Comscore Tracker

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahaya

Diminum atau dioleskan langsung ke kulit sama bermanfaatnya

Teh memang terkenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik di luar maupun di dalam. Dan salah satunya adalah teh dapat menjaga kesehatan kulitmu dan membuatnya terlihat cerah dan bercahaya. 

Ada banyak sekali jenis teh yang dapat kamu pilih dan mereka bekerja dengan caranya sendiri-sendiri dalam merawat kulitmu agar terlihat cantik. Berikut adalah 10 jenis teh terbaik yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

1. Teh chamomile

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayahomeremedyhacks.com

Tidur yang cukup adalah kegiatan yang penting agar dapat menghasilkan kulit yang bercahaya. Saat tidurmu tidak nyenyak, cermin akan menunjukkan wajah kusam dan mata panda di wajahmu keesokan harinya. Teh chamomile dapat membantumu merasa tenang dan membuatmu bisa tidur dengan nyenyak.

Menggunakan kantung teh chamomile di bawah mata juga akan mengurangi tampilan mata pandamu. Selain itu teh ini juga dapat menenangkan kulit merah dan iritasi di wajahmu dan teh chamomile juga mengandung quercetin yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

2. Teh melati

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayamomjunction.com

Teh melati memiliki sifat antivirus dan antibakteri sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu teh yang satu ini juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan lho!

Teh melati juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengobati jerawat dan eksim dengan cara mengurangi produksi minyak di kulit dan menyeimbangkan hormon.

3. Teh hijau

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayaenglish.sakshi.com

Teh hijau dikemas dengan banyak sekali manfaat bagi kulit. Teh hijau dapat mengurangi produksi minyak berlebih, membantu melawan jerawat, melindungi dari matahari, dan masih banyak lagi.

Kandungan EGCG dalam teh hijau membuatnya mampu menangkal radikal bebas sehingga mampu melawan kerusakan kulit. Ia juga dapat membantu merawat kembali sel kulit yang telah rusak dan meningkatkan produksi sel-sel baru.

4. Teh hitam

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayamedicalnewstoday.com

Teh hitam juga dikemas dengan antioksidan tinggi sehingga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Teh ini juga dapat mengurangi efek pigmentasi pada kulit akibat paparan matahari yang berlebihan.

Jika kamu sering kesal karena noda hitam atau bekas jerawat, maka merawat kulitmu dengan teh ini adalah solusinya. Teh hitam memiliki sifat pembersih kulit dan anti oksidan yang membantu mengeluarkan racun dari kulit.

5. Teh dandelion

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayamedicalnewstoday.com

Kaya akan antioksidan, teh dandelion memiliki manfaat anti-penuaan pada kulit. Ekstrak dandelion dapat membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, serta mengembalikan kekencangan kulit.

Dandelion juga memiliki sifat detoksifikasi yang membersihkan racun dan kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga mencegah jerawat muncul di kulitmu. Ia juga kaya akan vitamin C yang dapat mencegah peradangan, mempercepat proses penyembuhan, dan mengurangi munculnya bekas luka di kulitmu.

Baca Juga: Untuk Semua Jenis Kulit, Ini 5 Kehebatan Clay Mask

6. Teh Putih

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayateafloor.com

Berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau, teh putih terkenal karena memiliki anti oksidan yang lebih banyak dari teh hijau dan memiliki kandungan katekin tertinggi. Hal ini karena teh putih tak melalui banyak proses pembuatan sehingga kandungannya sangat terjaga.

Senyawa pada teh putih dapat membantu melindungi kulit dari efek penuaan baik internal maupun eksternal. Ia juga membantu melindungi kulitmu dari efek berbahaya sinar UV matahari. Kandungan polifenol dalam teh ini juga mencegah rusaknya jaringan kulit sehingga kulit tetap sehat dan kencang.

7. Teh oolong

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayatastegazette.com

Teh yang berasal dari Tiongkok ini juga memiliki banyak manfaat bagi kulit. Teh ini dapat membantu membuat kulit menjadi lebih cerah, membersihkan bintik-bintik gelap di kulit, garis-garis halus, dan melindungi kulitmu dari efek berbahaya sinar matahari.

8. Teh peppermint

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayafood.ndtv.com

Teh pepermin memiliki kandungan mentol yang cocok untuk kulit berminyak, karena dapat membantu mengontrol produksi minyak dan mendorong pergantian sel sehingga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulitmu menjadi kusam dan membuat kulit bercahaya.

Teh ini juga meningkatkan kadar estrogen sehingga dapat membantu melawan masalah jerawat dan masalah kulit hormonal lainnya.

9. Teh kombucha

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayatastegazette.com

Teh kombucha atau yang sering disebut juga sebagai teh jamur karena harus melalui proses fermentasi sebelum akhirnya dikonsumsi. Teh ini juga memiliki banyak manfaat bagi kulit, di antaranya adalah mengurangi tanda-tanda penuaan, meningkatkan elastisitas kulit, dan mampu mengobati kulit dari sengatan matahari.

10. Matcha

10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahayathestylemate.com

Banyak orang yang masih belum mengetahui dan menganggap bahwa matcha dan teh hijau adalah jenis teh yang sama. Meski berasal dari tanaman yang sama, namun cara pengolahan membuat kedua teh ini menjadi berbeda baik warna, rasa, dan manfaatnya.

Matcha memiliki kandungan klorofil yang tinggi sehingga mampu melindungi kulit dari efek penuaan dan bintik akibat sinar matahari. Ia juga dapat melindungi kulit dari bahan kimia dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori, membuat kulitmu lebih kenyal dan halus.

Itulah 10 jenis teh yang memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya baik dengan menyeduh lalu meminumnya atau mengoleskannya secara langsung pada kulitmu. Yuk coba dan segera nikmati manfaatnya sekarang!

Baca Juga: 7 Bahan yang Cocok Dipadukan dengan Teh, Minum Jadi Lebih Nikmat

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You