Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lho

#RamadanMasaKini Buah kesukaanmu yang mana?

Alquran merupakan kitab suci bagi umat muslim dan merupakan pedoman hidup bagi penganutnya. Di dalamnya terdapat berbagai penjelasan mengenai hal-hal yang baik dan hal-hal yang dilarang dilakukan dalam kehidupan. Tak terkecuali mengenai makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan.

Sebelum ilmuwan, ternyata Alquran telah menjelaskan terlebih dahulu mengenai buah apa saja yang mempunyai khasiat yang menakjubkan bagi kehidupan manusia. Nah, berikut penjelasan mengenai 5 buah terbaik dan manfaatnya bagi kesehatan.

1. Buah zaitun

5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lhopixabay.com/Couleur

Buah terbaik  pertama yang dijelaskan dalam Al-Qur'an adalah buah zaitun, tepatnya didalam surah An-nur, Al-an'am, Al-mu'min dan surah Al-'Abasa. Yups, buah yang berbentuk bulat kecil berwarna hijau saat muda ini emang memiliki manfaat yang sangat baik buat kesehatan dan kecantikan. Selain dikonsumsi dalam bentuk minyak, buah zaitun juga bisa dikosumsi langsung saat masih mentah.

Hal inipun sudah dibuktikan oleh para ilmuwan, di mana buah zaitun memang memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung. Jadi jangan heran, banyak sekali produk-produk kesehatan dan kecantikan menggunakan buah zaitun sebagai bahan utamanya.

2. Kurma

5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lhomarthastewart.com

Buah yang identik menjadi makanan khas untuk berbuka puasa ini juga telah dijelaskan dalam Alquran sebagai buah terbaik untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini pun telah dibuktikan oleh para ilmuwan bahwa kurma memiliki kaya akan zat baik seperti serat dan antioksidan berbentuk flavonoid. Diketahui flavonoid berfungsi untuk mengatasi diabetes, alzheimer sampai mengatasi penyakit kanker.

Gak cuma kurma yang matang aja, kurma muda juga dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. So, jangan ragu lagi untuk rutin mengonsumsi buah yang satu ini ya.

Baca Juga: 4 Buah Ini Bisa Jadi Pengganti Kurma, Kandungan Gizinya Setara

3. Buah tin

5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lhostock.adobe.com/VladislavNosik

Seperti namanya, buah tin juga dijelaskan dalam Alquran di surah At-tin sebagai buah terbaik untuk kesehatan. Walaupun jarang dikonsumsi langsung, buah yang dijuluki "buah surga" dan memiliki isi yang unik  ini memiliki manfaat yang menakjubkan. Buah tin yang luar biasa ini memiliki berbagai sejumlah zat baik berupa gula alami, mineral, vitamin, dan serat. Mineralnya terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, kalium, dan lain-lain. Sedangkan untuk kandungan vitaminnya dilengkapi dengan vitamin A, B1, B2, B6, B9, C, E, K, dan lainnya.

Dengan kandungan gizinya, buah tin dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit seperti, disfungsi seksual, sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk, bronkitis, asma, sampai dipercaya ampuh mengatasi kanker. Secara ilmiah pun khasiat buah tin ini juga sudah dibuktikan, jadi gak ada salahnya kita coba mulai mengkonsumsinya.

4. Anggur

5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lhopixabay.com/JillWellington

Kalau buah yang memiliki cita rasa asam dan manis ini merupakan buah yang hampir disukai oleh semua orang. Yups, buah anggur yang juga dijelaskan dalam Alquran di surah  Al-Mu'minun sebagai buah terbaik bagi kehidupan.

Anggur memang sudah teruji memiliki segudang nutrisi seperti mengandung polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bisa mencegah penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat. Jadi jangan heran banyak juga produk-produk makanan, obat-obatan bahkan produk kecantikan memakai buah anggur sebagai bahan utamanya.

5. Delima

5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lhoshutterstock.com/ValentynVolkov

Terakhir, buah yang dijelaskan dalam Alqiran sebagai buah terbaik bagi kehidupan adalah buah delima. Manfaat buah delima disebut dalam surah Al-An'am ayat 99 bersama kurma, zaitun, dan anggur.

Buah delima ini memiliki kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di mana antioksidan buah delima tiga kali lebih tinggi dari teh hijau dan anggur  yang berguna untuk mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, obesitas, dan alzheimer.

Buah tin juga memilik vitamin, seperti vitamin A, B3 (niasin), B9 (asam folat), C, dan E yang dapat mengurangi risiko kanker prostat, kanker payudara dan arthritis, darah tinggi, dan disfungsi ereksi. Menakjubkan banget ya guys manfaatnya, buruan deh konsumsi.

Itu dia guys 5 buah terbaik yang telah dijelaskan dalam Alquran. Sungguh Allah menciptakan segala sesuatu dengan segudang manfaat yang baik. Maha besar Allah semoga kita selalu tetap sehat ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ocha Lubis Photo Community Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You