Comscore Tracker

5 Makanan yang Tinggi Lemak tapi Baik untuk Kesehatan 

Cocok juga bagi yang ingin menaikkan berat badan

Makanan tinggi lemak sering diasosiasikan sebagai penyebab kolesterol tinggi. Kandungan lemak yang tinggi pada makanan bisa menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Namun, ternyata ada juga, lo, makanan berlemak yang justru menyehatkan. 

Tak hanya bagus untuk diet karena mengenyangkan, tetapi makanan berlemak juga bisa membantu untuk menaikkan berat badan bagi kamu yang ingin gemuk. Penasaran? Berikut daftarnya.

1. Alpukat 

5 Makanan yang Tinggi Lemak tapi Baik untuk Kesehatan Ilustrasi buah alpukat. pexels.com/Daria Shevtsova

Alpukat adalah buah yang sangat kaya dengan kandungan serat, karbohidrat, kalori dan lemak. Dilansir Nutrition Data, dalam 100 gram buah alpukat mengandung 160 kalori, 8,5 gram karbohidrat, 14,7 gram lemak, dan 6,7 gram lemak, sehingga hanya dengan mengonsumsi 1 buah alpukat saja sudah bisa membuatmu kenyang.

Biasanya alpukat dijadikan alternatif untuk diet. Namun, mengimbangi konsumsi makan berat dengan buah alpukat setiap hari dapat membantu menaikkan berat badan. Di samping itu, kandungan nutrisi dalam alpukat juga cukup lengkap, sehingga bagus untuk kesehatan.

2. Kacang-kacangan 

5 Makanan yang Tinggi Lemak tapi Baik untuk Kesehatan Ilustrasi kacang-kacangan. freepik.com/KamranAydinov

Memilih kacang-kacangan sebagai camilan adalah pilihan yang tepat! Meski dikenal tinggi kalori, tetapi kacang-kacangan dilengkapi nutrisi yang menyehatkan. Sebanyak 100 gram kacang tanah mengandung 49,2 g lemak, 8,5 g serat, 8,3 mg vitamin E, 92 mg kalsium, 705 mg potasium, dan masih banyak kandungan lainnya.

Dilansir Mayo Clinic, konsumsi makanan sehat termasuk kacang dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi inflamasi yang berkaitan dengan jantung, serta mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah yang bisa memicu serangan jantung dan kematian.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Mudah

3. Keju 

5 Makanan yang Tinggi Lemak tapi Baik untuk Kesehatan Ilustrasi keju. freepik.com/freepik

Keju dikenal sebagai produk olahan susu yang memiliki banyak kalori dan dapat menyebabkan berat badan naik. Sebanyak 100 gram keju mengandung hingga 403 kalori dan 33,1 gram lemak. Meski demikian, keju juga merupakan salah satu sumber protein, kalsium, vitamin, dan lemak yang baik, lo!

Keju yang dibuat dari 100 persen susu hewan diketahui kaya akan nutrisi serta mengandung omega-3 dan vitamik K yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, bila kamu punya intoleransi laktosa, baiknya batasi konsumsi keju dan produk olahan susu lainnya, ya. 

4. Ikan salmon 

5 Makanan yang Tinggi Lemak tapi Baik untuk Kesehatan Ilustrasi sushi salmon. pexels.com/Isabella Mendes

Setengah potong ikan salmon setidaknya mengandung 238 kalori dan 7,5 gram lemak, sehingga bisa menambah asupan energi dalam tubuh. Mengonsumsi ikan laut ini juga bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh karena adanya kandungan protein yang tinggi, vitamin A, dan vitamin D.

Selain itu, ikan salmon juga tinggi akan omega3. Menurut laporan dalam jurnal European Neuropsychopharmacology, omega-3 mampu memperbaiki penyakit jangka pendek serta dapat ditoleransi dengan baik oleh orang-orang dengan depresi. 

5. Telur 

5 Makanan yang Tinggi Lemak tapi Baik untuk Kesehatan Ilustrasi telur. pexels.com/Daniel Reche

Dalam sebutir telur mengandung cukup banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Meski juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi pada bagian kuningnya, tetapi telur utuh tetap bagus untuk dikonsumsi.

Laporan dalam jurnal Biology and Nutrition melaporkan bahwa sebagian orang mendapat efek menguntungkan dengan mengonsumsi telur dalam pola makan rutinnya dan tidak memiliki risiko penyakit jantung meski meningkatkan kolesterol saat memakannya.

Walaupun memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, tetapi jenis lemaknya menyehatkan beserta nutrisi lain yang dimilikinya. Mana, nih, yang merupakan favoritmu?

Baca Juga: Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan

Halifa Ghaisani Photo Writer Halifa Ghaisani

Simply human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya