Comscore Tracker

Meski Pahit & Berbau Busuk, Ini 5 Khasiat Luar Biasa Buah Berenuk

Ada yang menyebutnya grenuk juga, lho!

Meski tak dikonsumsi secara langsung karena berbau tak sedap, buah berenuk banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai minuman herbal alami. Bernama latin Crescentia cujete, berenuk dulu sempat ‘tak dilirik’ karena dianggap sebagai buah liar yang tak bermanfaat karena rasanya yang pahit.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, berenuk kini mulai menjadi perhatian karena khasiatnya yang tak main-main bagi kesehatan.

Mengandung vitamin C, E, kalsium, saponin, kalium, niasin, magnesium, riboflavin, dan fosfor, berenuk tentu saja memiliki banyak khasiat seperti berikut ini.

1. Melancarkan buang air kecil dan mengatasi diare

Meski Pahit & Berbau Busuk, Ini 5 Khasiat Luar Biasa Buah Berenukverywellhealth.com

Meski tak dikonsumsi secara langsung, berenuk nyatanya dapat mengatasi banyak keluhan kesehatan. Salah satu di antara sekian banyak khasiatnya adalah mampu melancarkan buang air kecil dan mengatasi diare secara efektif. Kesehatan pencernaan yang baik didapat dari asupan makanan yang baik sehingga kesehatan bisa tetap kamu jaga dengan benar.

2. Mujarab mengatasi flu dan pilek serta gangguan pernafasan lainnya

Meski Pahit & Berbau Busuk, Ini 5 Khasiat Luar Biasa Buah Berenukislampos.com

Terutama di musim penghujan, flu dan pilek merupakan penyakit yang paling sering dialami banyak orang. Jika tidak pandai-pandai menjaga kesehatan, flu dan pilek yang awalnya kamu anggap sebagai penyakit ringan bisa saja menjadi gejala penyakit lain.

Untuk mengatasi flu, pilek, asma dan gangguan pencernaan lain, kamu bisa menggunakan ramuan berenuk sebagai pengobatannya.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pinang untuk Tubuh, Bisa Jadi Obat Kuat buat Pria Lho!

3. Mengobati gatal-gatal dan menyembuhkan luka

Meski Pahit & Berbau Busuk, Ini 5 Khasiat Luar Biasa Buah Berenukshape.com

Terutama bagi orang yang aktif dan memiliki segudang aktivitas di luar ruangan, risiko gatal-gatal dan luka bisa mengintai kapan saja.

Buah berenuk merupakan salah satu buah yang dipercaya bisa meredakan gatal-gatal sekaligus penyembuh efektif luka luar. Jadi, meski kegiatan luar kamu padat, kamu tidak akan merasa khawatir terjangkit gatal-gatal dan luka karena ada berenuk sebagai obatnya.

4. Efektif mengatasi demam tinggi

Meski Pahit & Berbau Busuk, Ini 5 Khasiat Luar Biasa Buah Berenukprocaffenation.com

Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa terserang demam berkepanjangan. Selain karena kondisi tubuh yang kurang baik, hal tersebut juga bisa disebabkan karena udara yang tak sehat, asupan makanan, dan gaya hidup yang kurang baik. \Mengatasi demam dengan ramuan berenuk merupakan salah satu solusi yang patut dan layak kamu coba.

5. Sebagai sistem imun dan antioksidan

Meski Pahit & Berbau Busuk, Ini 5 Khasiat Luar Biasa Buah BerenukPixabay.com/ivanovgood

Menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus antioksidan adalah beberapa khasiat lain dari buah berenuk. Karena kesehatan terjaga, maka tubuh kamu akan terbebas dari serangan penyakit meski sedang dalam keadaan tidak fit.

Selain itu, karena bersifat antioksidan, maka kesehatan kulit kamu juga akan tetap terjaga sehingga akan terlihat lebih awet muda.

Sesuatu yang berbau tak sedap bukan berarti tidak memiliki khasiat bukan? Contohnya adalah buah berenuk dengan sejuta manfaat seperti di atas!

Baca Juga: 5 Buah yang Lebih Baik Dimakan Bersama Kulitnya, Jangan Dibuang!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya