Comscore Tracker

6 Tempat Terlarang Meletakkan Handphone, Bahaya! 

Jangan letakkan gawaimu sembarangan, ya

Di zaman serba digital sekarang ini, handphone sudah menjadi barang kebutuhan, bukan keinginan lagi. Mempunyai handphone tentu harus bisa merawatnya. Misalnya dengan hal sepele seperti meletakkannya.

Ternyata, meletakkan handphone tidak boleh di sembarang tempat, lho. Sebab, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi keamanan dan kesehatan kamu.

Dilansir brightside, thehealthy, dan cancer.org, ada beberapa tempat yang sebaiknya tidak kamu jadikan tempat untuk meletakkan handphone. Apa saja tempat yang harus dihindari?

1. Di bawah bantal atau kasur 

6 Tempat Terlarang Meletakkan Handphone, Bahaya! ilustrasi tidur (pexels.com/Ron Lach)

Siapa yang sebelum beranjak tidur main handphone dulu? Lalu tanpa disadari kamu ketiduran dan akhirnya handphone pun tergeletak di bawah bantal atau kasur kamu.

Menurut data dari laporan National Sleep Foundation, tidur dekat handphone sangat mengganggu kesehatan. Jumlah frekuensi radiasi yang dikeluarkan handphone sama dengan yang dipancarkan dari gelombang mikro. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala dan juga pusing.

Selain itu, handphone dalam kondisi panas akan sulit melepas panas saat tertimpa bantal, sehingga meningkatkan risiko handphone meledak dan terbakar. Usahakan ketika tidur, handphone diletakkan di atas nakas. Pokoknya yang jauh deh dari tempat kamu tidur, ya.

2. Kantong pakaian atau saku celana

6 Tempat Terlarang Meletakkan Handphone, Bahaya! ilustrasi handphone di saku celana (pexels.com/Valeriia Miller)

Bila handphone dalam keadaan aktif dan ditempatkan di kantong pakaian atau saku celana, baik di depan maupun di belakang, akan menimbulkan radiasi yang akan memicu risiko tumor.

Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker Dunia dari WHO, dikatakan bahwa radiasi handphone juga bersifat karsinogenik bagi manusia. Artinya, hanya dengan duduk di dekat handphone saja dapat menyebabkan masalah kesehatan, contohnya rasa linu pada panggul.

3. Dekat alat pacu jantung

6 Tempat Terlarang Meletakkan Handphone, Bahaya! ilustrasi kamar rumah sakit (pexels.com/RODNAE Productions)

Meletakkan handphone berdekatan dengan alat pacu jantung, dapat mengganggu fungsi perangkat medis yang berada dekat dengan jantung pasien. Ini karena di dalam handphone terdapat magnet dan medan elektromagnetik yang dapat mengganggu bekerjanya peralatan medis yang dipasang di dalam tubuh pasien.

Untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan perangkat ini, sebaiknya jaga jarak aman dari peralatan gadget kamu. Jangan sampai kamu membunuh orang dengan handphone, ya.

Baca Juga: 7 Hal Keliru tentang Baterai Handphone yang Sering Menakutimu

4. Jok motor

6 Tempat Terlarang Meletakkan Handphone, Bahaya! ilustrasi sepeda motor (pexels.com/gya den)

Jika motor dalam keadaan menyala, panas yang dihasilkan oleh mesin bisa menyebabkan panas juga pada handphone. Bagian yang sangat rentan adalah layarnya, karena terbuat dari liquid yang mudah rusak bila terkena panas yang berlebihan.

Hal yang lebih berbahaya lagi adalah handphone bisa membakar sepeda motormu tanpa disadari. Sebab, posisi jok motor yang dekat dengan tangki bensin yang mudah terbakar.

5. Kamar mandi 

6 Tempat Terlarang Meletakkan Handphone, Bahaya! ilustrasi memainkan handphone di kamar mandi (pexels.com/cottonbro)

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Mikrobiologi Terapan dan Lingkungan, menyatakan bahwa apa pun yang berada dalam jarak satu meter dari kloset dapat terkontaminasi bakteri atau virus lewat udara.

Riset membuktikan bakteri dan virus tetap ada di permukaan kamar mandi, meski kloset telah dibersihkan. Untuk itu, demi keamanan dan kesehatan kamu, jangan pernah letakkan handphone di dalam kamar mandi, ya.

6. Stroller 

6 Tempat Terlarang Meletakkan Handphone, Bahaya! ilustrasi stroller (pexels.com/Kamaji Ogino)

Beberapa peneliti berpendapat bahwa meletakkan handphone di stroller berpengaruh pada otak. Hal tersebut  dapat menyebabkan masalah pada anak, seperti hiperaktif dan gangguan peningkatan aktivitas motorik.

Nah, bagi para orangtua, khususnya kaum ibu yang suka bepergian bersama anaknya, hindari meletakkan handphone di stroller, ya.

Boleh-boleh saja handphone selalu berada di dekat kita. Namun, sebaiknya hindari tempat-tempat yang disebutkan diatas. Daripada membahayakan kesehatan dan keamanan kamu, lebih baik dihindari, bukan?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membeli Handphone Bekas Bukan yang Baru

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

Happy single mom who loves cooking, baking, travelling, reading, eager to learn something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya