Comscore Tracker

Bisa Picu Depresi, 6 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Harus Kamu Hindari

Gak baik buat tubuhmu

Masih banyak orang yang terbiasa tidur di pagi hari, mungkin kamu salah satunya? Meskipun kelihatannya biasa, ternyata ada banyak dampak buruk di baliknya. Jadi, alangkah baiknya kamu meninggalkan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. 

Memangnya, apa saja, sih, efek negatif tidur di pagi hari? Berikut ini adalah beberapa bahaya yang mengintai yang patut kamu waspadai. Yuk, simak ulasannya lengkapnya di bawah ini!

1. Kamu bisa terserang obesitas

Bisa Picu Depresi, 6 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Harus Kamu Hindaripixabay.com/joenomias

Kamu yang tidur setelah subuh biasanya akan melewatkan waktu sarapan. Ini akan mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu. Perlu diketahui, proses metabolisme akan ikut beristirahat ketika kamu tidur. 

Menurut sebuah laporan dalam jurnal Pedriatic Obesity tahun 2015 melaporkan bahwa kebiasaan kurang tidur di malam hari yang kemudian menggantinya di pagi hari dapat menurunkan tingkat metabolisme. Ini membuat kebiasaan tidur di pagi hari bisa memicu kenaikan berat badan lantaran metabolisme dalam tubuh tidak berjalan lancar.

2. Meningkatkan risiko penyakit diabetes  

Bisa Picu Depresi, 6 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Harus Kamu Hindariunsplash.com/Kristine Wook

Bahaya lain dari kebiasaan tidur pada pagi lantaran kurang tidur pada malam harinya adalah kamu akan lebih berisiko terserang penyakit diabetes. Ya, gangguan tidur dapat menaikkan kadar insulin yang menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Riset yang dipublikasikan dalam Sleep Heart Health Study menjelaskan bahwa seseorang yang tidurnya kurang dari 5 jam akan berisiko terserang diabetes 2,5 kali lebih tinggi daripada mereka yang tidur sekitar 8 jam pada malam harinya.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan yang Bisa Bikin Ngantuk, Bantu Atasi Insomnia

3. Menyebabkan sakit kepala hingga depresi 

Bisa Picu Depresi, 6 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Harus Kamu Hindariunsplash.com/Ivan Aleksic

Kamu yang kerap tidur di pagi hari biasanya karena malam harinya kurang tidur atau sering begadang. Alhasil, kamu pun mudah terserang sakit kepala, pusing, atau bahkan stres.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of American Medical Association menyebutkan bahwa insomnia atau kebiasaan terjaga hingga larut dapat menyebabkan kecemasan hingga depresi.

4. Ancaman terkena penyakit jantung 

Bisa Picu Depresi, 6 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Harus Kamu Hindariunsplash.com/Hush Naidoo

Seseorang yang kurang tidur pada malam hari lalu menggantinya pada pagi hari akan rentan mengalami penyakit yang satu ini.

Sebuah survei yang dilakukan para ilmuwan dari Peking University, Tiongkok, terhadap 487.200 orang dewasa menyebutkan bahwa gangguan tidur seperti insomnia dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan terjadinya peradangan serta naiknya tekanan darah dalam tubuh.

5. Menurunkan gairah seksual dan tingkat kesuburan

Bisa Picu Depresi, 6 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Harus Kamu Hindariunsplash.com/Priscilla Du Preez

Dampak lain dari kebiasaan tidur di pagi hari yaitu menurunnya libido dan tingkat kesuburan. Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan produksi hormon reproduksi seseorang.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Endcorinology & Metabolism tahun 2002 melaporkan bahwa laki-laki yang memiliki gangguan tidur (sleep apnea) cenderung kekurangan hormon testosteron yang berdampak pada turunnya gairah seksual.

6. Kamu akan sulit berkonsentrasi

Bisa Picu Depresi, 6 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Harus Kamu Hindariunsplash.com/Bermix Studio

Kebiasaan begadang lalu tidur pada pagi harinya bisa membuatmu sulit konsentrasi. Melansir Everyday Health, seseorang dengan sleep apnea cenderung memiliki kadar kortisol rendah, sehingga dapat mengganggu kinerja otak.

Hal tersebut juga akan berdampak pada perubahan suasana hati serta menurunnya tingkat produktivitas.

Nah, demikian dampak negatif tidur di pagi hari akibat mengganti tidur yang kurang pada malam harinya. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut. Cobalah perbaiki pola tidurmu agar lebih berkualitas, dan tidurlah selama 7-8 jam setiap malamnya untuk mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: 6 Penyebab Merasa Cemas saat Bangun Tidur, Jangan Sering Dibiarkan

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya