Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Perubahan Iklim, Yuk Terapkan

Salah satunya adalah mengonsumsi air putih 

Perubahan iklim merupakan kondisi nyata dari pemanasan global yang telah terjadi secara bertahap selama berpuluh-puluh tahun. Seiring berkembangnya zaman, emisi yang dilepaskan ke lingkungan semakin meningkat, sehingga perubahan ini pun terjadi kian cepat dan sulit dihindari.

Selain cuaca, dampak perubahan iklim juga meliputi peningkatan kadar polusi, penipisan lapisan ozon, tingginya intensitas banjir dan kelembapan, serta bertambahnya kadar polen di udara. Untuk menghindari dampak tersebut di tengah perubahan iklim yang sedang terjadi, kulit memerlukan perhatian khusus. Jenis kulit yang berbeda tentunya memerlukan perawatan yang berbeda pula.

Akan tetapi, secara umum, ada cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaganya supaya tetap sehat. Berikut 5 tips yang telah dirangkum dari Healthline dan Medical News Today.

1. Sebisa mungkin hindari berada di bawah sinar matahari ketika cuaca terik

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Perubahan Iklim, Yuk Terapkanilustrasi perempuan terkena sinar matahari (freepik.com/freepik)

Peningkatan suhu yang belakangan kamu rasakan disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena menipisnya lapisan ozon. Hal ini membuat intensitas cahaya matahari yang mengenai permukaan bumi menjadi lebih tinggi.

Nah, bahayanya, suhu panas yang dihasilkan matahari mengandung ultraviolet. Kandungan tersebut bisa menyebabkan munculnya masalah kulit, dan memicu kanker..

Untuk itu, sebisa mungkin kamu perlu menghindari berada di luar ruangan terlalu lama ketika cuaca sedang terik. Namun, apabila terpaksa berpanas-panasan, jangan lupa untuk tetap melakukan upaya lain guna mengurangi dampak dari paparan sinar matahari.

2. Kenakan pakaian tertutup

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Perubahan Iklim, Yuk Terapkanilustrasi perempuan mengenakan pakaian berlengan panjang (freepik.com/cookie_studio)

Beraktivitas di luar ruangan, terutama di tengah cuaca panas dan udara yang kotor, bisa sebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Sebagai solusi, sangat dianjurkan untuk mengenakan pelindung berupa baju dan celana panjang yang tertutup, serta topi.

Upaya ini berguna untuk mencegah kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Namun, perlu diingat bahwa sebenarnya mengenakan pakaian saja tidak bisa sepenuhnya menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari ancaman radiasi ultraviolet.

Oleh karena itu, diperlukan upaya tambahan supaya kulit lebih terlindungi. Salah satunya dengan menggunakan sunscreen ketika keluar rumah.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Wajah Setelah Kepanasan dan Berkeringat Seharian 

3. Selalu gunakan sunscreen

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Perubahan Iklim, Yuk Terapkanilustrasi menjaka kesehatan kulit (freepik.com/Racool_studio)

Sunscreen bekerja sebagai penghalang antara kulit dan sinar matahari. Meskipun cuaca sedang berawan, mengaplikasikan sunscreen juga dianjurkan supaya kulit mendapat perlindungan ekstra.

Sun Protector Factor atau SPF yang merupakan kandungan utama pada sunscreen memiliki kemampuan proteksi yang baik bagi kulit. Semakin tinggi angka SPF-nya, maka semakin besar puladaya perlindungannya.

Sebagai acuan, aplikasikan sunscreen dengan kandungan SPF 30 sebagai penggunaan harian. Namun apabila harus berada di luar ruangan dalam waktu yang lama, sebaiknya pilih produk dengan kandungan SPF 60 atau yang lebih tinggi lagi.

4. Banyak minum air putih

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Perubahan Iklim, Yuk Terapkanilustrasi minum air putih (freepik.com/artursafronovvvv)

Sudah bukan rahasia lagi kalau fleksibilitas dan kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh kadar hidrasi yang kamu miliki. Di tengah perubahan iklim yang tidak menentu, fleksibilitas ini bisa menurun akibat tubuh yang kehilangan banyak cairan.

Kalau sudah begini, penuaan kulit pun akan lebih cepat terjadi. Maka dari itu, minum banyak air putih menjadi cara paling efektif untuk menjaga hidrasi dan kesehatan kulit dari dalam.

5. Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Perubahan Iklim, Yuk Terapkanilustrasi makan pisang (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Antioksidan dikenal sebagai senyawa yang memiliki fungsi utama dalam melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Secara spesifik, kandungan ini meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin E, beta-karoten, likopen, dan masih banyak lagi.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan, kesehatan tubuh dan kulit bisa semakin terjaga. Berikut beberapa sumber antioksidan alami yang mudah kamu temui, yakni produk olahan susu, telur dan hati, buah-buahan, terutama buah beri dan jeruk, kacang dan biji-bijian, serta sayur dan buah berwarna cerah, seperti wortel, tomat, mangga, juga bayam.

Menjaga kesehatan tubuh dan kulit di tengah perubahan iklim tidak kalah pentingnya dari menjaga lingkungan di sekitar. Dalam hal ini, melakukan perlindungan dari luar dan dalam seperti yang telah diulas sebelumnya menjadi langkah utama yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Merawat Kulit yang Terkena Sunburn, Mudah Banget!

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya