Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Minum Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Bantu proses diet kamu, lho!

Tubuh kita butuh asupan air putih yang cukup setiap harinya. Ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air dan supaya organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal. Kalau kurang minum, kamu bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Selain dibutuhkan tubuh, minum air putih dengan cukup juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kok, bisa? Salah satu penjelasan umumnya adalah air memberikan efek perut terasa penuh dan kenyang, sehingga hasrat makan pun berkurang.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa minum air putih dengan cukup dapat membantumu dalam menurunkan berat badan, hasil diet jadi optimal!

1. Penekan nafsu makan alami

6 Alasan Kenapa Minum Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badanfreepik.com/freepic.diller

Minum air putih dapat membantu mengisi perut, mengurangi rasa lapar, dan memberi perasaan kenyang. Saat perut kenyang, ia akan mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti makan.

Selain itu, kalau kamu segelas air putih sebelum makan, ini bisa membantumu mencegah ngemil yang tak perlu, sehingga bisa bantu mengurangi berat badan.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Natural Science, Biology and Medicine tahun 2014, 50 perempuan yang kelebihan berat badan meminum 500 mililiter (ml) air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam selama 8 minggu berturut-turut. Mereka melaporkan pengurangan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh. Selain itu, dilaporkan juga penekanan nafsu makan.

2. Meningkatkan pembakaran kalori

6 Alasan Kenapa Minum Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badanfreepik.com/rawpixel.com

Air dapat meningkatkan pengeluaran energi istirahat tubuh atau jumlah kalori yang terbakar saat istirahat. Ketika kalori dalam tubuh terbakar dan berkurang, hal ini tentu bisa bantu pengurangan berat badan. Manfaat ini pun sudah banyak dibuktikan lewat beberapa penelitian.

Merujuk sebuah penelitian dalam Acta Physiologica tahun 2014, minum 500 ml air dingin dan air suhu ruangan mengalami peningkatan pengeluaran energi. Selain itu, dilaporkan terjadi pembakaran kalori 2-3 persen lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah minum air.

Baca Juga: 7 Manfaat Rajin Minum Infused Water, Segar Tanpa Rasa Berdosa

3. Membantu membuang limbah dalam tubuh

6 Alasan Kenapa Minum Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badanfreepik.com/jcomp

Ketika mengalami dehidrasi, tubuh tidak akan dapat membuang limbah dengan benar sebagai urine atau feses. Dehidrasi juga dapat menyebabkan tinja keras, sebabkan sulit buang air besar atau sembelit.

Maka dari itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah cara untuk mencegah penimbunan kotoran, yang bisa sebabkan perut kembung, bengkak, lelah, bahkan bisa bikin angka timbangan bertambah.

Air juga dapat membantu ginjal menyaring racun dan limbang, sedangkan organ akan mempertahankan nutrisi dan elektrolit penting dalam tubuh. Air juga membantu tubuh pulih dari gangguan pencernaan seperti diare.

4. Mengurangi asupan kalori cair secara keseluruhan

6 Alasan Kenapa Minum Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat BadanBubble tea adalah salah satu minuman yang tinggi kalori. freepik.com/tawatchai07

Mengganti minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda, bubble tea, jus dalam kemasan, atau minuman manis lainnya dengan air putih atau minuman tanpa kalori lainnya akan bermanfaat untuk penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Menurut sebuah studi terhadap sekelompok perempuan dengan obesitas yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2012, mengganti dua atau lebih minuman berkalori tinggi dengan minuman bebas kalori menghasilkan penurunan berat badan rata-rata antara 2 sampai 2,5 persen.

Selain itu, studi lainnya tahun 2015 juga menunjukkan kalau minum 250 ml air setelah makan siang setiap sehari selama 24 minggu, partisipan kehilangan berat badan 13,6 persen lebih banyak daripada minum minuman diet dengan volume yang sama.

5. Membakar lemak

6 Alasan Kenapa Minum Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badanfreepik.com/jcomp

Tanpa air, tubuh tidak akan dapat memetabolisme lemak atau karbohidrat yang tersimpan dengan baik. Proses metabolisme lemak ini disebut dengan lipolisis. Proses ini diawali dengan hidrolisis, yang terjadi ketika molekul air berinteraksi dengan trigliserida (lemak) untuk membuat gliserol dan asam lemak.

Melansir Medical News Today, minum cukup air sangat penting untuk membakar lemak dari makanan dan minuman, serta lemak yang disimpan dalam tubuh. 

Selain itu, merujuk sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Nutrition tahun 2016, peningkatan asupan air berkaitan dengan penurunan berat badan yang dihasilkan melalui dua mekanisme, yaitu penurunan makan dan peningkatan lipolisis.

6. Mengoptimalkan fungsi olahraga

6 Alasan Kenapa Minum Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badanfreepik.com/prostooleh

Selain mengatur pola makan, kunci penting lainnya dalam memangkas berat badan adalah olahraga rutin. Tetap terhidrasi selama berolahraga bisa bantu mengurangi risiko terhadap kram otot dan kelelahan.

Melansir Medical News Today, air membantu otot, jaringan ikat, dan persendian untuk bergerak dengan benar. Selain itu, minum air juga membantu paru-paru, jantung, dan organ lain untuk bekerja secara efektif untuk meningkatkan aktivitas selama berolahraga. Jadi, minumlah air sebelum, selama, dan setelah berolahraga agar tetap terhidrasi dengan baik.

Itulah beberapa alasan kenapa minum air putih itu penting dalam proses menurunkan berat badan maupun mempertahankannya tetap ideal. Ingat, air adalah elemen penting tubuh. Dengan minum setidaknya 8 gelas air per hari, tak cuma bisa menyehatkan tubuh, dietmu akan optimal serta mencegah obesitas.

Baca Juga: Kenali 7 Ciri Tubuh Kamu Mulai Dehidrasi, Segera Minum Jangan Tunda!

Heni Candra Kirana Photo Verified Writer Heni Candra Kirana

Keep up the spirit and don't give up

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya