Comscore Tracker

Kok Bisa Umur 20-an tapi Badan Rasa 60-an? Ini Dia Tips Sehatnya!

Saatnya bergerak nih buat yang sering rebahan

Kamu umur 20-an? Pernah gak merasa badan rasanya lemas banget, kerja sedikit sudah berasa capek aja, padahal aktivitas yang dilakukan sehari-hari tidak terlalu berat, bawaannya ngantuk melulu, loyo aja gak ada semangat hidup? Kalo iya, kudu hati-hati nih.

Coba dilihat deh life style kamu. Apa kamu termasuk kaum rebahan yang mageran? Suka makan karbo dan yang manis? Suka begadang? Kurang minum air putih? Jika seperti ini gaya hidup kamu, ya wajar aja sih kalo kondisi badanmu jadi seperti itu. Mau tahu tips sehatnya? Yuk, dibaca hingga tuntas ya!

1. Makan yang bernutrisi dan bergizi seimbang 

Kok Bisa Umur 20-an tapi Badan Rasa 60-an? Ini Dia Tips Sehatnya!ilustrasi potret makan salad (pexels.com/Farhad Ibrahimzade)

Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tubuh menjadi cepat lelah adalah kurangnya asupan sehat dari nutrisi harian. Tidak dimungkiri gaya hidup zaman now yang cenderung banyak makan di luar rumah, membeli makanan secara online, dan ngemil gak tau waktu, akhirnya membuat generasi milenial memiliki pola makan yang buruk. Pilihan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang pun tidak selalu ada.

Padahal, makanan yang kamu makan itu harus mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Juga harus ditambah buah dan sayuran agar ada unsur seratnya. Hindari juga makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan seperti nasi, roti, kentang, mie, dan pasta. Karena makanan ini bisa men-trigger rasa kantuk, usahakan makan dengan kalori yang cukup. Batasi pula konsumsi junk food dan makanan olahan, seperti makanan kaleng dan frozen food.

2. Melakukan aktivitas fisik 

Kok Bisa Umur 20-an tapi Badan Rasa 60-an? Ini Dia Tips Sehatnya!ilustrasi potret jogging (pexels.com/Centre for Ageing Better)

Supaya tidak kaku, tubuh kita ini harus digerakkan setiap harinya. Kurangi intensitas duduk dan berbaring. Kebiasaan malas bergerak (mager) dapat membuat tubuh tidak bertenaga. Orang yang minim bergerak, otomatis gampang merasa lelah. Lakukanlah aktivitas fisik yang menggunakan otot tangan dan kaki. Pilihlah gaya hidup aktif. Bila jarak dekat, lebih baik jalan kaki atau naik sepeda daripada naik mobil.

Rutin berolahraga sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme, memperbaiki mood, dan menjadikan tidur lebih nyenyak di malam hari. Pastinya akan membuat tubuh terasa lebih segar dan bersemangat, mulailah dengan olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki. Lakukan dengan konsisten minimal 15--20 menit.

Baca Juga: Jangan Malas Lagi, 5 Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bantu Atasi Stres, Lho!

3. Cairan tubuh tercukupi 

Kok Bisa Umur 20-an tapi Badan Rasa 60-an? Ini Dia Tips Sehatnya!ilustrasi potret minum air (pexels.com/Maurício Mascaro)

Cairan sangat dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan sumber energi. Jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, tubuh akan merasa lelah dan tidak bertenaga. Oleh karenanya, penting untuk mencukupi cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter. Air putih adalah jenis cairan terbaik karena bebas kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan.

Jika tubuh banyak mengeluarkan cairan, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas, atau ketika mengalami demam, diare, dan muntah-muntah, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat mempertahankan energi dalam tubuh. Dengan demikian, otot menjadi tidak kaku dan tubuh pun tidak mudah lemas selama bergerak atau beraktivitas.

4. Memiliki kualitas tidur yang baik 

Kok Bisa Umur 20-an tapi Badan Rasa 60-an? Ini Dia Tips Sehatnya!ilustrasi potret tidur (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Setelah seharian beraktivitas tentunya tubuh butuh istirahat untuk mengisi kembali energi yang sudah terkuras. Untuk itu, penting sekali untuk mencukupi kebutuhan tidur setidaknya 6--8 jam setiap malam agar kamu tidak mudah merasa lelah. Milikilah jam tidur yang terjadwal, yakni tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Jika merasa lelah di siang hari, tidak mengapa untuk tidur siang selama 20–30 menit. Usahakan tidak bermain gadget 1 jam sebelum tidur karena ini akan membuatmu jadi sulit tidur. Kurangnya kualitas tidur bisa mengganggu kesehatan. Salah satunya membuat tubuh mudah lelah, ngantuk, cemas, dan mudah emosi. Mulai sekarang, yuk, perbaiki jam istirahat kamu!

5. Belajar mengelola stress 

Kok Bisa Umur 20-an tapi Badan Rasa 60-an? Ini Dia Tips Sehatnya!ilustrasi potret yoga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada banyak penyebab stres, bisa dari pekerjaan, finansial, hubungan personal, informasi negatif sosial media, dan ekspektasi yang tidak berjalan sesuai dengan kenyataan. Stres adalah silent killer yang dapat menguras energi. Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan susah tidur dan melemahkan daya tahan tubuh.

Namun, apabila stres dikelola dengan baik, rasa lelah pun dapat teratasi. Salah satunya adalah dengan melakukan relaksasi, seperti yoga dan meditasi. Relaksasi akan membuat kamu menjadi lebih tenang dalam mengatasi persoalan hidup. Selain itu, melakukan hobi yang disukai juga bisa mengurangi stres, misalnya menonton film, berkebun, atau bermain musik.

 

Hindari juga kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol atau kopi yang berlebihan. Rasa lelah yang normal umumnya bisa teratasi dengan cara di atas. Namun jika tidak berhasil, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Ampuh Mengurangi Stres, Butuh Waktu 2 Menit Saja

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya