Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Nokturia, Penyebab Kamu Sering Kebelet di Malam Hari

Terapkan solusinya agar tidur nyenyakmu tak terganggu lagi

Seberapa sering kamu terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil? Pasti sangat menyebalkan untuk pergi ke toilet di malam hari, karena saat kembali dari toilet terkadang rasa kantuk kita menghilang sepenuhnya. Dan tidak ada yang lebih mengganggu tidur nyenyak selain merasa kebelet di malam hari.

Kondisi di mana kita sering kebelet di malam hari ini dalam istilah medis disebut dengan nokturia. Nokturia hanya menimpa sebagian orang, bahkan kebanyakan orang sesekali terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Namun jika kamu terlalu sering buang air kecil di malam hari maka kamu harus mengecek kesehatanmu.

Karena nokturia merupakan gejala dari beberapa penyakit seperti gagal jantung, infeksi kandung kemih, diabetes, serta permasalahan pada saraf. Selain itu kehamilan, pertambahan usia dan kebiasaan atau gaya hidup juga dapat menjadi alasan kamu mengalami nokturia.

Berikut adalah cara mengatasi nokturia yang dapat kamu coba terapkan.

1. Batasi makanan asin sebelum tidur

5 Cara Mengatasi Nokturia, Penyebab Kamu Sering Kebelet di Malam Harirapidleaks.com

Kebiasaan buruk yang tak dapat dihilangkan dari semua orang adalah ngemil sebelum tidur. Dan tentu saja cemilan yang paling disukai adalah cemilan dengan rasa asin yang menggiurkan. Namun tahukah kamu jika makan makanan asin dapat membuat seseorang menjadi sangat haus?

Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini dan akhirnya ia akan meminum lebih banyak cairan dari pada biasanya untuk menghilangkan rasa haus tersebut. Akibatnya tentu saja adalah bolak-balik ke toilet di malam hari. Oleh karena itu hindari makanan asin sebelum tidur, agar tidurmu tak terganggu oleh perasaan kebelet yang menyiksa.

2. Gunakan pembalut membantumu tidur lebih tenang

5 Cara Mengatasi Nokturia, Penyebab Kamu Sering Kebelet di Malam Harit24.com.tr

Beberapa orang memiliki kandung kemih yang aktif dan sensitif, sehingga sering kali mereka kelepasan dan tidak bisa mengendalikan urin yang tiba-tiba keluar sedikit saat sedang batuk, tertawa, berlari, maupun bersin. Dan akan lebih menyiksa lagi jika mereka mengidap penyakit nokturia.

Tentu saja tidur tidak akan tenang, karena ada perasaan khawatir kelepasan buang air kecil saat tidur. Dan solusi untuk untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pembalut, terutama pembalut yang memiliki tingkat kebocoran paling rendah. Dengan menggunakan pembalut saat tidur, kamu akan merasa lebih dan tenang sehingga tidurmu lebih nyenyak.

Baca Juga: 7 Kebiasaan di Toilet Ini Dapat Berdampak Buruk bagi Kesehatan loh!

3. Hindari minum pil diuretik setelah jam 5 sore

5 Cara Mengatasi Nokturia, Penyebab Kamu Sering Kebelet di Malam Harilifecharity.org.uk

Diuretik adalah obat yang dapat menambah percepatan produksi urin. Obat ini akan membuatmu buang air kecil lagi dan lagi, biasanya obat ini diresepkan bagi mereka yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi serta beberapa penyakit jantung.

Sebagian besar dari pil diuretik memiliki 'paruh waktu' yang cukup pendek, yang artinya efek maksimumnya adalah antara 4-6 jam setelah diminum. Oleh karena itu jangan meminumnya di atas jam 5 sore, agar kamu tidak terbangun berkali-kali saat tidur karena kebelet.

4. Membuat catatan

5 Cara Mengatasi Nokturia, Penyebab Kamu Sering Kebelet di Malam Haricomolivingmag.com

Jika kamu merasa periode buang air kecilmu tidak normal, mulailah untuk membuat catatan. Sebaiknya buat catatan harian tentang asupan cairan , kapan, seberapa sering kamu buang air kecil, dan gejala-gejala lainnya.

Hal ini akan memudahkanmu saat berkonsultasi dengan dokter. Karena ada berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kamu sering buang air kecil. Misalnya jika kamu selalu merasa haus dan sering buang air kecil, baik di siang atau malam hari bisa jadi ini merupakan gejala diabetes.

Atau saat kamu sering buang air kecil yang disertai dengan rasa terbakar dan menyengat, bisa jadi ini adalah gejala penyakit cytitis.  

5. Hindari konsumsi kafein dan alkohol

5 Cara Mengatasi Nokturia, Penyebab Kamu Sering Kebelet di Malam Hariwealthygorilla.com

Selain dapat membuatmu terjaga semalaman, kafein juga dapat mengiritasi kandung kemih. Selain itu kafein dan alkohol juga dapat menurunkan hormon anti-diuretik yang dapat mengontrol intesitas urin. Sehingga akhirnya produksi urin menjadi tidak terkendali. Oleh karena itu sebaiknya batasi atau hentikan mengonsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, cola, dan minuman berkafein lainnya.

Itulah penyebab kenapa kamu sering ke kamar mandi di malam hari. Eh tapi kalau sudah terlalu sering sekali, ada baiknya kamu ke dokter ya untuk memeriksakan kesehatanmu.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi yang Sering Dilakukan Orang

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya