Comscore Tracker

6 Kebiasaan Penting untuk Cegah Rambut Beruban Selagi Muda

Pola hidup sehat ternyata berpengaruh, lho!

Rambut putih alias uban tak pelak jadi momok yang mengintai perempuan maupun laki-laki seiring bertambahnya usia. Biarpun begitu, usia bukan satu-satunya penyebab munculnya uban, lho! Beberapa hal bisa jadi penyebab munculnya uban, bahkan tumbuhnya prematur atau muncul lebih awal.

Uban memang gak bisa diihindari, tapi masih ada hal yang bisa kamu lakukan untuk memperlambat kemunculannya dan menghindari rambut beruban prematur. Coba mulai 6 kebiasaan ini untuk mencegahnya!

1. Wajib kelola stres

6 Kebiasaan Penting untuk Cegah Rambut Beruban Selagi MudaFreepik/creativeart

Stres terkenal jadi penyebab munculnya uban dan itu memang benar adanya. Stres dapat mempercepat siklus pertumbuhan rambutmu, sehingga rambut putih jadi muncul.

Pada tingkat yang parah, stres kronis bisa menyebabkan inflamasi sistemik yang membunuh sel-sel penghasil melanin pada rambut. Kamu perlu pintar-pintar mengelola stres dan selalu sediakan waktu untuk dirimu sendiri, ya!

2. Tidak merokok

6 Kebiasaan Penting untuk Cegah Rambut Beruban Selagi MudaFreepik/nensuria

Gak hanya buruk bagi kesehatan, kebiasaan merokok bisa bikin kamu cepat tua. Merokok dapat mempercepat proses penuaan pada rambut dan kulitmu.

Mengutip laman Medical News Today, sebuah penelitian menemukan kalau para perokok memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk mengalami rambut beruban prematur daripada non perokok. Jadi, kapan mau berhenti merokok?

3. Menghindari paparan radikal bebas

6 Kebiasaan Penting untuk Cegah Rambut Beruban Selagi MudaUnsplash/airguitarbandit

Radikal bebas dari sinar UV dan polusi gak cuma berpotensi merusak rambut, tapi juga mempercepat proses penuaannya. Stres oksidasi menyebabkan ketidakseimbangan ketika antioksidan dalam tubuh tidak cukup banyak untuk melawan efek radikal bebas. Alhasil, terjadilah proses penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan.

Jadi, mulai hindari atau kurangi paparan radikal bebas dan ciptakan lingkungan yang lebih sehat sedari sekarang.

Baca Juga: 10 Fakta Tentang Uban, Rambut Memutih yang Bisa Dialami Anak Muda

4. Pola makan sehat dengan gizi seimbang

6 Kebiasaan Penting untuk Cegah Rambut Beruban Selagi MudaFreepik/senivpetro

Asupan gizi seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat, dan mineral lainnya akan membantu pertumbuhan rambut. Beberapa defisiensi atau kekurangan mineral dan vitamin tertentu bisa memicu munculnya rambut putih, seperti kurang vitamin D, B12, B6, dan lain-lain.

Tambahkan juga makanan dan minuman mengandung antioksidan dalam menu setiap hari untuk membantu tubuh melawan radikal bebas.

5. Rutin memeriksakan diri ke dokter

6 Kebiasaan Penting untuk Cegah Rambut Beruban Selagi Mudafreepik/jcomp

Beberapa penyakit seperti gangguan autoimun dan tiroid dapat menyebabkan rambut mengalami beruban prematur. Rutinlah berkunjung ke dokter untuk mengecek kesehatan paling tidak sebulan sekali. Ini untuk mendeteksi dini adanya penyakit sehingga bisa segera diobati.

Bila kamu mengalami rambut beruban prematur tanpa tahu penyebabnya dan disertai gejala-gejala yang mengkhawatirkan, segeralah periksakan diri ke dokter.

6. Menggunakan produk perawatan rambut yang aman

6 Kebiasaan Penting untuk Cegah Rambut Beruban Selagi MudaFreepik/prostooleh

Bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan rambut, terutama cat rambut, dapat berkontribusi pada pertumbuhan rambut uban. Beberapa bahannya ternyata berpotensi menurunkan jumlah melanin pada rambut. Hidrogen peroksida yang terdapat pada cat rambut, misalnya.

Penggunaan cat rambut secara berlebihan dapat menyebabkan rambut beruban. Jadi, gunakan secukupnya, ya!

Nah, mencegah dan memperlambat munculnya rambut beruban ternyata bisa dilakukan dengan memulai gaya hidup sehat. Selagi muda, yuk, cegah rambut beruban dan hal-hal buruk lainnya dengan mengadopsi gaya hidup sehat dari sekarang!

Baca Juga: Takut Pakai Hair Gel? Yuk Ikuti 5 Aturan Ini Supaya Rambut Tetap Sehat

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya