Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!

Disebabkan kurang tidur hingga penyakit tertentu

Apa kamu sering merasa kedinginan biarpun teman-temanmu tampak nyaman-nyaman saja? Apa kamu sering membalut tubuhmu dengan pakaian berlapis-lapis saat cuaca sedang dingin-dinginnya?

Meskipun kedinginan termasuk hal yang wajar, kamu tetap perlu memperhatikan kesehatanmu. Bila kamu kedinginan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi tubuhmu sedang memberikan sinyal akan adanya masalah.

Ada beberapa alasan yang perlu kamu perhatikan bila sering merasa atau mendadak kedinginan tanpa sebab. Berikut alasan ilmiahnya!

1. Kamu terlalu kurus

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!Unsplash/happyveganfit

Bila berat badanmu di bawah angka ideal, maka wajar saja bila kamu sering merasa kedinginan. Ketika berat badanmu terlalu rendah, tubuhmu tidak memiliki cukup lemak untuk menjaga temperatur dari hawa dingin. Selain itu, kurang mendapat asupan kalori juga bisa membuat metabolisme melambat. Hal ini menyebabkan pengaturan temperatur tubuh tidak bekerja secara efisien.

2. Berat badanmu turun drastis

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!Unsplash/happyveganfit

Bila kamu sedang menjalani program diet atau mengalami gangguan makan yang menyebabkan penurunan berat badan drastis, maka itu cukup menjelaskan kenapa kamu merasa kedinginan. Berkurangnya jumlah lemak dalam tubuh bisa membuatmu sensitif pada hawa dingin.

Baca Juga: Tak Hanya Insomnia, 5 Gangguan Tidur Ini Juga Bisa Mengintaimu

3. Tidak mendapatkan tidur cukup

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!earth.com

Kurang tidur memiliki beberapa dampak pada tubuhmu, salah satunya adalah kehilangan kehangatan. Menurut National Sleep Foundation, tidur sangat penting untuk mengatur temperatur tubuh. Kurang tidur akan mengacaukan ritme sirkadian yang mengatur metabolisme, hormon, dan temperatur tubuhmu setiap kurang lebih 24 jam.

4. Kurang minum

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!Pexels/daria

Air membantu menjaga temperatur tubuh. Selain menjaga tubuhmu tetap dingin di hawa panas, minum cukup air juga menjaga tubuhmu dari hawa dingin. Kekurangan air atau dehidrasi akan membuat metabolismemu melambat yang dapat berdampak pada kehilangan kehangatan tubuh.

5. Kurang dapat asupan vitamin B12

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!Unsplash/abbiebernet

Vitamin B12 penting bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah bertugas mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Bila kamu kekurangan vitamin B12, oksigen tidak tersirkulasi secara merata, menyebabkan beberapa anggota tubuhmu terasa dingin seperti tangan atau kaki. Kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dengan makan daging, ikan, atau produk susu.

6. Kurang memiliki massa otot

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!Unsplash/lavievagabonde

Selain lemak, otot ternyata juga membantu menjaga tubuh dari hawa dingin. Tidak memiliki massa otot yang cukup pada tubuh dapat membuatmu mudah kedinginan. Makan cukup kalori dan nutrisi, aktif bergerak, dan rajin berolahraga bisa membuatmu lebih mudah melawan hawa dingin.

7. Penyakit-penyakit tertentu

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!Pexels/rawpixel

Bila kamu sering kedinginan diiringi oleh gejala-gejala tertentu, segeralah periksakan diri ke dokter. Sering merasa kedinginan bisa menjadi salah satu gejala dari beberapa penyakit tertentu.

Penyakit hipotiroidisme misalnya. Penyakit ini terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon dalam jumlah cukup, yang dapat berdampak pada melambatnya metabolisme. Penyakit diabetes juga perlu diwaspadai. Penyakit ini bisa menganggu sirkulasi darah dalam tubuh yang membuat oksigen tidak tersirkulasi dengan baik.

Anemia, sindrom Raynaud yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke bagian tertentu, hingga atherosclerosis di mana pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras karena timbunan plak, juga merupakan beberapa gangguan kesehatan yang perlu kamu waspadai bila kamu sering dan mudah kedinginan.

Penting bagi kamu untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Hal sesepele sering kedinginan bisa menjadi gejala awal dari penyakit-penyakit berbahaya. Dengan mendeteksi penyakit lebih awal, kamu juga bisa memiliki kemungkinan untuk cepat sembuh.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu, 7 Hal Ini Akan Terjadi Saat Tubuh Kedinginan!

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You