Comscore Tracker

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energi

Rasa lelah yang dirasakan langsung lenyap

Manusia bukanlah robot. Meski dituntut untuk melakukan yang terbaik, tetapi kita cuma manusia biasa yang bisa kehabisan energi dan butuh istirahat. Kelelahan, kurangnya konsentrasi, dan rasa malas adalah tanda-tanda bahwa tingkat energi kita menurun.

Penurunan tingkat energi ini merupakan akibat dari gaya hidup yang sibuk yang sehari-harinya kita jalankan. Wajar saja bila mengalami kelelahan. Namun, ada banyak cara alami, kok, yang bisa dilakukan untuk meningkatkan energi. Yuk, segera praktikkan!

1. Makan makanan yang bergizi

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energifreepik.com/freepik

Kalau selalu merasa lelah, coba, deh, perhatikan kebiasaan makanmu. Layaknya mobil, tubuh juga butuh bahan bakar untuk bisa terus bekerja. Memilih makanan utuh dan bergizi akan menyuplai tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Mengutip berbagai sumber, kebiasaan makan yang sehat bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis sekaligus memengaruhi tingkat energi dan perasaan dari hari ke hari.

Melansir Healthline, mengonsumsi banyak makanan olahan yang tinggi gula dan lemak dapat memengaruhi tingkat energi serta kesehatan tubuh. Selain itu, melakukan diet ekstrem bisa menyebabkan kamu kekurangan kalori dan nutrisi penting, seperti zat besi, yang bisa berdampak negatif pada energi.

2. Hindari makanan tinggi gula

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energifreepik.com/wayhomestudio

Makan makanan tinggi gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Hal ini menyebabkan tubuh melepaskan insulin dalam jumlah besar untuk menurunkan gula darah. Naik turunnya gula darah inilah yang menyebabkan aliran energi yang diikuti dengan penurunan.

Membatasi gula tambahan dalam makanan tidak hanya baik untuk tingkat energi, tetapi juga demi kesehatan. Konsumsi makanan dan minuman dalam jumlah besar bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Supaya tingkat energi lebih stabil dan mengurangi kelelahan, kurangi asupan yang manis-manis dan fokus pada makanan utuh dan tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan sebagai gantinya.

Baca Juga: 8 Efek Negatif dari Minuman Berenergi, Jangan Konsumsi Terus Menerus

3. Olahraga secara teratur

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energifreepik.com/pressfoto

Olahraga teratur penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Bila gaya hidupmu malas gerak alias mager dan merasa kurang energi, mulailah untuk berolahraga secara rutin. Tak perlu ke gym, kok, jalan kaki atau bersepeda dampaknya sangat baik untuk meningkatkan energi.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Psychotherapy and Psychosomatics tahun 2008, orang yang tidak banyak bergerak dengan kelelahan yang terus-menerus mengalami penurunan tingkat kelelahan sekitar 65 persen hanya dengan bersepeda intensitas rendah secara teratur.

4. Kurangi tingkat stres

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energifreepik.com/jcomp

Tingkat stres yang tinggi bisa bikin kamu merasa lelah dan energi seakan terkuras. Stres bisa mengakibatkan kesulitan dalam berkonsentrasi, pikiran jadi bercabang, dan sulit berhenti bekerja.

Menurut penelitian dalam The Journal of Chiropractic Education tahun 2017, tingkat stres dan kelelahan yang tinggi berhubungan dengan penurunan kesuksesan akademis, kesejahteraan, dan kualitas hidup. Selain itu kesehatan fisik dan mental juga bisa terancam.

Stres memang tidak bisa sepenuhnya dicegah. Akan tetapi, stres terkait gaya hidup bisa diminimalkan atau dikelola dengan baik.

5. Tetap terhidrasi

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energifreepik.com/yanalya

Dehidrasi dapat memengaruhi fungsi otak, suasana hati, dan tingkat energi. Berdasarkan studi dalam The British Journal of Nutrition tahun 2011, lelaki muda yang kehilangan 1,59 persen cairan memiliki fungsi memori kerja yang lebih buruk dan mengalami peningkatan perasaan cemas dan kelelahan.

Agar tetap terhidrasi, pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari, minum saat haus, terutama saat berolahraga. 

6. Batasi minum alkohol

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energifreepik.com/jcomp

Merujuk pada sebuah ulasan yang dimuat dalam jurnal Current Topics in Behavioral Neurosciences tahun 2013, kebiasan minum minuman beralkohol bisa membuat tubuh merasa lelah. Ini karena alkohol bisa bertindak layaknya obat penenang dan punya efek kantuk.

Tak hanya itu, alkohol juga memengaruhi kualitas tidur. Melansir Healthline, bahwa alkohol dapat bertindak sebagai diuretik. Artinya, bila diminum sebelum tidur bisa bikin kamu terbangun pada malam hari untuk buang air kecil, sehingga mengganggu tidur.

7. Tidur yang berkualitas

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energipexels.com/Ivan Oboleninov

Kurang tidur tentunya bisa bikin kamu merasa lelah sepanjang hari. Selain itu, kamu juga akan merasa lesu dan mudah marah.

Untuk menjaga kualitas tidur, cobalah untuk mengurangi penggunaan perangkat elektronik seperti televisi atau gawai saat waktunya tidur. Berdasarkan ulasan ilmiah dalam jurnal JAMA Pediatrics tahun 2016, kebiasan tersebut secara signifikan telah dikaitkan dengan kuantitas tidur yang buruk dan rasa kantuk berlebihan pada siang hari.

Durasi tidur yang sehat adalah 7-8 jam tiap malamnya, meski beberapa orang butuh durasi yang lebih banyak atau lebih sedikit. Namun, cobalah untuk tidur lebih awal, tidur dan bangun pada jam yang sama, dan stop menggunakan perangkat elektronik bila sudah waktunya tidur.

8. Tidak merokok

Gampang Dipraktikan! 8 Cara Alami untuk Meningkatkan Energifreepik.com/freepik

Tidak ada hal baik yang didapat dari kebiasaan merokok. Dampak buruknya banyak sekali, salah satunya bisa menurunkan tingkat energi. Bila ingin tingkat energi terjaga, jangan merokok karena kebiasaan buruk tersebut bisa mengurangi efisiensi paru-paru dan membuatmu merasa lelah.

Selain itu, asap rokok pun berbahaya dan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke

Selain itu, racun dan tar dalam asap juga mengurangi efisiensi paru-paru. Seiring waktu, hal tersebut dapat mengurangi jumlah oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh dan kamu pun merasa lelah. 

Itulah tadi beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan tingkat energi. Gak sulit, kan?

Baca Juga: Merasa Kelelahan Sepanjang Waktu? 10 Masalah Kesehatan Ini Penyebabnya

Heni Candra Kirana Photo Verified Writer Heni Candra Kirana

Keep up the spirit and don't give up

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya