Comscore Tracker

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!

Ingin rebahan sampai keringat berlebih

Kita semua tahu bahayanya terpapar sinar matahari berlebihan. Mulai dari kulit menggelap, penuaan dini, sampai risiko kanker kulit. Karenanya, kita getol banget menghindari sinar matahari. 

Namun bukan berarti sinar matahari itu gak penting. Vitamin D yang dihasilkan tubuh saat terpapar sinar matahari sangat vital bagi kesehatan. Defisiensi akan membuatmu rentan terkena depresi, obesitas, penyakit jantung, bahkan kanker. Obsesimu untuk menghindari sinar matahari malah berdampak buruk. Lalu, apa tandanya kalau tubuhmu kurang terpapar sinar matahari?

1. Tubuh terasa lelah dan gak berenergi

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!Freepik/yanalya

Kamu merasa lebih loyo dan gak berenergi dari biasanya. Rasanya kamu ingin rebahan saja daripada ngapa-ngapain. Ini merupakan tanda paling umum dan sulit disadari saat tubuh mengalami kekurangan vitamin D. Kamu gak boleh menyepelekan badan yang sulit diajak beraktivitas.

2. Sering sakit

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!Freepik/freepik

Baru saja dua hari lalu demammu sembuh, sekarang kamu sudah merasakan gejala flu. Kamu lebih sering sakit dan ini bisa jadi tanda tubuhmu kurang terpapar sinar matahari. 

Tubuhmu butuh vitamin D untuk menguatkan sistem imun. Tanpanya, kinerja sistem imun akan menurun. Oleh karena itu, kamu jadi gampang kena flu, demam, dan lain-lain. 

3. Selalu murung, sedih, dan gak bersemangat

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!Freepik/jcomp

Kamu perlu usaha lebih untuk meningkatkan mood, dan tak jarang kamu gak berhasil. Kamu sering murung dan gampang sedih. Kurang terpapar sinar matahari punya andil dalam urusan mood-mu. Tanpa sinar matahari, tingkat serotonin di otakmu bisa menurun. Alhasil, mood-mu sering down.

Baca Juga: Boodle Technologies Ciptakan Layar Pintar Hemat Baterai Saat Terkena Matahari

4. Berat badanmu naik

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!Freepik/rawpixel.com

Kamu merasa berat badanmu gampang naik akhir-akhir ini. Ternyata gak cuma vitamin D, sinar matahari juga memproduksi nitric oxide yang penting untuk metabolisme tubuh. Tanpa senyawa ini, metabolisme bisa melambat dan mengakibatkan lemak tubuh gampang menumpuk.

5. Keringat berlebih

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!Freepik/freepik

Biarpun sedang tidak olahraga, kelelahan, atau kepanasan, kamu merasa keringatmu jauh lebih banyak dari biasanya. Walaupun kesannya sepele, kamu perlu waspada. Ini merupakan salah satu tanda paling umum kalau kamu kekurangan vitamin D. Kamu akan berkeringat lebih banyak, terutama di area dahi.

6. Mengalami gangguan tidur

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!Freepik/freepik

Tidurmu sulit nyenyak. Kamu merasa resah dan gelisah saat tidur. Bahkan kamu mengalami insomnia. Kurang terpapar sinar matahari bisa mengacaukan ritme sirkadian tubuhmu. Alhasil, kualitas tidurmu menurun dan jam tidurmu jadi berantakan.

7. Tulang dan otot sering nyeri

7 Tanda Tubuhmu Kurang Terpapar Sinar Matahari, Ternyata Bahaya Lho!Freepik/yanalya

Kekurangan vitamin D parah akan membuat tulang dan ototmu terasa nyeri. Tubuhmu butuh vitamin D untuk bekerja dengan kalsium dan kolagen untuk menguatkan tulangmu. Kalau kamu merasakan gejala ini, berjemur di bawah matahari gak akan membuat nyerinya hilang. Kamu butuh suplemen vitamin D dan konsultasi langsung ke dokter.

Nah, kalau kamu merasakan beberapa tanda-tanda ini pada tubuhmu, mulai biasakan berjemur di bawah matahari secukupnya. Pastikan kamu berjemur di luar jam 9 pagi hingga 3 sore, karena sinar UV yang dihasilkan matahari sedang banyak-banyaknya pada rentang waktu itu.

Sebelum mulai beraktivitas, yuk, senam pagi sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi!


Sumber:

https://www.thehealthy.com/nutrition/not-getting-enough-sunlight/

https://www.wellnessmind.org/8-signs-not-getting-enough-sunlight/

https://www.bustle.com/articles/85154-have-a-vitamin-d-deficiency-5-signs-youre-not-getting-enough-of-the-sunshine-vitamin

https://www.huffpost.com/entry/vitamin-d-deficiency-signs-symptoms_n_5200408

Baca Juga: Berapa Lama Kamu Harusnya Bertahan di Bawah Sinar Matahari Terik?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya