Comscore Tracker

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan

Tak hanya lezat, rasanya juga enak!

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses oksidasi akibat radikal bebas. Senyawa ini dihasilkan secara alami oleh tubuh dan juga terkandung di berbagai macam makanan yang tersedia di alam. Antioksidan penting untuk mengurangi risiko penyakit dan kerusakan tubuh akibat radikal bebas.

Berikut 10 makanan super kaya antioksidan yang baik untuk kesehatanmu dilansir dari Healthline.

1. Cokelat hitam

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanMedicalnewstoday.com

Berbeda dengan cokelat manis yang banyak dijual di toko-toko, cokelat hitam mengandung lebih banyak kakao atau biji cokelat asli. Oleh karena itu, cokelat hitam memiliki lebih kaya akan mineral dan antioksidan.

Bagi sebagian orang, rasanya mungkin akan sedikit pahit karena beberapa produk cokelat hitam mengandung rendah gula dan susu. Tapi kalau baik untuk kesehatan, kenapa tidak?

2. Kacang pecan

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanGreenvalleypecan.com

Mungkin kacang pecan masih terdengar asing bagi sebagian dari kita. Namun sebagai informasi, kacang pecan ini mengandung lemak sehat, mineral, dan antioksidan yang tinggi, lho.

Mengonsumsi kacang pecan juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam darah secara alami. Namun perlu dicatat kalau kacang ini memiliki kandungan kalori tinggi. Jadi kalian harus mengonsumsinya tanpa berlebihan.

3. Bluberi

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanUnsplash/andrewwelch3

Tak hanya bernutrisi, bluberi juga kaya antioksidan dan rendah kalori. Bluberi merupakan buah andalan yang biasa menjadi bahan salad buah.

Buah berwarna biru gelap keunguan ini tidak cuma enak, tapi juga mengandung beberapa antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menunda penurunan fungsi otak akibat usia.

4. Stroberi

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanUnsplash/alienowicz

Buah cantik berwarna merah ini tak kalah bergizi dari blueberry. Stroberi merupakan sumber vitamin C dan antioksidan lainnya. Warna merah cantik pada buah stroberi datang dari tipe antioksidan bernama anthocyanins. Tipe antioksidan ini dapat mengontrol kolesterol jahat dan baik, sehingga kamu yang rutin makan stroberi, bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Semakin merah stroberi, ada kemungkinan mengandung lebih banyak anthocyanins.

5. Goji berry

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanOnegreenplanet.org

Berasal dari Asia, goji berry kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Goji berry mengandung tipe antioksidan unik yang menurut beberapa penelitian dapat melawan penuaan kulit dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, goji berry juga dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam darah secara alami seperti halnya kacang pecan.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, 5 Fakta Tentang Teh Putih yang Harus Kamu Tahu

6. Raspberry

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanUnsplash/anniespratt

Raspberry atau biasa disebut sebagai buah Frambos, merupakan buah yang kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan lainnya. Buah ini bisa kamu tambahkan ke salad atau cukup kamu jus.

Menurut sebuah uji laboratorium, kandungan gizi dalam raspberry ampuh membunuh sampel sel kanker perut, usus besar, dan payudara. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efeknya pada manusia.

7. Sayur kale

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanUnsplash/adolfofelix

Sayur kale termasuk sayuran hijau paling bergizi di dunia karena kaya akan berbagai vitamin dan antioksidan. Kale masih berhubungan dekat dengan sayuran lain seperti brokoli dan kubis.

Selain kaya vitamin dan antioksidan, sayuran ini juga tinggi kalsium yang bagus untuk kesehatan tulangmu.

8. Kubis merah

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanPixabay/congerdesign-509903

Kubis merah mengandung lebih banyak nutrisi daripada kubis hijau. Kubis merah lebih kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya. Warna merah keunguan pada kubis ini datang dari antioksidan bernama anthocyanins. Antioksidan ini dapat mengurangi risiko kamu terkena penyakit jantung.

Selain itu, cara memasak dengan merebus, mengoseng, atau mengukus kubis merah dapat memberimu lebih banyak kandungan antioksidan.

9. Buah bit merah

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanPixabay/congerdesign-509903

Buah bit merah kaya akan serat, potasium, zat besi dan folat, sekaligus antioksidan. Antioksidan betalains yang terkandung di dalamnya tak hanya memberi warna kemerahan, tetapi juga menyimpan banyak manfaat kesehatan. Uji laboratorium menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan saluran pencernaan.

10. Bayam

Lezat, 10 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk KesehatanPexels/fotios-photos

Makanan favorit karakter fiksi Popeye ini termasuk sayuran hijau paling kaya akan nutrisi di dunia. Bayam mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, bayam sangat rendah kalori sehingga aman dikonsumsi.

Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam bayam efektif melindungi matamu dari kerusakan akibat sinar UV dan cahaya berbahaya lainnya.

Nah, makanan mana yang akan kamu masukkan dalam daftar belanjamu selanjutnya? Tak hanya bermanfaat, makanan di atas juga lezat dan dapat diolah ke berbagai macam sajian supaya kamu tidak bosan.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Nyata Bela Diri untuk Kesehatan Tubuhmu

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

"And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace," Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You