Comscore Tracker

Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu Menua

Mulai dari muncul uban sampai tekstur rambut yang berubah

Semakin bertambahnya usia, kita akan mengalami banyak perubahan. Mulai dari sikap perilaku, pola pikir, gaya hidup, hingga penampilan fisik kita. Diakui atau tidak, penampilan fisik menjadi area perubahan yang paling bikin panik. Tak jarang kita dibuat cemas saat muncul keriput di wajah, apalagi rambut ubanan.

Namun asal kamu tahu, rambut beruban bukan satu-satunya perubahan yang akan dialami rambutmu seiring kamu menua, lho. Ada 6 hal yang akan terjadi para rambutmu. Duh, apa saja? Berikut daftarnya!

1. Warna rambut memudar

Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu MenuaPixabay/julim6-87801

Warna rambutmu akan berubah seiring bertambahnya usiamu. Ini dikarenakan berkurangnya jumlah melanin yang diproduksi tubuhmu.

Melansir laman Fantastic Sams, melanin merupakan pigmen yang memberi warna alami pada rambut. Saat kamu tua, sel tubuhmu akan kehilangan kemampuan memproduksi melanin dalam jumlah cukup. Oleh karena itu, warna rambutmu akan berubah dan memudar. Bisa berwarna keabu-abuan, bahkan putih.

2. Rambut yang tumbuh semakin sedikit

Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu MenuaRavishly.com

Penuaan juga mempengaruhi jumlah rambut yang tumbuh di kepalamu. Saat kamu tua, sel tubuhmu tidak berfungsi seoptimal waktu kamu muda dulu.

Julien Farel, seorang hairstylist kenamaan Prancis mengatakan folikel atau struktur kulit tempat tumbuhnya rambut tidak akan memproduksi rambut sebanyak ketika kamu muda. Ketidakseimbangan hormon juga bisa jadi penyebab. Rambutmu akan lebih mudah rontok, dan hanya digantikan oleh sedikit rambut.

Baca Juga: Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut Rusakmu

3. Rambut tak sekuat dulu

Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu MenuaUnsplash/freestocks

Penuaan juga punya andil dalam mempengaruhi tekstur dan kekuatan rambut. Mengutip laman Very Well Health, sel-sel kutikula pada rambut akan melunak saat kamu tua nanti. Oleh karenanya, rambutmu akan terlihat rapuh dan mudah rusak. Rambut yang tumbuh pun juga lebih tipis. 

4. Rambut tumbuh lebih lama

Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu MenuaUnsplash/stairhopper

Tingkat pertumbuhan rambut akan menurun ketika kamu menginjak usia paruh baya. Fase pertumbuhan rambutmu akan menjadi lebih singkat. Sehingga kemungkinan besar rambutmu tidak bisa tumbuh sepanjang dulu. Untuk tumbuh pun juga akan butuh waktu lebih lama.

5. Rambut menjadi kasar

Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu MenuaPixabay/stux-12364/

Saat tua, rambutmu gak cuma kehilangan melanin. Protein keratin pun juga akan berkurang. Tanpa protein ini, rambut akan mengalami perubahan tekstur. Teksturnya akan lebih kasar kalau dibandingkan dengan rambut bermelanin cukup.

6. Rambut kehilangan kilau sehatnya

Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu MenuaPixabay/malina_bogdanovskaya-2503692

Berkurangnya protein dan melanin pada rambut juga berarti kalau rambutmu akan kehilangan kilau sehatnya. Rambut kering, kasar, dan rapuh, tentu tak dapat merefleksikan cahaya sebaik rambut sehat pada umumnya. Rambutmu lebih terlihat kusam dan kuyu saat tua nanti. 

Mau tidak mau, perubahan ini pasti akan kita alami. Untuk menunda perubahan ini lebih lama, kamu perlu rajin merawat rambut selagi muda. Jangan disia-siakan!

Namun bukan berarti kamu gak lagi cantik atau tampan saat tua nanti. Rambut boleh ubanan, tapi selama jiwa mudamu masih ada, kamu tetap terlihat kece, kok!

Baca Juga: 7 Fakta Pedikulosis, Serangan Kutu pada Rambut Manusia, Auto Garuk!

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya