Comscore Tracker

Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!

Duh jangan disamakan ya!

Karena kurang tahu atau bahkan karena gejalanya mirip biasanya banyak orang yang menyamakan antara kurang darah atau anemia dengan darah rendah atau hipotensi. Padahal kedua jenis ini jelas berbeda satu sama lain dan gak ada hubungan. Nah jangan keliru lagi, ini perbedaan anemia dan tekanan darah rendah yang harus kamu tahu perbedaannya!

1. Anemia merupakan kondisi sel darah merah rendah

Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!nativeorigins.com

Untuk kondisi anemia sendiri sebenarnya merupakan kurangnya sel-sel darah merah yang akan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya tubuh pun tidak menerima oksigen dengan cukup yang akibatnya tubuh akan lemas dan pusing.

Kondisi ini bisa diatasi dengan banyak konsumsi sayur yang mengandung zat besi tinggi seperti besi atau bayam. Zat besi tersebut akan membantu produksi hemoglobin dalam darah sehingga sel darah pun akan stabil kembali dalam menyuplai oksigen ke seluruh tubuh.

2. Tekanan darah rendah disebut juga hipotensi

Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!mysmithtips.com

Berbeda halnya dengan tekanan darah rendah, biasanya tekanan darah rendah sering disebut hipotensi dan merupakan keadaan dimana tekanan darah yang dipompa oleh jantung berada di bawah normal.

Tekanan darah ini diukur dari aliran darah jantung menuju pembuluh arteri. Biasanya tekanan darah rendah terjadi pada seseorang bila angka sistolik dan diastoliknya sekitar 90/60. Jelas beda dengan kurang darah atau anemia bukan?

3. Anemia kurang zat besi

Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!womantalk.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bila kurang darah atau anemia disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi sehingga produksi hemoglobin dalam darah terhambat dan hanya sedikit.

Sebenarnya untuk kasus kurang darah itu bisa diatasi dengan mudah yaitu banyak konsumsi sayuran hijau gelap agar kadar zat besi bisa meningkat lagi. Untuk penyebabnya biasanya anemia terjadi karena menstruasi, pola makan yang buruk serta konsumsi obat-obatan yang salah.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia Saat Sahur

4. Hipotensi bisa disebabkan oleh dehidrasi atau pendarahan

Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!forwardit.com.au/

Untuk hipotensi sendiri penyebabnya biasanya karena adanya pendarahan, sedang hamil atau bisa juga karena mengidap kelainan jantung. Sehingga volume darah yang menuju arteri menjadi rendah dan kondisi ini bisa berbahaya bila terus dibiarkan begitu saja. Untuk meningkatkan pompa jantung ada baiknya konsumsi sayuran seperti wortel, seledri, bayam dan timun.

5. Gejalanya hampir sama

Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!mymed.com

Untuk gejalanya sebenarnya kedua penyakit itu hampir sama. Anemia sendiri gejalanya itu mudah lelah, lemas, kepala pusing bahkan wajah menjadi memucat. Gejala ini mirip dengan hipotensi yaitu lemas, mudah lelah, kepala pusing, pandangan kabur hingga pingsan. Namun saat seseorang memiliki hipotensi biasanya saat posisi duduk menjadi berubah kepala terasa berkunang-kunang.

Nah kenali perbedaannya ya!

Baca Juga: 12 Makanan Penambah Darah untuk Melawan Gejala Penyakit Anemia

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya