Comscore Tracker

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahui

Penyakit ini sangat mudah menyerang lho!

Siapapun yang pernah mengalami infeksi saluran kemih atau ISK pasti tahu bahwa itu adalah pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Namun, sebagian besar orang tidak memahami bahwa mereka sangat mudah untuk terserang penyakit ini. ISK terjadi saat bakteri E-coli masuk ke saluran kemih melalui lubang uretra dan berkembang biak di sana sehingga menyebabkan infeksi.

Namun bakteri bukan satu-satunya penyebab seseorang terserang ISK lho! Ingin tahu penyebab lainnya? Yuk simak berikut ini.

1. Cacing kremi

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuivictoriavn.com

Cacing kremi adalah parasit yang menyerang usus besar manusia, di tubuh manusia mereka berkembang biak dan menimbulkan efek gatal, nyeri dan ruam pada anus. Tak hanya itu saat cacing ini secara subur berkembang biak di tubuhmu, ia dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi saluran kemih atau radang vagina.

2. Antibiotik

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuideccanherald.com

Bakteri yang menyebabkan ISK dapat mengembangkan resistensi terhadap antibiotik. Pengobatan yang diberikan dokter pada kita dapat membunuh bakteri namun juga dapat membuatnya lebih kuat dan sukar dibunuh.

Semakin sering kamu menggunakan antibiotik tersebut, maka antibiotik tersebut semakin tidak efektif dalam melawan bakteri E.coli. Dan karena hal inilah infeksi saluran kemih sering terjadi berulang kali pada seseorang.

3. Pengidap diabetes lebih rentan terserang ISK

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuinews-medical.net

Dalam sebuah studi juga ditemukan bahwa pria dan wanita yang mengidap diabetes lebih rentan terkena ISK dari pada yang tidak. Pasien dengan penyakit diabetes cenderung memiliki bakteri yang resistan terhadap obat yang menimbulkan infeksi saluran kemih, terutama jika diabetes mereka tidak diatur dan dirawat dengan baik. 

4. Hamil juga membuatmu rentan terkena ISK

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuimedicalnewstoday.com

Kemunkinan terjadinya infeksi saluran kemih meningkat lebih banyak saat wanita sedang dalam masa kehamilan. Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh dalam masa kehamilan, salah satunya dalah rahim. Dalam masa kehamilan rahim yang terletak di atas kandung kemih akan tumbuh semakin besar. Dan kondisi ini akhirnya dapat menghambat terjadinya drainase urin, dan jika kondisi ini berlanjut akhirnya akan berakhir dengan ISK.

5. Menopause

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuibodyandsoul.com.au

Tepat sebelum atau setelah menopause, penurunan estrogen yang bersikulasi menyebabkan perubahan pada saluran kemih. Dan tentu saja hal ini akan menyebabkan kamu lebih rentan untuk terserang infeksi saluran kemih.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Mengandung Probiotik untuk Kesehatan Pencernaan!

6. Sembelit

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuinextshark.com

Seseorang yang mengalami sembelit, akan berusaha keras untuk mengeluarkan kotoran. Ia akan mencoba mengeluarkan kotoran itu secara paksa, dan hal inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya infeksi saluran kemih.

Otot-otot dubur akan mengalami perenggangan saat kita mengeluarkan kotoran, dan jika memaksakannya maka dapat menyebabkan peradangan dan infeksi saluran kemih.

7. Penggunaan kateter

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuiwellspect.com

Kateter adalah alat berupa tabung yang melekat pada saluran kemih dan memungkinkan urin keluar dan terkumpul dalam kantong. Alat ini biasanya dipasangkan pada para pasien yang tidak memungkinkan untuk bolak-balik ke kamar mandi. Dan infeksi rentan terjadi jika pemasangan kateter tidak dilakukan secara benar dan kebersihan yang kurang dijaga.

8. Kursi toilet yang kotor

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuihousecleaningadvice.com

Penggunaan toilet duduk di WC umum mulai sering kita jumpai. Dan banyak sekali bakteri dan organisme yang dapat menyebabkan penyakit bersarang di tempat duduk toilet tersebut. Bakteri dapat dengan mudah berpindah dari dudukan toilet ke saluran uretra dan menyebabkan infeksi saluran kemih atau penyakit lainnya.

9. Pemakaian produk pembersih kewanitaan

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuithesun.co.uk

Banyak wanita yang menggunakan produk pembersih kewanitaan dengan tujuan membuatnya lebih segar dan bersih. Namun sayangnya terdapat beberapa bahan kimia yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri lho! Dan akhirnya ISK lebih rentan menyerang.

10. Cara membersihkan kemaluan yang salah

10 Fakta Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Harus Kamu Ketahuiindiatimespost.com

Kebersihan memang adalah yang paling utama harus kamu jaga jika tidak ingin terkena ISK. Namun yang sering terjadi adalah kamu salah dalam cara membersihkan kemaluan setelah buang air besar. Cara memebersihkan musalah jika kamu membersihkan anus terlebih dahulu, lalu setelah itu membersihkan saluran kemih. Hal ini akan dapat membuat bakteri yang ada di anus berpindah ke saluran kemih dan akhirnya menyebabkan infeksi.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Anti-Inflamasi yang Ampuh Melawan Infeksi & Iritasi

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You