Comscore Tracker

5 Minuman yang Mampu Menetralkan Kadar Asam Lambung Saat Puasa

#RamadanMasaKini biar puasa tetap sehat

Puasa emang udah terbukti baik untuk kesehatan kita. Akan tetapi, bagi orang yang punya penyakit maag punya tantangan sendiri ini dalam berpuasa. Apalagi awal puasa, biasanya asam lambung pun bisa naik secara tiba-tiba dan membuat perut merasa tidak nyaman. Biar puasa tetap sehat dan lancar, berikut ini lima minuman yang bakal bisa menurunkan kadar asam lambung saat puasa.

1. Susu rendah lemak

5 Minuman yang Mampu Menetralkan Kadar Asam Lambung Saat Puasastock.adobe.com/DONOT6_STUDIO

Susu dengan kadar lemak rendah akan mudah dicerna lambung sehingga tidak membuat asam lambung tinggi. Serta memiliki berbagai zat baik seperti protein, antioksidan dan lain sebagainya, sehingga sangat disarankan dikonsumsi bagi penderita maag apalagi saat puasa. Dengan meminum segelas susu rendah saat sahur akan meminimalisir gejala naiknya asam lambung saat puasa.

2. Jus buah

5 Minuman yang Mampu Menetralkan Kadar Asam Lambung Saat Puasapixabay.com/ExplorerBob

Beberapa jus buah yang bisa menurunkan kadar asam lambung. Pilihlah jus buah yang memiliki kadar asam yang rendah, seperti jus pisang, semangka, mentimun dan lain sebagainya. Sebab kalo kamu meminum jus buah yang kadar asamnya tinggi, asam lambung kamu bakalan tambah naik. Perutmu pun semakin tambah gak nyaman.

3. Air kelapa muda

5 Minuman yang Mampu Menetralkan Kadar Asam Lambung Saat Puasashutterstock.com/HereAsia

Selain menyegarkan, air kelapa muda punya khasiat untuk menurunkan kadar asam lambung. Saat kamu merasa mual akibat kadar asam lambung kamu naik, coba deh minum air kelapa tanpa es ya. Soalnya air kelapa muda mengandung kalium bersifat basa, sehingga bisa menetralkan pH lambung yang asam. Kamu bakalan bisa berpuasa dengan perut yang nyaman.

Baca Juga: 9 Penyebab Asam Lambung, Ketahui Solusinya supaya Puasamu Tetap Lancar

4. Teh jahe hangat

5 Minuman yang Mampu Menetralkan Kadar Asam Lambung Saat Puasashutterstock.com/HandmadePictures

Kamu bisa membuat minuman dari jahe seperti teh dengan mencampurkan air panas dengan irisan jahe. Jahe emang memiliki berbagai kandungan baik seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin C. Selain itu, jahe juga memiliki sifat gastroprotektif yang mampu menekan kadar asam lambung agar gak naik. Gak cuma itu, jahe juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri  jahat bernama helicobacter pylori  yang sering menyerang dan merusak lambung bahkan membuat infeksi pada lambung.

5. Teh herbal

5 Minuman yang Mampu Menetralkan Kadar Asam Lambung Saat Puasashutterstock.com/ViblyPhoto

Kamu bisa memilih teh herbal dari kayu manis, bunga chamomile, ataupun daun mint. Hal ini dikarenakan teh dari bahan-bahan tersebut memiliki antioksidan yang kadarnya cukup tinggi, sehingga bisa menekan kadar asam lambungmu dengan baik.

Itu dia lima minuman yang bisa menetralkan kadar asam lambung kamu. Selain itu kamu juga harus menjaga pola makan kamu saat puasa ya, gak boleh mengonsumsi makanan yang pedas-pedas kalo mau puasa kamu menjadi lancar.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ocha Lubis Photo Community Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You