Comscore Tracker

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan Protein

Mulai dari sering lapar hingga gampang sakit

Protein adalah salah satu nutrisi makro yang harus kamu konsumsi setiap hari supaya tetap sehat. Ada banyak sekali sumber makanan mengandung protein yang mudah didapat. Biarpun begitu, banyak orang yang masih kekurangan protein akibat menerapkan pola makan dengan gizi tidak seimbang.

Kekurangan protein juga bisa terjadi akibat diet tertentu. Bila dibiarkan, kondisi ini bisa berimbas ke kesehatanmu. Lalu, apa saja tanda-tandanya bila tubuh kekurangan asupan protein? Berikut ini penjelasannya.

1. Rasanya ingin makan melulu

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan ProteinFreepik/pressfoto

Dilansir Mind Body Green, kalau kamu sering merasa lapar, perhatikan asupan protein dan nilai nutrisi makanan harianmu. Protein merupakan nutrisi yang membantu perut merasa kenyang lebih lama.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Obesity tahun 2013, konsumsi makanan tinggi protein (dibanding makanan tinggi karbohidrat) dapat menstimulasi sekresi sejumlah hormon kenyang seperti PYY dan GLP-1.

Hormon tersebut berhubungan dengan peningkatan rasa kenyang dan telah terbukti dapat menurunkan asupan makanan selanjutnya. Kalau terus-terusan lapar, risikonya tentu adalah kenaikan berat badan yang bisa picu obesitas.

2. Rambut rapuh dan terlihat tidak sehat

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan Proteinfreepik.com/freepik

Protein juga termasuk nutrisi penting bagi rambut. Kalau tubuhmu kurang mendapat asupan protein, rambut bisa rapuh, mudah patah, dan kehilangan kilau sehatnya.

Bahkan, menurut keterangan dari American Academy of Dermatology, kalau kekurangan asupan protein ini berlangsung hingga hitungan bulan, rambut bisa mengalami kerontokan. Ini terjadi karena tubuh terpaksa menghentikan pertumbuhan rambut untuk menyimpan cadangan protein.

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik 

3. Otot menyusut

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan Proteinfreepik.com/cookie_studio

Dilansir Healthline, kekurangan protein juga terasa saat kamu sulit membentuk otot. Bahkan, otot-otot bisa menyusut. Ketika asupan protein berkurang, tubuh akan mengambil protein dari otot lurik atau otot rangka untuk menjaga jaringan-jaringan penting dan fungsi tubuh seutuhnya.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Physiology tahun 2002 pada perempuan dan lansia, kehilangan otot paling buruk terjadi pada partisipan yang mengonsumsi protein paling sedikit.

Maka dari itu, semua olahraga yang kamu lakukan untuk membentuk otot akan sia-sia bila tidak diimbangi dengan asupan protein yang cukup.

4. Gampang lelah

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan Proteinfreepik.com/freepik

Bekurangnya massa otot sebagai salah satu tanda tubuh kekurangan asupan protein juga akan berdampak pada kelelahan. Otot akan kehilangan kekuatannya, sehingga membuatmu mudah lelah.

Selain itu, dikutip dari Fullscript, sebuah studi dalam jurnal Clinical Nutrition ESPEN tahun 2016 yang meneliti anemia pada lansia menyebutkan bahwa kurangnya asupan protein dapat mengakibatkan kondisi kurangnya sel darah merah ini. Kekurangan oksigen dalam tubuh karena anemia bisa membuatmu lemah dan mudah kelelahan.

5. Luka yang sulit sembuh

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan Proteinfreepik.com/rawpixel.com

Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Biological Chemistry tahun 2015, untuk bisa sembuh dan membangun kembali sel, jaringan, dan kulit baru serta untuk kekebalan, kita butuh protein dalam jumlah cukup.

Ada pula sebuah studi dalam Journal of the American College of Nutrition tahun 1996 yang menemukan bahwa protein dapat mempercepat pemulihan patah tulang pinggul pada dewasa yang lebih tua. Pemulihan cedera tulang seperti retak atau patah juga bisa melambat, karena protein dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik.

Artinya, kekurangan protein dapat secara signifikan memperlambat waktu pemulihan kalau kamu terluka atau cedera.

6. Gampang sakit-sakitan

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan Proteinfreepik.com/freepik

Rasanya baru beberapa hari lalu kamu dari flu, tapi beberapa hari setelahnya merasa tak enak badan lagi? Kalau kamu sering mengalami demam, flu, dan sebagainya, kamu perlu memperhatikan asupan protein harianmu.

Dilansir Health, protein berperan penting dalam pembentukan antibodi untuk melawan ancaman bakteri dan virus. Kekurangan protein bisa menurunkan pertahanan tubuh dan membuatnya lebih mudah terserang penyakit. 

7. Suasana hati berubah-ubah

Perhatikan! 7 Tanda Awal Tubuhmu Kekurangan Asupan Proteinfreepik.com/pch.vector

Menurut laman Active, protein membantu otak memproduksi hormon serotonin yang berpengaruh pada suasana hati. Kekurangan protein bisa membuatmu mengalami mood swing alias suasana hati berubah-ubah, sulit fokus, mengalami kecemasan, hingga sulit tidur.

Kalau kamu sering merasa uring-uringan atau mendadak down, cobalah mengubah pola makan dengan gizi seimbang.

Apakah kamu mengalami salah satu atau beberapa tanda awal di atas? Kalau iya, yuk perhatikan asupan protein harianmu. Jangan sampai kurang gizi apa pun!

Sumber protein bisa berupa telur, daging, ikan, tahu, tempe, hingga kacang-kacangan. Menu makanan dengan gizi seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Bila ingin panduan pola makan sehat yang lebih lengkap dan sesuai dengan kondisi tubuhmu, kamu bisa konsultasi ke ahli gizi. Stay healthy!

Baca Juga: Meski Kaya Protein, 5 Makanan Ini Jadi Bahaya Jika Dikonsumsi Berlebih

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya