Comscore Tracker

5 Nutrisi Penting Yogurt Yunani untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata beda dari yogurt biasa!

Yogurt Yunani atau Greek yogurt disebut-sebut sebagai salah satu makanan super. Produk olahan susu ini kaya akan nutrisi, lezat, dan menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Berbeda dengan yogurt biasa, yogurt Yunani bisa dikonsumsi buat kamu yang gak toleran terhadap laktosa karena lebih mudah dicerna. Perbedaannya pun gak cuma berhenti di situ saja. Jumlah nutrisi yang terkandung di dalam keduanya juga beda. 

Semangkuk yogurt Yunani cocok ditambahkan ke menu sahur dan berbukamu. Di dalamnya ada 5 nutrisi penting berikut yang bisa bantu jaga kesehatan tubuh!

1. Protein

5 Nutrisi Penting Yogurt Yunani untuk Kesehatan TubuhIlustrasi olahan yogurt (pexels.com/daria)

Beda dari yogurt biasa, yogurt Yunani mengandung lebih banyak protein. Mengutip laman Healthline, satu porsi yogurt Yunani rata-rata bisa mengandung 12-17,3 gram protein. Hal ini dikarenakan pembuatan yogurt Yunani membutuhkan lebih banyak susu dan melewati lebih banyak proses penyaringan, sehingga menyisakan yogurt dengan konsistensi kental, rasa tajam, dan padat nutrisi.

Protein yang lebih banyak dalam yogurt Yunani bisa membuatmu kenyang lebih lama. Sebuah studi yang dilansir Journal of Dairy Science tahun 2018 lalu mengungkapkan kalau mereka yang mengonsumsi protein tambahan saat sarapan punya kadar gula lebih rendah dan hasrat makan lebih rendah saat siang hari. Hal ini dikarenakan protein butuh lebih banyak waktu untuk dicerna dibandingkan karbohidrat, lansir Harvard Health Publishing.

Protein yang banyak terkandung di dalamnya pun penting untuk sistem imun, saraf, dan keseimbangan cairan tubuhmu. 

2. Probiotik

5 Nutrisi Penting Yogurt Yunani untuk Kesehatan TubuhIlustrasi olahan yogurt (freepik.com/valeria_aksakova)

Mengonsumsi yogurt Yunani yang mengandung probiotik bisa bantu menjaga kesehatan pencernaanmu. Probiotik merupakan sekumpulan bakteri yang menyokong fungsi sistem pencernaan tubuhmu. Mereka akan mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan, sehingga meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Menurut laman Live Strong, yogurt dengan probiotik mengandung bakteri yang serupa dengan yang hidup di dalam pencernaanmu, sehingga bisa memberikan manfaat kesehatan lebih luas.

Menurut sebuah studi yang dilansir International Journal of Scientific and Research Publication tahun 2014 lalu, probiotik disebut bisa mencegah dan melawan beberapa gangguan sistem pencernaan, melindungi dari kanker usus, mencegah osteoporosis, hingga meningkatkan sistem imun.

3. Kalsium

5 Nutrisi Penting Yogurt Yunani untuk Kesehatan TubuhIlustrasi olahan yogurt (freepik.com/stockking)

Kalau tadi yogurt Yunani mengandung lebih banyak protein daripada yogurt biasa, kali ini yogurt Yunani punya lebih sedikit kalsium. Biarpun begitu, kandungannya tetap terbilang tinggi. Laman US News mengungkapkan kalau 6 ons atau sekitar 170 gram yogurt Yunani bisa memberimu sekitar 20 persen dari rekomendasi asupan kalsium harian.

Seperti yang kamu tahu, kalsium penting untuk kesehatan tulangmu. Jantung, otot, dan sarafmu juga perlu kalsium supaya bisa berfungsi dengan baik, tutur laman Mayo Clinic. Kekurangan kalsium bisa berdampak buruk karena akan menghambat pertumbuhan pada anak-anak dan meningkatkan risiko osteoporosis pada orang dewasa. 

Karena tubuhmu gak bisa memproduksi kalsium sendiri, kamu wajib mendapatkan kalsium dari menu buka dan sahurmu.

Baca Juga: 5 Ide Olahan Kue Yogurt Manis dan Segar, Gak Cukup Sepotong!

4. Vitamin B-12

5 Nutrisi Penting Yogurt Yunani untuk Kesehatan TubuhIlustrasi olahan yogurt (freepik.com/topntp26)

Selain protein, probiotik, dan kalsium, yogurt Yunani juga mengandung vitamin B-12. Menurut laman Insider, kandungannya sekitar 1,2 mcg per 6 ons, lebih banyak dari yogurt biasa yang hanya sekitar 1,04 mcg per 6 ons.

Vitamin ini sendiri dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah, menyokong fungsi otak, dan sintesis DNA. Laman Healthline mengungkapkan kalau mereka yang vegetarian cenderung kekurangan vitamin B-12 karena vitamin ini banyak terkandung dalam produk hewani.

Oleh karena itu, yogurt Yunani cocok banget buat kamu yang vegetarian. Tambahkan saja seporsi yogurt Yunani ke dalam menu sahur atau berbukamu untuk dapat tambahan asupan vitamin ini.

5. Iodin

5 Nutrisi Penting Yogurt Yunani untuk Kesehatan TubuhIlustrasi yogurt (freepik.com/nensuria)

Sama seperti kalsium dan vitamin B-12, iodin atau juga disebut yodium merupakan salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh tapi gak bisa diproduksi sendiri.

Laman Very Well Health mengungkapkan kalau mineral ini penting untuk fungsi tiroid. Kekurangan asupan iodin bisa menyebabkan hipotiroidisme dan gondok. 

Melansir laman Insider, untuk 100 gram yogurt Yunani tanpa lemak bisa memiliki 51,2 mcg iodin. Menurut tabel Angka Kecukupan Gizi, laki-laki dan perempuan di atas 13 tahun perlu dapat 150 mcg yodium per hari, sementara di bawah itu hanya perlu 90-120 mcg. Ibu hamil dan menyusui perlu lebih dari 200 mcg yodium untuk memenuhi kebutuhan asupan yodium sendiri dan si bayi. 

Pilihlah yogurt Yunani murni yang minim tambahan gula dan bahan-bahan lainnya. Kamu pun bisa berkreasi dengan menambahkan potongan buah-buah segar, granola, dan lain-lain sesuai seleramu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Yogurt Souffle, Kudapan Nikmat yang Penuh Gizi

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya