Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Akan Membuat Flu Semakin Parah

Jangan diremehkan!

Kebanyakan orang cenderung menyepelekan flu sebagai penyakit ringan yang akan hilang dengan sedikit usaha pengobatan. Kita tetap beraktivitas seperti biasa, menempatkan diri kita di situasi yang membuat flu semakin parah. Flu parah akan menjadi sulit ditangani dan perlu waktu pemulihan lebih lama. Rencana dan aktivitasmu akan semakin terganggu.

Ada beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari saat terkena flu. Berikut enam kebiasaan yang akan membuat flumu semakin parah dan memperpanjang waktu pemulihan. Disimak, yuk!

1. Tidak minum banyak air

Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Akan Membuat Flu Semakin ParahPexels/daria

Tidak minum cukup air hanya akan memperparah gejala flu. Minum air akan membantumu melancarkan hidung yang tersumbat dan menurunkan demam. Coba tambah asupan air dengan makan sup, minum teh, dan lain-lain. Hindari minuman yang mengandung terlalu banyak gula. Mereka akan memicu peradangan dan memperparah flumu.

2. Malas bergerak

Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Akan Membuat Flu Semakin Parahpexels.com/pixabay

Ya, demam akan membuatmu malas bergerak. Sekujur tubuhmu rasanya seperti dipukuli petinju profesional. Namun, usahakan untuk bergerak atau berolahraga sedikit saja saat merasa agak mendingan. Ini akan membuatmu pulih lebih cepat.

Lakukan olahraga kecil-kecilan untuk melancarkan pernapasan dan jangan sampai kelewat lelah. Segera berhenti ketika kamu merasa pusing, mual, atau tidak nyaman.

3. Terlalu banyak bergerak

Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Akan Membuat Flu Semakin ParahPexels/victorfreitas

Kita semua cenderung meremehkan flu. Kita tetap pergi sekolah, kuliah, atau kerja seperti biasa, bahkan berpikir kalau penyakitnya semakin terasa kalau tidak beraktivitas. Terlalu banyak beraktivitas ketika sedang flu akan membuatnya semakin parah dan membutuhkan pemulihan lebih lama. Biarkan tubuhmu beristirahat untuk melawan flu dan rehat dari aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 7 Penyebab Kamu Rentan Kena Flu, Hindari supaya Gak Sering Terserang

4. Begadang

Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Akan Membuat Flu Semakin Parahunsplash.com/vheath

Kamu akan tergoda untuk 'maraton' menonton drama Korea saat izin tidak masuk sekolah atau kerja karena flu. Apalagi ketika flu, kita cenderung sulit tidur karena hidung tersumbat dan badan pegal-pegal.

Gunakan kesempatan itu untuk istirahat. Tidur yang cukup akan membuatmu pulih lebih cepat. Cari posisi tidur yang membuatmu nyaman dan jangan lawan efek obat yang membuatmu mengantuk.

5. Stres

Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Akan Membuat Flu Semakin Parahpexels.com/katlovessteve

Hindari stres dan terlalu banyak berpikir sebisa mungkin. Tak hanya tubuh, pikiranmu juga perlu istirahat. Masalah kantor dan lain-lain bisa menunggu nanti ketika kamu sudah pulih benar. Stres akan memengaruhi sistem imunmu. Hindari situasi yang membuatmu stres sebisa mungkin.

6. Malas makan

Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Akan Membuat Flu Semakin ParahPexels/pixabay

Flu akan membuat makanan apapun terasa tidak enak di lidah kita, tapi jangan sampai hal ini membuatmu malas makan. Tubuhmu perlu nutrisi yang cukup untuk melawan flu. Usahakan makan makanan sehat dan hindari makanan cepat saji. Rasanya memang tidak seenak ketika kamu sehat, tapi tubuhmu akan berterima kasih atas asupan nutrisinya.

Selain yang disebutkan di atas, ada kebiasaan-kebiasaan lain yang juga memperparah flumu seperti merokok atau berada di sekitar perokok, dan mengonsumsi minuman keras. Hindari pola kesehatan yang buruk ketika sakit dan juga ketika kamu telah sehat dan pulih nantinya.

Baca Juga: Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan Ini

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

"And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace," Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You