Comscore Tracker

Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut 

Satu solusi untuk berbagai perawatan tubuh!

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang dikenal mempunyai berbagai manfaat luar biasa. Tidak heran jika banyak produk kosmetik yang menggunakan tanaman lidah buaya sebagai bahan dasarnya.

Di antara khasiat yang dimiliki, lidah buaya dapat digunakan untuk perawatan dan mengatasi berbagai permasalahan kulit dan rambut. Permasalahan kulit dan rambut apa saja yang bisa diatasi dengan lidah buaya? Berikut ini tujuh di antaranya. 

1. Kulit kering dan pecah-pecah

Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut freepik.com/schantalao

Kulit yang cenderung kering lebih rentan mengalami permasalahan lain seperti kulit kasar, gatal, hingga pecah-pacah yang biasanya terjadi di bagian tungkai kaki. Melansir Harvard Health Publishing, kondisi ini dapat terjadi akibat dari berbagai faktor seperti cuaca, penggunaan sabun berlebihan, faktor genetik, atau adanya penyakit tertentu.

Kulit kering dapat diatasi dengan Aloe vera yang berfungsi meningkatkan kelembapan sel-sel kulit. Selain kaya akan air, kandungan antibakterinya juga dapat mencegah kulit kering dan pecah-pecah terhindar dari infeksi. Selain itu, lidah buaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen.

Untuk menggunakannya, oleskan gel lidah buaya di bagian kulit yang kering atau pecah-pecah. Jika kondisi tersebut terjadi di tungkai, pakai kaus kaki setelah mengoleskannya dan biarkan semalaman. Hasil yang maksimal bisa dirasakan jika kamu rutin mengaplikasikannya setiap malam.

2. Perawatan alami untuk kulit berjerawat 

Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut freepik.com/wayhomestudio

Melansir Healthline, jerawat dapat muncul karena beberapa hal, seperti bakteri, aktivitas hormon, kulit mati, dan produksi minyak berlebih. Jerawat yang cenderung terasa sakit menandakan mengalami infeksi oleh karena aktivitas bakteri. Jerawat jenis ini dapat diatasi secara alami dengan gel aloe vera  yang mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi.

Menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat caranya cukup sederhana. Gel atau bagian daging lidah buaya bisa diaplikasikan langsung di bagian kulit yang berjerawat atau dioleskan langsung ke kulit wajah sebagai masker.

Baca Juga: Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

3. Mengatasi rambut berketombe

Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut nhs.uk

Jika dibiarkan berlarut-larut, ketombe bisa menyebabkan masalah lainnya seperti gatal-gatal di kulit kepala hingga rambut rontok. Melansir WebMD, masalah ini terjadi akibat sel kulit kepala yang terlalu cepat berganti.

Kondisi tersebut bisa dipicu berbagai sebab, salah satunya dermatitis seboroik. Menurut sebuah laporan dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, Aloe vera mempunyai kandungan yang efektif menjaga kulit kepala dari dermatitis seboroik.

Mengutip Healthline, untuk mengatasi ketombe, kamu dapat mengaplikasikan jus Aloe vera ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu, cuci bersih dengan sampo. Gunakan lidah buaya 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Meringankan kulit terbakar sinar matahari

Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut pexels/Alexander Stemplewski

Kondisi ini pasti akrab didengar kamu orang lapangan yang sering beraktivitas di luar ruangan. Kulit terbakar matahari atau sunburn dapat terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih, terutama sinar ultraviolet (UV). 

Tingkat keparahan sunburn tergantung dari lama paparan dan jenis kulit. Jenis kulit tertentu lebih tahan terhadap paparan sinar UV daripada jenis kulit lainnya. Meski demikian, sunburn dapat terjadi pada semua jenis kulit dan dapat memicu masalah kulit lainnya hingga kanker kulit. Tandanya mulai dari warna kulit yang berubah, kemerahan, hingga melepuh. 

Untuk sunburn ringan hingga sedang, penggunaan Aloe vera cukup efektif untuk mengembalikan kondisi kulit seperti semula. Tanaman yang mempunyai sebutan "burn plant" ini mempunyai kandungan asam amino, antibakteri, dan pemicu kolagen yang membantu kulit lebih "tenang" dan meringankan gejala.

Aloe vera dapat diaplikasikan langsung ke area yang mengalami sunburn. Sebelum digunakan, aloe vera sebaiknya didingankan terlebih dahulu.

5. Perawatan agar rambut kuat dan tebal

Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut freepik/diana.grytsku

Rambutmu tipis dan mudah rontok? Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keturunan, stres, penyakit tertentu, efek samping pengobatan, dan lain sebagainya. Jika dibiarkan, kerontokan rambut dapat memicu terjadinya kebotakan. Untuk menghindarinya, struktur rambut perlu dikuatkan.

Lidah buaya, selain dapat menguatkan struktur rambut, juga menstimulasi pertumbuhannya. Melansir Healthline, ini berkat kandungan nutrisi berupa vitamin A, C, E, B1, dan mineral dalam lidah buaya yang mampu meningkatkan efektivitas pergantian sel kulit kepala dan menjadikan rambut lebih sehat, kuat, dan berkilau. 

Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan pelepah atau gel aloe vera ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 1 jam sebelum kemudian dibilas dengan sampo.

6. Mengurangi kerutan di kulit wajah

Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut freepik.com/tirachardz

Kerutan di kulit memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, kondisi ini dianggap menjadi masalah ketika muncul terlalu dini. Tak ada, kan, yang ingin tampil lebih tua dibanding usia aslinya?

Kerutan wajah yang mucul dapat dipicu beberapa hal, seperti paparan sinar UV, merokok, kondisi kulit yang kering, dan faktor keturunan.

Penampakan kerutan di kulit dapat dikurangi dengan dengan menggunakan gel atau bagian daging lidah buaya. Melansir Healthline, kandungan bernama sterol dalam lidah buaya mampu meningkatkan produksi asam hialuronat dan kolagen. Nutrisi tersebut berperan menjaga kelembapan di kulit dan meningkatkan tekstur kulit yang sehat.

Dalam sebuah penelitian, berkurangnya kerutan terbukti melalui konsumsi lidah buaya sebagai suplemen makanan selama 8 minggu.

Itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk perawatan kulit dan rambut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Lakukan secara rutin dan rasakan sendiri manfaatnya!

Baca Juga: Awet Muda, Ini 7 Latihan Efektif untuk Mengurangi Kerutan di Wajah

Hanifah Nd Photo Verified Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R F

Berita Terkini Lainnya