Comscore Tracker

Wajib Lakukan, Ini 6 Cara Tetap Sehat Saat Harus Duduk Seharian

Kurangi risiko kematian dengan banyak bergerak

Gak hanya meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung, duduk terlalu lama juga meningkatkan risiko kematian. Belum lagi efek duduk terlalu lama tidak bisa benar-benar dikurangi dengan olahraga.

Bagi kamu yang terpaksa duduk lama, kamu masih bisa mengakalinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap sehat dan aktif biarpun harus duduk seharian. Bagaimana caranya? Berikut cara tetap sehat biarpun harus duduk seharian!

1. Luangkan 30 menit untuk beraktivitas fisik setiap hari

Wajib Lakukan, Ini 6 Cara Tetap Sehat Saat Harus Duduk SeharianUnsplash/huckster

Luangkan minimal 30 menit setiap harinya untuk bergerak aktif. Kamu bisa lari pagi, aerobik, dansa, dan lain-lain. Kamu juga bisa, kok, bergerak aktif seperti membersihkan seisi rumah. Pokoknya, pastikan selama kurun waktu ini kamu bergerak aktif atau berolahraga.

2. Makan secukupnya saat makan siang

Wajib Lakukan, Ini 6 Cara Tetap Sehat Saat Harus Duduk SeharianPexels/buenosia-carol-116286

Hindari makanan tidak sehat seperti makanan berminyak, tinggi kalori, tinggi gula, dan rendah nutrisi. Saat duduk seharian, metabolisme tubuhmu menjadi lambat. Jadi, makan makanan berat sangat tidak disarankan. Apalagi menu makanan yang tidak sehat.

Ganti juga camilanmu dengan salad dan buah-buahan. Minum air secukupnya juga sangat disarankan, karena dengan begini kamu harus berdiri untuk berjalan ke kamar mandi.

3. Perhatikan kesehatan matamu

Wajib Lakukan, Ini 6 Cara Tetap Sehat Saat Harus Duduk SeharianUnsplash/dtravisphd

Kamu wajib mengistirahatkan matamu setiap dua puluh menit sekali. Luangkan minimal satu menit untuk berpaling dari layar dan fokus pada benda-benda berjarak jauh. Ini mengurangi efek ketegangan pada matamu.

Perhatikan juga paparan cahaya biru yang terpancar dari layar. Gunakan kacamata khusus yang dapat menjaga mata dan menyaring cahaya biru. Gunakan juga aplikasi di dalam gadget yang dapat mengatur pancaran cahaya biru pada layar.

Baca Juga: 5 Penyakit Berbahaya Akibat Kebanyakan Duduk, Jangan Abaikan! 

4. Jangan lupa istirahat sesekali

Wajib Lakukan, Ini 6 Cara Tetap Sehat Saat Harus Duduk SeharianPexels/rawpixel

Cobalah istirahat beberapa menit dengan berdiri dan berjalan keluar. Kamu bisa meregangkan tubuh dan menarik napas dalam-dalam. Selain mengurangi waktu duduk, pikiranmu juga bisa menjadi rileks karenanya. Dengan cara ini, kamu bisa kembali bekerja atau belajar dengan pikiran yang lebih jernih.

5. Selalu cari cara untuk bergerak aktif

Wajib Lakukan, Ini 6 Cara Tetap Sehat Saat Harus Duduk SeharianUnsplash/jonny_k

Gunakan transportasi umum dan mulai berhenti menggunakan kendaraan pribadi. Selain baik untuk kesehatan, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi juga baik untuk lingkungan, lho.

Kalau bisa naik tangga ke lantai tujuan, kenapa harus gunakan lift? Kalau bisa jalan kaki ke minimarket, kenapa naik motor? Kalau kamu selalu terbuka pada pilihan untuk bergerak aktif, kamu pasti akan menemukan caranya.

6. Tetap aktif di hari libur

Wajib Lakukan, Ini 6 Cara Tetap Sehat Saat Harus Duduk SeharianUnsplash/nicolehoneywill

Di hari libur, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga. Kamu juga bisa mengisinya dengan berkunjung ke sanak saudara, jalan-jalan dengan teman, dan melakukan hobi.

Selain baik untuk kesehatan fisik, memanfaatkan hari libur secara maksimal juga menjaga kesehatan mentalmu, lho. Saat kembali ke rutinitas padat, pikiranmu menjadi lebih jernih. Produktivitasmu pun juga akan menjadi lebih baik.

Duduk lama memang tak terhindarkan lagi bagi sebagian orang, tapi bukan berarti itu menjadi alasan untuk semakin malas bergerak. Manfaatkan waktu yang ada untuk bergerak aktif. Seimbangkan dengan makan makanan sehat dan istirahat yang cukup. Kalau bukan diri kita sendiri, siapa yang menjaga kesehatan kita? Yuk, hidup sehat dan aktif!

Baca Juga: Duduk Terlalu Lama? 5 Hal Berbahaya Ini Akan Menghampirimu!

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You