Comscore Tracker

Cegah Diabetes dengan Konsumsi 5 Makanan Ini, Penuh Kandungan Gizi

Diabetes bisa dicegah sejak dini

Penyakit diabetes terjadi karena hormon insulin dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Insulin adalah hormon yang mengatur tingkat gula darah dalam tubuh manusia. Hal itu berakibat gula darah menjadi tidak normal.

Lantas apa yang bisa kamu lakukan untuk melawan penyakit diabetes? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat menangkal penyakit diabetes. Berikut 5 makanan pencegah diabetes yang bisa kamu konsumsi:

1. Buah jeruk

Cegah Diabetes dengan Konsumsi 5 Makanan Ini, Penuh Kandungan Gizipexels.com/Lukas

Selain rasanya yang segar, buah jeruk kaya akan vitamin yang berguna mencukupi kebutuhan vitamin C penderita diabetes yang cenderung menurun. Selain itu, kandungan gizi lainnya seperti serat, mineral dan vitamin lain dalam jeruk juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Salmon

Cegah Diabetes dengan Konsumsi 5 Makanan Ini, Penuh Kandungan Giziunsplash.com/Caroline Attwood

Diet tinggi Omega-3 dianjurkan bagi orang-orang yang beresiko diabetes dan penyakit jantung. Salmon adalah satu dari sekian banyak sumber makanan hewani yang kaya akan Omega-3. Omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

Baca Juga: 5 Khasiat Terpendam Daun Sage, Bisa Atasi Penyakit Diabetes!

3. Teh hijau

Cegah Diabetes dengan Konsumsi 5 Makanan Ini, Penuh Kandungan Gizipexels.com/Pixabay

Kandungan flavonoid teh hijau berguna mencegah peradangan kronis yang disebabkan makanan berlemak, tidak pernah berolahraga, dan pola hidup tak sehat lain yang dapat mengakibatkan gangguan organ hati. Jika organ hati mengalami gangguan maka dapat menggagalkan kemampuan tubuh dalam menyerap gula darah.

4. Kacang-kacangan

Cegah Diabetes dengan Konsumsi 5 Makanan Ini, Penuh Kandungan Giziunsplash.com/Vladislav Nikonov

Mereka yang rajin mengonsumsi kacang-kacangan sedikitnya satu genggam kacang per hari memiliki prevelensi 5 persen lebih rendah mengalami sindrom metabolik. Sindorm ini adalah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, seperti yang disampaikan tim peneliti dari Louisiana State University.

5. Buncis

Cegah Diabetes dengan Konsumsi 5 Makanan Ini, Penuh Kandungan Gizipexels.com/Snapwire

Kandungan vitamin dan mineral dalam buncis dibutuhkan tubuh dalam melancarkan saluran pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat memperburuk penyakit diabetes.

Nah, itu 5 makanan pencegah diabetes yang bisa kamu konsumsi agar jauh dari diabetes. Mulai hidup sehat!

Baca Juga: 5 Perubahan Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Diabetes, Segera Periksa!

Ika Photo Verified Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya