Comscore Tracker

5 Gejala Penyakit Ginjal yang Tidak Bisa Diabaikan

Mudah lelah juga salah satunya!

Kebanyakan orang tidak menyadari fakta bahwa penyakit ginjal bisa menjadi pembunuh yang mematikan. Awalnya, mereka yang terjangkit penyakit mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun untuk waktu yang lama sampai situasinya menjadi parah atau kritis, inilah alasan penting untuk mengenali gejala penyakit ginjal sejak dini.

Berikut adalah daftar delapan gejala-gejalanya yang harus kamu perhatikan!

1. Berubahnya fungsi saluran kencing

5 Gejala Penyakit Ginjal yang Tidak Bisa Diabaikanpixabay.com/id/users/freetousesounds

Gejala pertama penyakit ginjal adalah perubahan jumlah, dan frekuensi normal buang air kecil yang di miliki. peningkatan atau penurunan jumlah frekuensi biasanya terjadi di malam hari. Urin yang di hasilkan pun mungkin juga terlihat lebih berwarna gelap. Hal berat lainnya yang bisa di alami adalah kamu mungkin merasakan keinginan untuk buang air kecil tetapi tidak dapat melakukannya ketika kamu sudah sampai ke kamar kecil.

2. Rasa kelelahan Ekstrim

5 Gejala Penyakit Ginjal yang Tidak Bisa Diabaikanunsplash.com/@a_d_s_w

Ginjal menghasilkan hormon yang disebut erythropoietin yang membantu membuat sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen.bagi mereka yang terjangjit penyakit ginjal, kadar erythropoietin berubah menjadi lebih rendah, hingga menyebabkan penurunan sel darah merah dalam tubuh lalu mengakibatkan anemia. Adanya penurunan pengiriman oksigen ke sel-sel inilah yang akhirnya menyebabkan mudahnya tubuh merasakan rasa lemah dan kelelahan yang ekstrem.

3. Mudah mual dan muntah

5 Gejala Penyakit Ginjal yang Tidak Bisa Diabaikanunsplash.com/@candidbcolette

Penumpukan produksi limbah yang ada dalam darah pada mereka yang memiliki penyakit ginjal juga dapat menyebabkan mudahnya mengalami mual dan muntah yang berkepanjangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Pakis Hijau, Anti Diabetes Hingga Ginjal!

4. Sesak nafas

5 Gejala Penyakit Ginjal yang Tidak Bisa Diabaikanpexels.com/@pixabay

Penyakit ginjal menyebabkan cairan yang ada dalam tubuh menumpuk di dalam paru-paru. Dan, gejala seperti anemia, atau efek samping umum dari penyakit ginjal, membuat tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Itulah faktor-faktor alasan dari sulitnya bernapas dari mereka yang memilki penyakit ginjal.

5. Nyeri di bagian belakang punggung atau pinggang sisi

5 Gejala Penyakit Ginjal yang Tidak Bisa Diabaikanpixabay.com/id/users/whitesession

Beberapa kasus penyakit ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang beragam. Kamu mungkin merasakan sakit kram parah yang menyebar dari punggung bawah ke pangkal paha jika ada batu ginjal yang berada di ureter.

Nyeri juga berhubungan dengan penyakit ginjal polikistik, kelainan ginjal bawaan, yang menyebabkan banyak kista berisi cairan di ginjal. Sistitis interstitial, peradangan kronis pada dinding kandung kemih, menyebabkan nyeri kronis dan ketidaknyamanan.

Penting untuk mengidentifikasi penyakit ginjal sejak dini karena dalam kebanyakan kasus kerusakan pada ginjal tidak dapat diatasi.

Untuk mengurangi kemungkinan kamu mendapatkan masalah ginjal yang parah, temui dokter segera. Jika ketahuan gejala di atas lebih dini, penyakit ginjal bisa diobati dengan segera.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bantu Ginjalmu Agar Tetap Sehat

Hanan imtinani Fathiyah Photo Verified Writer Hanan imtinani Fathiyah

Read for lifes

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya