Comscore Tracker

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh Mint

Cocok diminum supaya gak lemas di tengah hari!

Daun mint sering menjadi bahan unggulan yang digunakan pada produk pasta gigi hingga obat kumur, dan jadi rasa permen idola banyak orang. Bukan tanpa sebab, daun mint memang memiliki bau segar yang khas. Daun mint telah dipercaya banyak orang untuk mengurangi napas bau yang efektif dan menyegarkan mulut seketika. 

Lalu, bagaimana dengan manfaat daun mint yang diseduh dalam bentuk minuman teh? Apa saja manfaat yang kamu dapat dengan rutin meminumnya? Berikut 9 manfaat segarnya teh seduhan daun mint!

1. Bantu meringankan gejala IBS

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh MintFreepik/freepik

Irritable Bowel Syndrome merupakan gangguan pencernaan yang mempengaruhi kinerja usus besar. Penderita IBS biasanya jauh lebih sensitif terhadap makanan dan minuman, sehingga sering mengalami sakit perut, mual, perut kembung, diare, hingga sembelit. Kalau kamu menderita gangguan pencernaan ini, minum teh bisa meredakan gejala-gejala yang kamu rasakan.

Teh mint dapat mengurangi inflamasi atau peradangan, sekaligus bantu mengeluarkan angin yang menyebabkan mual dan perut kembung.

2. Meredakan rasa tidak nyaman dalam perut

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh Mintfreepik/freepik

Daun mint mengandung mentol yang dapat mengendurkan atau melemaskan otot, sehingga meredakan kram atau rasa sakit pada perutmu. Kandungan ini juga dipercaya mengurangi rasa sakit, peradangan dalam perut, hingga mengeluarkan angin.

3. Melegakan hidung yang tersumbat

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh Mintfreepik/pressfoto

Minum teh mint hangat atau panas dapat membantu melegakan hidungmu yang tersumbat dengan membersihkan saluran hidung dan melebarkan jalan napas. Daun mint memiliki kandungan antibakteri, antivirus, dan antiperadangan. Oleh karena itu, hidung tersumbat akibat infeksi, flu, hingga alergi bisa dilegakan dengan minum minuman satu ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Hitam bagi Kesehatan, Gak Hanya Bikin Kurus!

4. Bantu meringankan gejala alergi

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh MintFreepik/katemangostar

Rosmarinic acid yang terkandung dalam daun mint dapat melawan gejala-gejala alergi seperti hidung tersumbat, hidung beringus, hingga mata yang berair dan memerah. Karena hanya melawan gejala alergi, kamu tetap harus mengatasi penyebab alergimu.

5. Menyegarkan napas

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh MintPexels/tirachard-kumtanom-112571

Gak hanya memiliki bau yang segar dan khas, kandungan yang ada dalam daun mint bisa melawan bakteri-bakteri penyebab bau napas dan plak gigi. Itu sebabnya mint jadi rasa paling populer pada permen, sikat gigi, hingga obat kumur.

6. Memberimu tambahan energi

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh MintPexels/olly

Kalau kamu butuh alternatif minuman tanpa kafein pengganti kopi, teh mint bisa jadi pilihan. Teh mint dapat memberimu tambahan energi dan melawan kelesuan. Para peneliti juga menemukan kalau hanya dengan mencium teh mint, kamu bisa jadi lebih awas dan fokus.

Sebagai bahan aktif yang terkandung dalam daun mint, mentol bantu membuatmu lebih segar, berenergi, dan mempertajam daya ingat. Teh mint juga membuatmu tidur lebih nyenyak karena tidak mengandung kafein dan bebas kalori karena tidak butuh tambahan gula untuk menikmatinya.

7. Bantu meredakan kram saat menstruasi

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh MintPexels/olly

Kandungan dalam daun mint dapat menenangkan gejolak perut dan melemaskan otot-otot yang kram. Oleh sebab itu, minum teh mint dapat mengurangi kram yang sering dirasakan saat menstruasi. Daun mint dapat mengurangi intensitas kontraksi otot, sehingga kram saat menstruasi dapat lebih ringan dan usai lebih cepat.

8. Bantu menguatkan sistem imun

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh MintFreepik/senivpetro

Kandungan antimikroba dan antiperadangan pada daun mint diduga dapat menguatkan sistem imun dan menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan tersebut dapat melawan infeksi bakteri akibat makanan maupun bakteri penyakit menular dalam tubuh. Minum teh mint setiap hari bisa membuatmu terhindar dari penyakit.

9. Meredakan sakit kepala dan migrain

Gak Cuma Bikin Napas Segar, Ini 9 Manfaat Segarnya Teh MintFreepik/yanalya

Daun mint sering digunakan sebagai obat sakit kepala dan migrain dengan cara dioleskan ke dahi atau pelipis. Kandungan mentolnya memiliki sensasi segar yang dapat membantu mengurangi intensitas sakit kepala dan migrain. Kemungkinan minum teh mint juga dapat memberikan efek positif serupa.

Nah, banyak banget kan manfaat minum teh mint? Jadi, kapan mulai minum minuman alami yang sehat dan meninggalkan minuman tinggi gula dan soda?

Baca Juga: Selain Teh Hijau, Ini 6 Teh yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya