidak dianjurkan untuk eksfoliasi kulit wajah 

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu sebelum Melakukan Salt Exfoliating ilustrasi eksfoliasi dengan garam di wajah (freepik.com/wayhomestudio)

Jika kamu berencana untuk melakukan eksoliasi kulit wajah dengan garam, lebih baik pikirkan ulang. Kebanyakan jenis garam memiliki tekstur kristal kasar yang membuatnya kurang cocok untuk digosokkan ke kulit wajah. Terlebih lagi, kulit wajah juga jauh lebih tipis dan sensitif, sehingga membuatnya lebih rentan mengalami iritasi.

Sebaiknya gunakan garam untuk mengeksfoliasi kulit tubuh saja, terutama fokuskan pada bagian-bagian yang kasar seperti tumit, siku, dan lutut. Bila tetap ingin mengaplikasikannya ke wajah, pilih jenis garam yang sesuai agar tidak melukai kulit.

Baca Juga: Tambah Pede! Ini 10 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit dan Rambut

3. Kandungan mineralnya bisa mengatasi inflamasi dan kulit berjerawat 

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu sebelum Melakukan Salt Exfoliating ilustrasi perawatan spa dengan scrub garam (freepik.com/gpointstudio)

Garam memiliki kandungan magnesium yang bagus bagi kesehatan, salah satunya sebagai anti inflamasi. Namun, dilansir Courtney Medical Group, untuk mengatasi kulit yang telah mengalami inflamasi, sebaiknya gunakan garam sebagai larutan untuk berendam, bukan sebagai scrub.

Setidaknya, berendam di air hangat dengan campuran garam yang mengandung banyak mineral selama 20 menit dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit, pembengkakan, hingga peradangan atau inflamasi.

Kandungan mineral pada garam yang digunakan untuk eksfoliasi bisa bermanfaat dalam membantu proses regenerasi dan perbaikan tekstur kulit, termasuk menyingkirkan toksin dan juga bakteri. Selain itu, jerawat yang biasanya muncul di punggung juga akan berkurang dan membuat penampakan kulit menjadi lebih baik.

4. Bisa menjadi penyebab iritasi 

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu sebelum Melakukan Salt Exfoliating freepik.com/karlyukav

Meski memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan kulit, penggunaan garam sebagai eksfoliator tetap harus diperhatikan intensitasnya, ya. Dilansir The Times of India, kita direkomendasikan untuk melakukan salt exfoliating hanya satu kali seminggu untuk menghindari terkikisnya lapisan kulit yang dapat menyebabkan peradangan.

Hal tersebut juga berlaku, terutama, bagi pemilik kulit sensitif. Ini karena tidak semua jenis garam aman untuk diaplikasikan pada kulit sensitif, sehingga perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan.

Selain itu, durasi dalam melakukan salt exfoliating juga perlu diperhatikan. Bila melakukannya terlalu lama, malah itu akan membuat kulitmu kering. Dilansir Healthline, melakukan scrub atau menggosok tubuh saat eksfoliasi sebaiknya tidak lebih dari 30 detik, setelah itu langsung bilas dengan air hangat.

5. Tambahan essential oil bisa menambah efek relaksasi dan meredakan stres

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu sebelum Melakukan Salt Exfoliating garam dan minyak esensial untuk perawatan kulit (freepik.com/jcomp)

Sudah tak diragukan lagi kalau aroma dan kandungan essential oil bisa membuatmu jadi lebih relaks. Untuk mendapat manfaat lebih dari salt exfoliating, kamu bisa menambahkan beberapa takaran coconut oil dan essential oil ke dalam scrub yang akan digunakan. Pilihlah jenis essential oil kesukaanmu dan pastikan aman digunakan untuk kulit.

Jadi, perhatikan hal-hal di atas sebelum mencoba atau melakukan salt exfoliating, ya. Selain itu, kenali dulu jenis kulitmu agar bisa menentukan perawatan yang sesuai. Selamat mencoba!

Baca Juga: Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun Pepaya

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya