Comscore Tracker

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!

Ga cuma sembelit dan diare!

Usus adalah seluruh saluran pencernaan yang mengalir dari kerongkongan ke rektum. Namun, usus bekerja lebih dari sekadar menerima makanan dan mengeluarkan makanan. Kamu mungkin berpikir bahwa tanda-tanda usus yang tidak sehat akan terlihat jelas. Tentu saja, gejala-gejala seperti gangguan pencernaan, masalah buang air besar, dan sakit perut dapat menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak sehat dalam usus kamu.

Namun, tanda-tanda peringatan fisik, emosional dan mental lainnya dapat menandakan bahwa usus kamu membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang serius.

1. Stress, cemas dan depresi

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!pexels.com/id-id/@david-garrison

Lapisan usus di isi dengan saraf yang mengandung jaringan yang sama dengan otak. Saraf ini selalu berkomunikasi dengan otak. Usus juga melepaskan neurotransmitter yang tak lain adalah perasaan-baik yang sama seperti rasa bertanggung jawab untuk membuat hati kamu merasa baik. Jika bakteri usus kamu seimbang, kamu juga akan cenderung merasa seimbang secara mental.

2. Kamu mudah sakit

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!Alodokter.com

Mikrobioma yang sehat, keseimbangan bakteri dalam ususmu, menghasilkan lendir sehat yang memerangkap bakteri, virus, dan racun yang tidak diinginkan dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Lendir yang sehat juga memungkinkan tubuh kamu menyerap vitamin dan mineral yang tepat untuk membantu mendukung kekebalan tubuhmu. Jika usus kamu tidak sehat, tebal, memiliki lendir yang berbahaya dapat membantu kuman yang salah berkembang dalam tubuh kamu, hingga membatasi kemampuan tubuh untuk menggunakan vitamin dan nutrisi dengan benar, yang mengarah pada apa yang mungkin tampak mengarah seperti mudah terserang penyakit terus-menerus.

3. Kulit bermasalah

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!Healthline.com

Apakah kamu memiliki jerawat yang berkepanjangan, rosakea, eksim, ketombe atau gatal, kulit yang bersisik, bahkan rutinitas perawatan kulit yang paling intensif sekalipun tidak dapat memperbaiki masalah tersebut?

Itu karena masalah kulit kamu mungkin berasal dari usus mu. Ahli kulit, merujuk pada sumbu usus-otak-kulit yang menjelaskan bagaimana kesehatan usus mempengaruhi peradangan di seluruh tubuh, yang akhirnya pada gilirannya dapat mempengaruhi kulit .

4. Berat badan bermasalah

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!medicalnewstoday.com

Jika kamu kesulitan menurunkan berat badan, apa pun yang kamu lakukan, itu mungkin disebabkan oleh usus yang tidak sehat.

Berita buruknya adalah orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki keseimbangan bakteri usus yang berbeda dengan orang yang berat badannya sehat. Keseimbangan mikroba yang kamu miliki sejak lahir, dapat mengatur berat badan sepanjang hidup kamu.

Berita baiknya adalah bahwa ketika orang yang kelebihan berat badan menurunkan berat badan, usus mereka menjadi lebih seimbang. Mengonsumsi suplemen probiotik juga terbukti membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Usus Buntu, Benarkah Gak Ada Gunanya?

5. Memiliki penyakit autoimun

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!Healthline.com

Kesehatan usus telah dikaitkan dengan penyakit autoimun. Meskipun para ahli tidak yakin apa yang menyebabkan penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, penyakit Crohn, dan lupus, mereka tahu bahwa itu terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehatnya sendiri.

6. Kekurangan energi

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!m.klikdokter.com

Jika kamu merasa sulit untuk mengeruk energi apa pun bahkan ketika kamu sudah cukup tidur, mungkin inilah tanda kamu memiliki usus yang tidak sehat.

Keseimbangan bakteri yang tidak sehat dalam usus dapat mencegah tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkan dari makanan, membuat tubuh menjadi mudah lelah sepanjang waktu. Usus yang tidak sehat juga bisa permeabel, artinya ia bisa mengeluarkan racun melalui dinding usus. Bahan kimia tidak sehat ini juga dapat memengaruhi tingkat energi dalam tubuhmu.

7. Memiliki kolesterol tinggi dan trigliserida

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!Avocadu.com

Di lansir dalam artikel LiveScience menjelaskan bahwa mikroba usus dapat memengaruhi kesehatan jantung kamu. Ada 34 mikroorganisme di saluran pencernaan yang dapat memengaruhi kadar lemak dalam darahmu. Para peneliti juga mulai menemukan hubungan antara HDL, kolesterol "baik", dan keanekaragaman hayati bakteri usus yang lebih tinggi.

8. Asma

Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!Hellosehat.com

Jika kamu menderita asma, itu mungkin disebabkan oleh keseimbangan bakteri yang kamu miliki di usus mu sekitar waktu kelahiran. Menurut artikel Times, Hyman menjelaskan bahwa menyeimbangkan usus dalam tubuh dapat membantu memperbaiki gejala asma.

Waspadai gejala-gejala di atas kalau menyerangmu, segera periksakanlah kesehatan ususmu ke dokter.

Baca Juga: 7 Tanda Ususmu Penuh Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!

Hanan imtinani Fathiyah Photo Verified Writer Hanan imtinani Fathiyah

Read for lifes

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya