Comscore Tracker

6 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh, yuk Lakukan Rutin!

Sirkulasi lancar bikin kita terhindar dari banyak penyakit

Sirkulasi merupakan proses saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Perlu diingat, sirkulasi yang baik sangat penting untuk kesehatan. Jika aliran darah berkurang ke bagian tubuh tertentu, kamu bisa mengalami gejala, umumnya terjadi di bagian lengan maupun tungkai.

Sirkulasi yang tersumbat bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Bahkan, bisa menyebabkan kematian. Supaya sirkulasi lancar, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk, rutin praktikkan mulai hari ini!

1. Menjaga keseimbangan kadar zat besi  

6 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh, yuk Lakukan Rutin!freepik.com/Racool_studio

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan sel darah merah. Jika kekurangan zat besi, tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang berperan dalam membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Makan makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, kentang, kacang kedelai, brokoli, dan bayam dapat membantu tubuh menjaga mineral yang penting dalam tubuh. Namun, menjaga keseimbangan kadar yang sehat juga diperlukan.

Terlalu banyak zat besi dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung. Merujuk sebuah studi dalam International Journal of Preventive Medicine tahun 2013, tim peneliti menemukan hubungan antara terlalu banyak zat besi dalam tubuh dan penyakit kardiovaskular pada orang dengan kolesterol tinggi.

2. Menjaga berat badan yang sehat 

6 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh, yuk Lakukan Rutin!freepik.com/Racool_studio

Kelebihan berat badan bisa memengaruhi sirkulasi secara negatif. Maka dari itu, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu meningkatkan sirkulasi yang baik.

Merujuk pada sebuah studi dalam International Journal of Cardiology tahun 2009, menurunkan berat badan dapat meningkatkan sirkulasi pada perempuan yang kelebihan berat badan. Selain itu, dilaporkan juga peningkatan kadar protein adiponektin yang berkaitan dengan fungsi vaskular.

Baca Juga: Sedap di Lidah, 15 Makanan untuk Lancarkan Pembuluh Arteri

3. Makan ikan berlemak

6 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh, yuk Lakukan Rutin!freepik.com/foodiesfeed

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 rantai panjang, serta dilengkapi dengan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan. Ikan berlemak yang dimaksud contohnya salmon, makerel, salmon, tuna, atau ikan kembung.

Berdasarkan sebuah studi dalam Indian Journal of Endocrinology and Metabolism tahun 2013, asam lemak omega-3 pada ikan berminyak dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi.

4. Latihan kardio secara teratur

6 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh, yuk Lakukan Rutin!freepik.com/pressfoto

Latihan kardiovaskular atau populer disebut sebagai latihan kardio, pada dasarnya memang segala bentuk latihan yang bertujuan untuk melatih kerja jantung dan paru-paru. Olahraga kardio secara rutin, seperti joging, dapat mendukung kesehatan sistem peredaran darah dan meningkatkan sirkulasi.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Circulation tahun 2013, olahraga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengambil dan menggunakan oksigen. Hal ini juga dapat meningkatkan kapasitas pembuluh darah untuk melebar, yang membantunya bekerja lebih efisien dan memungkinkan otot menerima oksigen dengan lebih mudah.

5. Melakukan yoga 

6 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh, yuk Lakukan Rutin!freepik.com/senivpetro

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Berbagai pose yoga bisa membantu menekan dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah, sehingga meningkatkan sirkulasi.

Berdasarkan laporan penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology tahun 2014, yoga bermanfaat untuk sistem kardiovaskular dan metabolisme tubuh.

Selain itu, yoga juga menawarkan berbagai manfaat lainnya seperti:

  • Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  • Mengurangi risiko akibat penyakit kronis
  • Sarana relaksasi
  • Meningkatkan keseimbangan
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh

6. Mengonsumsi teh 

6 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh, yuk Lakukan Rutin!freepik.com/8photo

Melansir Medical News Today, antioksidan dalam teh mampu meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi. Hal ini berlaku untuk teh hitam dan teh hijau.

Menurut studi dalam jurnal Circulation tahun 2001, teh hitam meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat dapat membantu meningkatkan sirkulasi.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Circulation Journal tahun 2004 menemukan bahwa konsumsi teh hijau berkaitan dengan penurunan tingkat penyakit arteri koroner, prognosis kardiovaskular, dan serebrovaskular.

Itulah cara-cara untuk meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, yang tentunya dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan. Tidak ada kata terlambat, yuk, mulai mempraktikkannya mulai hari ini juga!

Heni Candra Kirana Photo Verified Writer Heni Candra Kirana

Keep up the spirit and don't give up

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya