Comscore Tracker

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Ternyata Menyehatkan

Uniknya, masih jarang orang tahu

Setiap bagian dari buah jeruk, mulai dari buah, kulit, ampas, bahkan sampai biji jeruk sekali pun ternyata memiliki manfaat untuk tubuh, loh. Namun, biasanya, setelah selesai makan jeruk, orang akan cenderung membuang bijinya.

Mulai sekarang, jangan langsung buang biji jeruk, ya! Ini lima manfaat baik biji jeruk untuk kesehatanmu.

1. Mencegah konstipasi

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Ternyata Menyehatkanpexels.com/Pixabay

Senyawa karotenoid yang ditemukan dalam biji jeruk ternyata dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah degenerasi makula atau gangguan mata akibat pengaruh usia.

2. Mengatur tekanan darah

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Ternyata Menyehatkanpexels.com/Claudia Barbosa

Biji jeruk memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan tekanan darah, loh. Vitamin B6 yang terkandung di dalamnya membantu produksi hemoglobin. Selain itu, magnesiumnya menjaga tekanan darahmu berada di batas normal.

Baca Juga: 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis bagi Kesehatan yang Sering Kita Sepelekan

3. Meningkatkan imunitas

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Ternyata Menyehatkanunsplash.com/Valerie Elash

Kaya antioksidan, biji jeruk bisa memperbaiki imunitas tubuh. Vitamin C dalam biji jeruk dapat meningkatkan fungsi sistem imun sekaligus menjaga tubuh dari racun.

4. Meningkatkan kualitas kulit

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Ternyata Menyehatkanunsplash.com/x )

Antioksidan yang terdapat dalam biji jeruk juga membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, biji jeruk juga meredakan noda hitam, bahkan kerutan.

5. Menjaga kesehatan rambut

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Ternyata Menyehatkanunsplash.com/Element5 Digital

Untuk rambut, vitamin C dan bioflavonoids dalam biji jeruk bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mendorong sirkulasi darah ke kulit kepala. Sebagai hasilnya, kulit tubuh akan menjadi sehat dan kuat.

Nah, itulah lima manfaat biji jeruk. Selain itu, biji jeruk juga kaya akan vitamin C dan phytochemical yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. loh!

Biji jeruk biasanya dijual dalam bentuk minyak. Kamu bisa menggunakan dalam campuran masakan atau aroma terapi. Namun, hati-hati, mengonsumsi dalam jumlah terlalu banyak dapat menyebabkan masalah dalam perut. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan, dari Flu hingga Kanker

Ika Photo Verified Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya